Tips Memilih Nutrisi Dan Makanan Untuk Mencegah Kanker Kulit

Tips Memilih Nutrisi Dan Makanan Untuk Mencegah Kanker Kulit

Memilih makanan yang baik, olahraga teratur, dan gaya hidup seimbang sangat baik untuk pikiran sehat dan kesehatan tubuh kita. Bahkan, makanan tertentu dengan nutrisi yang dikandungnya bisa membantu melawan penyakit. Memiliki kulit sehat bagian dampak dari manfaat makanan yang kita makan.

Menurut University of Manchester, minyak ikan salmon atau tuna bisa membantu mencegah kanker kulit. Hasil dari studi yang dilakukan oleh Universitas tersebut menunjukkan bahwa peran minyak ikan Omega 3 pada ikan salmon dan tuna bisa meningkatkan kekebalan kulit terhadap sinar matahari.

Menurut redaksi yang ditulis oleh withhealthfood.org, buah dan sayuran juga diyakini membantu melindungi kulit terhadap radiasi UV yang berbahaya. Karotenoid bertindak sebagai antioksidan, melawan radikal bebas penyebab kanker.

Sayuran mengandung karotenoid tingkat tinggi termasuk wortel, sawi, ubi jalar dan tomat. Cara terbaik memilih buah dan sayuran tinggi karotenoid adalah dengan memilih yang berwarna oranye, merah, kuning atau hijau.

Beberapa bumbu seperti kunyit dengan curcumin, juga menunjukkan aktiftas menghancurkan sel-sel kanker kulit melanoma. Bahkan ada beberapa manfaat kesehatan dari kopi; seperti redaksi dari Journal of National Cancer Institute menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi bisa mengurangi resiko kanker kulit.

Menurut penelitian, orang-orang yang mengkonsumsi antara satu dan tiga cangkir kopi per hari memiliki 10% penurunan perkembangan melanoma. Mereka yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari memiliki 20% penurunan risiko melanoma maligna.

Jika Anda lebih suka minum teh, ada kabar baik juga! Teh hijau dan hitam mengandung antioksidan yang dipercaya dapat melawan dan mencegah pertumbuhan protein kanker.

Berikut adalah beberapa nutrisi lain yang bisa melawan kanker, bisa Anda pertimbangkan untuk persiapan dapur Anda:

  • Beta-karoten: Ubi jalar, bayam, kale, sawi dan sayuran kuning / oranye
  • Lycopene: Tomat, semangka, pepaya, jambu merah jambu
  • Lutein: Bayam, kale, kacang polong, kubis,brokoli, kuning telur
  • Epigallocatechin gallate (ECGC): Teh hijau dan hitam, rosemary, bawang putih, kakao
  • Flavonoid: Jeruk, terutama kulit jeruk
  • Proanthocyanadins: coklat, biji anggur

Juga, lebih penting, cara terbaik untuk mencegah kanker kulit adalah dengan menggunakan pakaian pelindung sinar UV, topi lebar dan tabir surya SPF 50+. Cari tempat teduh saat intensitas radiasi UV matahari tertinggi, antara jam 10.00 – 14.00.

Tips Memilih Nutrisi Dan Makanan Untuk Mencegah Kanker Kulit
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: