Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Definisi Penyakit / Kanker Lidah

Kanker Lidah

/
/
/
img
0
(0)

Stadium kanker menggambarkan berapa banyak kanker dalam tubuh. Stadium awal kanker lidah (kanker orofaring) disebut karsinoma in situ.

Sistem TNM menggambarkan ukuran kanker dan seberapa jauh penyebarannya. The Joint American Committee on Cancer (AJCC) TNM, mendasarkan sistem TNM pada 3 bagian kunci:

T : Luasnya tumor: Seberapa besar ukuran tumor utama (primer)
N: Ukuran penyebaran kanker ke kelenjar getah bening di dekatnya
M: Apakah kanker menyebar (metastasis) ke tempat yang jauh seperti paru-paru, hati, otak, tulang, Dll

Kanker lidah stadium 1

Ciri-ciri: Kanker oral masih dalam epitel (lapisan atas sel-sel yang melapisi rongga mulut dan orofaring) dan belum tumbuh menjadi lapisan yang lebih dalam.

Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat (N0) atau situs jauh (M0). Tahapan ini juga dikenal sebagai carcinoma in situ (Tis).

ATAU

Ukuran kankernya adalah 2 cm (sekitar ¾ inci) atau lebih kecil. Tidak tumbuh ke jaringan di dekatnya (T1), belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya (N0) atau ke tempat yang jauh (M0).

Kanker lidah stadium 2

Ciri-ciri: Ukuran kankernya lebih besar dari 2 cm tetapi kurang dari 4 cm (sekitar 1 ½ inci), belum berkembang ke jaringan di dekatnya (T2), belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya (N0) atau bermetastasis ke tempat yang jauh (M0).

Kanker lidah stadium 3

Ciri-ciri: Kanker lebih besar dari 4 cm (T3), tumor telah tumbuh ke epiglotis (pangkal lidah), namun belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya (N0) atau bermetastasis ke tempat yang jauh (M0).

ATAU

Kanker ukuran apa saja, atau telah menyebar ke 1 kelenjar getah bening tidak lebih besar dari 3 cm (sekitar 1¼ inci) (N1). Namun belum menyebar ke situs yang jauh (M0).

Kanker lidah stadium 4

Kanker lidah stadium 4A

Ciri-ciri:

– Kanker telah tumbuh di laring (kotak suara), otot lidah, atau tulang seperti pterygoid medial, palatum keras, atau rahang (T4a).
– Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya (N0)
– ATAU, kanker telah menyebar ke 1 kelenjar getah bening tidak lebih besar dari 3 cm (sekitar 1¼ inci) (N1).
– Kanker belum menyebar ke situs yang jauh (M0).

Kanker lidah stadium 4B

Ciri-ciri:

Kanker ukuran apa saja dan mungkin telah tumbuh menjadi jaringan atau struktur lunak di dekatnya

– Kanker telah menyebar ke 1 kelenjar getah bening yang lebih besar dari 6 cm tetapi belum tumbuh di luar kelenjar getah bening
– Kanker telah menyebar ke 1 kelenjar getah bening yang lebih besar dari 3 cm dan telah jelas tumbuh di luar kelenjar getah bening
– Kanker telah menyebar ke lebih dari 1 kelenjar getah bening di sisi yang sama, atau ada pertumbuhan di luar kelenjar getah bening
– Kanker telah menyebar ke 1 kelenjar getah bening, ukuran kanker primer 3 cm atau lebih kecil, namun telah tumbuh di luar kelenjar getah bening.

Kanker lidah stadium 4B belum menyebar ke organ yang jauh (M0).

Kanker lidah stadium 4C

Ciri-ciri:

– Kanker adalah ukuran apa saja dan mungkin telah tumbuh ke jaringan atau struktur lunak terdekat
– Kanker telah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya, namun kanker telah menyebar ke situs yang jauh seperti paru-paru (M1).

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :