Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Kulit / Tipe-Tipe Karsinoma Sel Basal

Tipe-Tipe Karsinoma Sel Basal

/
/
/
img
4
(35)

1. Karsinoma Sel Basal Nodular (BCC nodular)

Secara klinis, Karsinoma Sel Basal Nodular terdiri dari 60% dari semua kasus BCC (basal cell carcinoma). BCC nodular dimulai sebagai lesi datar, terlihat saat Anda meregangkan kulit.

BCC nodular perlahan tumbuh menjadi benjolan kecil atau papula; Gambaran yang paling umum dari BCC nodular adalah papula mutiara dengan tepi bergulung, seperti jerawat/kutil.

Karsinoma Sel Basal Nodular
Karsinoma Sel Basal Nodular

Gulungan kulit sebagai bentuk dari banyak sel basal kemudian membentuk kubah, kemudian tumbuh secara lateral, bagian tengah tenggelam dan ada sedikit riak di sekitar tepi lesi. Ada kecenderungan untuk ulserasi di bagian tengah.

Kebanyakan BCC nodular ada di wajah, jika tidak ditangani, mereka sangat merusak di sekitar hidung dan mata. Biasanya, bentuk BCC nodular sangat jelas, sehingga sangat penting untuk pengobatan dini.

2. Karsinoma Sel Basal Pigmentasi ( BCC pigmen)

BCC pigmen berperilaku seperti BCC nodular, tetapi mereka memiliki pigmen di dalamnya berupa bercak coklat atau hitam yang tersebar melalui lesi, atau kadang-kadang dapat benar-benar berpigmen keseluruhan.

Ini sangat penting dalam diagnosis banding, karena BCC pigmen berperilaku seperti sel basal nodular, sehingga sulit membedakannya dengan melanoma.

Sebaliknya, beberapa melanoma tidak memiliki banyak pigmen di dalamnya. Ini disebut melanoma amelanotik.

3. Karsinoma Sel Basal sklerotik (BCC fibrosing)

BCC fibrosing atau sklerotik biasanya ditemukan di wajah. Mereka umumnya hadir sebagai apa yang tampak seperti bekas luka, tanpa riwayat trauma/cidera. Mereka memiliki banyak stroma berserat sangat padat, terlihat seperti bekas luka.

BCC fibrosing memiliki sel-sel basal kecil yang tersebar, dan berperilaku lebih agresif. Lebih sulit diobati. Bentuk nya datar, dapat berwarna kekuningan dan permukaannya cenderung halus dan mengkilap. Batas lesi tidak jelas, namun sangat tegas/keras.

4. Karsinoma Sel Basal Superfisial (BCC superfisial)

BCC superfisial dianggap sekitar 15% dari BCC. Karena BCC superfisial bersifat menyebar ke luar wilayah, awalnya dianggap itu adalah kanker multifokal, karena masing-masing berkembang secara individual.

Tetapi sebenarnya semuanya terhubung satu akar dari lesi tunggal yang sama. BCC superfisial dimulai di epidermis atau di lapisan folikel rambut, dan tumbuh ke dalam dermis.

Tidak ada gumpalan sel basal di dermis, seperti dengan tipe Karsinoma Sel Basal lainnya. BCC superfisial adalah erythematous, sedikit bersisik, ruam yang terdefinisi dengan baik, paling sering ditemukan pada tumit dan tungkai, jarang muncul pada wajah.

Ketika BCC superfisial membesar, bagian tengah cenderung memudar dan hampir terlihat sedikit bekas luka. kadang membentuk atrofik, lebih tipis, lebih halus dan warna merah mengurang. BCC superfisial adalah penyakit yang sering salah diagnosis; kebanyakan dianggap sebagai psoriasis, eksim diskoid atau jamur.

5. Fibroepithelioma Pincus

Fibroepithelioma Pincus jarang dan berbeda dari BCC lainnya. Ini cenderung menjadi nodul kecil yang halus dan tinggi yang kadang-kadang bertangkai. Hampir terlihat seperti kerak kulit yang keras. Paling sering terlihat di punggung, tetapi juga dapat ditemukan di selangkangan atau di telapak kaki. Karena mereka bukan daerah terpapar sinar matahari, penyakit ini mungkin tidak terkait dengan sinar matahari.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4 / 5. Vote count: 35

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :