Pengobatan Kanker Lidah Stadium Awal Dan Efek Sampingnya

Pengobatan Kanker Lidah Stadium Awal Dan Efek Sampingnya

Pilihan pengobatan kanker lidah stadium awal direkomendasikan dokter tergantung lokasi tumor dan seberapa jauh kanker telah menyebar. Tetapi, karena setiap situasi itu berbeda per individu, kadang Dokter memiliki alasan untuk menyarankan pilihan pengobatan yang tidak disebutkan di sini.

Stadium awal kanker disebut juga karsinoma in situ. Untuk kanker lidah tahap awal juga dikenal stadium 0. Kanker lidah pada stadium awal memiliki kriteria sebagai berikut, jika kanker masih dalam lapisan epitel, yaitu lapisan atas sel-sel lidah dan belum mencapai lapisan yang lebih dalam. Kanker juga belum menyebar ke kelenjar getah bening atau jaringan di dekatnya.

Pilihan pengobatan kanker lidah stadium awal

Meskipun kanker pada tahap masih berada di lapisan permukaan dan belum mulai tumbuh ke lapisan jaringan yang lebih dalam, namun jika tidak diobati kanker akan menyerang jaringan lebih dalam.

Pengobatan untuk kanker lidah pada tahap awal adalah operasi (biasanya operasi Mohs, operasi pengupasan). Setelah operasi mungkin perlu diobati dengan terapi radiasi.

Operasi Mohs (untuk beberapa jenis kanker bibir)

Biasanya, pengobatan kanker lidah tahap awal mungkin dihilangkan oleh operasi Mohs, juga dikenal sebagai bedah mikrografik. Tumor diangkat dalam irisan yang sangat tipis. Setiap irisan dipantau langsung di bawah mikroskop untuk melihat sel kanker. Irisan dikeluarkan dan diperiksa sampai tidak ada sel kanker yang tersisa.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi adalah menggunakan sinar-x energi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker atau memperlambat laju pertumbuhannya. Terapi radiasi dalam pengobatan kanker lidah stadium awal dilakukan dalam banyak cara:

– sebagai pengobatan utama untuk kanker kecil di tahap awal.
– Orang dengan kanker lidah tahap awal kadang memerlukan pembedahan dan terapi radiasi, atau kombinasi terapi radiasi dan kemoterapi, atau terapi kanker tertarget..
– Terapi radiasi dapat digunakan, baik sendiri atau dengan kemoterapi, sebagai pengobatan lanjutan (adjuvan), disebut terapi radiasi adjuvan, dimulai dalam 6 minggu setelah operasi.
– Radiasi bersama kemoterapi sebelum operasi, disebut terapi neoadjuvant.
– Terapi radiasi untuk meringankan gejala kanker seperti nyeri, perdarahan, kesulitan menelan.

Efek samping jangka pendek

Radiasi mulut dan daerah tenggorokan untuk pengobatan kanker lidah stadium awal menyebabkan efek samping jangka pendek, termasuk:

– Panas atau sensasi kulit terbakar di area yang dirawat
– Suara serak
– Hilangnya indera perasa
– rasa sakit dan area kemerahan di mulut dan tenggorokan

Kadang-kadang, ada luka terbuka di mulut dan tenggorokan, sehingga pasien sulit untuk makan dan minum selama perawatan. Makan cairan melalui selang ke perut mungkin diperlukan.

Efek samping jangka panjang

Beberapa reaksi efek samping jangka panjang dari pengobatan kanker lidah stadium awal, termasuk:

– Radiasi menyebabkan kerusakan kelenjar ludah

Kerusakan permanen kelenjar ludah dapat menyebabkan mulut kering, menyebabkan kesulitan makan dan menelan.

Mulut kering dan kurangnya air liur juga bisa menyebabkan kerusakan gigi (gigi berlubang). Orang yang diobati dengan radiasi mulut perlu menjaga kebersihan untuk mencegah berbagai masalah ini. Solusi: fluoride juga dapat membantu.

– Radiasi menyebabkan kerusakan tulang rahang

Kerusakan tulang rahang akibat pengobatan kanker (radiasi) disebut osteoradionekrosis rahang. Biasanya, terjadi setelah infeksi gigi, pencabutan, atau trauma, dan bisa sulit diobati.

Gejala utamanya adalah rasa sakit di rahang. Dalam beberapa kasus, tulang rahang bisa retak hingga patah. Kadang-kadang, tulang retak bisa sembuh dengan sendirinya, kadang juga harus diperbaiki dengan pembedahan.

– Radiasi menyebabkan kerusakan kelenjar pituitari atau tiroid

Jika kelenjar pituitari atau tiroid terkena radiasi, produksi hormon dapat menurun menyebabkan gangguan metabolisme.

Efek samping cenderung lebih buruk jika radiasi diberikan bersama kemoterapi (kemoradiasi). Untuk alasan ini, siapa pun sebelum menjalani kemoradiasi, seseorang harus memiliki tingkat kesehatan yang baik sebelum memulai, dan perlu mengetahui kemungkinan efek samping yang serius.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Pengobatan Kanker Lidah Stadium 2 Pengobatan kanker lidah stadium 2 biasanya memberikan kesehatan lebh baik ketika penderita kanker lidah dirawat dengan operasi secara tersendiri, dan / dibarengi terapi radiasi. Selain itu, kemoterapi dan radiasi ( kemoradiasi) bisa […]
  • Pengobatan Kanker Lidah Stadium 1 Pengobatan kanker lidah stadium 1 biasanya menunjukkan prognosis lebh baik ketika dirawat dengan operasi dan / atau terapi radiasi. Selain itu, kemoradiasi ( Kemoterapi bersama dengan radiasi) adalah pilihan pengobatan lain. Operasi dan […]
  • Kanker Lidah Stadium kanker menggambarkan berapa banyak kanker dalam tubuh. Stadium awal kanker lidah (kanker orofaring) disebut karsinoma in situ. Sistem TNM menggambarkan ukuran kanker dan seberapa jauh penyebarannya. The Joint American […]
  • Gejala Kanker Lidah Stadium Awal Pada stadium awal kanker lidah, gejala kanker bermula di dasar lidah. Gejala Kanker Lidah Stadium Awal yang paling jelas adalah sakit di lidah yang tidak segera sembuh dan sering mengeluarkan darah. Selain rasa sakit, ada perubahan di […]
  • Penyebab Kanker Lidah Dan Pencegahannya Apa saja penyebab kanker lidah Semua bentuk kanker adalah bagian dari transformasi neoplastik akibat perubahan (mutasi) sifat gen yang mengendalikan perilaku sel. Gen yang bermutasi menyebabkan sel tumbuh abnormal dan berproliferasi tidak […]