Penyebab Kanker Lidah Dan Pencegahannya

penyebab kanker lidah dan pencegahannya

Apa saja penyebab kanker lidah

Semua bentuk kanker adalah bagian dari transformasi neoplastik akibat perubahan (mutasi) sifat gen yang mengendalikan perilaku sel. Gen yang bermutasi menyebabkan sel tumbuh abnormal dan berproliferasi tidak terkontrol.

Kesalahan genetik secara acak terjadi setiap hari dalam perjalanan tubuh kita saat mencoba menggantikan miliaran sel. Selain kejadian ini, kesalahan genetik juga akibat penyakit keturunan, gangguan virus, atau berkembang sebagai akibat paparan bahan kimia atau radiasi.

Beberapa prediktor yang mungkin bisa menjadi penyebab kanker lidah, termasuk diantaranya

1. Tembakau

Faktor paling umum yang berkontribusi terhadap kanker lidah adalah kebiasaan buruk. Merokok dan tembakau kunyah meningkatkan peluang Anda terkena kanker mulut ataupun kanker lidah.

2. Alkohol

Minum alkohol berlebihan sangat terkait dengan penyebab kanker lidah sel squamousa. Peminum dan perokok risikonya dua kali lipat untuk kanker tipe apapun

3. Pinang dan nginang

Biji pohon pinang sering dikunyah oleh orang-orang dari Asia Tenggara, termasuk orang-orang indonesia. Mengunyah pinang atau nginang diketahui menyebabkan kanker mulut.

4. Infeksi Virus HPV tipe 16 (human papillomavirus)

Virus dapat menyebabkan beberapa jenis kanker. Namun, Anda tidak bisa tertular kanker seperti halnya infeksi virus. Tetapi virus dapat menyebabkan perubahan sel menjadi kanker di masa depan. HPV tipe 16 diketahui sebagai penyebab kanker lidah dan kanker mulut.

5. Kesehatan mulut

Perubahan bisa terjadi pada sel di lapisan mulut. Perubahan muncul sebagai bercak merah atau putih di mulut. Bercak merah disebut erythroplakia. Bercak putih disebut leukoplakia.

Pada beberapa orang, kondisi ini dapat berkembang menjadi kanker selama beberapa tahun. Dokter menyebut kondisi ini sebagai pra-kanker. Dokter gigi biasanya menemukan bercak-bercak ini selama pemeriksaan gigi.

6. Efek Obat tekanan darah (hydrochlorothiazide)

Hydrochlorothiazide adalah obat untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Efek samping jangka panjang obat ini meningkatkan kepekaan terhadap sinar matahari (photo sensitvity). Sebuah penelitian kecil menunjukkan obat ini dapat menyebabkan peningkatan risiko mengembangkan kanker bibir dan kanker lidah.

Cara mencegah kanker lidah dan kanker mulut

Berikut ini cara mencegah kanker mulut atau kanker lidah:

1. Selalu sikat dan gosok gigi Anda secara teratur. Mulut tidak sehat mengurangi sistem kekebalan dan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan kanker.
2. Jangan dan stop merokok atau nginang.
3. Jangan minum alkohol.
4. Batasi paparan sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya UV-A / B di bibir Anda saat berada di bawah sinar matahari. Paparan berulang meningkatkan risiko kanker di bibir, terutama bibir bawah.
5. Berolahraga secara teratur. Gaya hidup aktif bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal kanker.
6. Diet anti kanker. American Institute for Cancer Research menganjurkan Anda untuk mengonsumsi banyak kacang, buah beri, sayuran silangan (seperti kubis dan brokoli), sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai, dan tomat.
7. Ganti menggoreng dan memanggang dengan merebus atau mengukus. Gunakan rempah-rempah yang sehat seperti bawang putih, jahe, dan bubuk kari untuk menambah rasa.
8. Temui dokter gigi secara teratur (setidaknya setiap enam bulan)
9. Beli cermin, pastikan untuk memeriksa bagian belakang dan sisi lidah Anda. Jika Anda melihat atau merasakan sesuatu yang mencurigakan, ada benjolan, benjolan, bercak putih, merah atau abu-abu, temui dokter gigi Anda untuk memeriksanya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Faktor Resiko Menjadi Penyebab Karsinoma Sel Skuamosa Beberapa penyebab dan faktor resiko yang bisa memicu karsinoma sel skuamosa sebagai berikut: 1. Paparan agen Karsinogenik Sinar ultraviolet - Sebagian besar dari UV sinar matahari. Karsinoma sel skuamosa paling sering terlihat pada […]
  • Gejala Kanker Lidah Stadium Awal Pada stadium awal kanker lidah, gejala kanker bermula di dasar lidah. Gejala Kanker Lidah Stadium Awal yang paling jelas adalah sakit di lidah yang tidak segera sembuh dan sering mengeluarkan darah. Selain rasa sakit, ada perubahan di […]
  • Pengobatan Kanker Lidah Stadium 2 Pengobatan kanker lidah stadium 2 biasanya memberikan kesehatan lebh baik ketika penderita kanker lidah dirawat dengan operasi secara tersendiri, dan / dibarengi terapi radiasi. Selain itu, kemoterapi dan radiasi ( kemoradiasi) bisa […]
  • Pengobatan Kanker Lidah Stadium Awal Dan Efek Sampingnya Pilihan pengobatan kanker lidah stadium awal direkomendasikan dokter tergantung lokasi tumor dan seberapa jauh kanker telah menyebar. Tetapi, karena setiap situasi itu berbeda per individu, kadang Dokter memiliki alasan untuk menyarankan […]
  • Kanker Lidah Stadium kanker menggambarkan berapa banyak kanker dalam tubuh. Stadium awal kanker lidah (kanker orofaring) disebut karsinoma in situ. Sistem TNM menggambarkan ukuran kanker dan seberapa jauh penyebarannya. The Joint American […]