Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Nasofaring Stadium Awal, 1, 2, 3, & 4

ciri-ciri gejala kanker nasofaring

Ada 4 tahapan stadium kanker nasofaring. Setip tahapan didasarkan dengan sistem stadium TNM. Stadium kanker berarti memberitahu posisi kanker, seberapa besar dan apakah telah menyebar. Stadium kanker membantu dokter menentukan perawatan yang dibutuhkan.

Apa itu TNM? Tahapan untuk kanker nasofaring didasarkan pada stadium TNM. Setiap huruf memberikan deskripsi untuk tumor, nodus dan metastasis:

T : menggambarkan ukuran tumor
N : menggambarkan apakah sel kanker ada di kelenjar getah bening
M : apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain setelah getah bening.

Ada 4 tahap utama kanker nasofaring, stadium 1 sampai 4, dan istilah stadium 0 atau kanker tahap awal

Kanker nasofaring stadium awal

Ini juga diistilahkan sebagai kanker nasofaring karsinoma in situ atau tahap 0. Dokter lebih suka menyebutnya pra kanker, yang bersifat non invasif (kanker jinak)

Karsinoma in situ berarti sel kanker masih berada di lokasi yang sama, diistilahkan kanker lokal.

Karsinoma nasofaring In situ berarti sel kanker hanya berada di lapisan permukaan lapisan nasofaring. Sel-sel kanker belum menyebar atau belum bermetastasis ke jaringan terdekat, kelenjar getah bening atau tempat lain di tubuh Anda.

Meskipun sel belum menyebar, jika tidak diobati, ada kemungkinan besar mereka berkembang menjadi kanker invasif atau kanker ganas.

Kanker nasofaring stadium 1

Pada tahap 1, Kanker belum menyebar ke jaringan terdekat, kelenjar getah bening atau organ lainnya. Ini sama dengan T1, N0, M0 jika diukur dengan sistem stadium TNM..

Ciri-ciri kanker nasofaring stadium 1

Kanker berada di nasofaring dan mungkin sudah mulai tumbuh ke dalam rongga hidung atau orofaring (daerah di belakang mulut dan bagian atas tenggorokan).

Gejala kanker nasofaring stadium 1

Mulai kehilangan sensitifitas bau, telinga berdengung dan mulai kehilangan pendengaran, nasal membengkak dengan tetesan cairan tak terkendali, ada lapisan putih yang mencolok di bagian hidung saat Anda melihat ke atas hidung.

Kanker nasofaring stadium 2

Ciri-ciri kanker nasofaring stadium 2

Kanker sudah di tahap 2 jika memiliki ciri-ciri berikut ini:

– Kanker mungkin telah menyebar ke rongga orofaring atau nasal, dan ada kanker di kelenjar getah bening di satu sisi leher atau di belakang tenggorokan. Kelenjar getah bening tidak lebih dari 6 cm. Ini sama dengan T1, N1, M0 dalam pengukuran stadium TNM.

– Kanker telah menyebar ke samping nasofaring (parapharyngeal space) dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening di salah satu sisi leher atau di belakang tenggorokan. Ini sama dengan T2, N0 atau N1, M0 pada sistem stadium TNM.

Gejala Kanker nasofaring stadium 2

Gejala mirip dengan stadium awal namun lebih jelas, kelenjar getah bening bengkak, kehilangan rasa dan bau

Kanker nasofaring stadium 3

Ciri-ciri nasofaring stadium 3

Stadium 3 kanker nasofaring berarti salah satu dari berikut ini:

– Kanker telah menyebar ke tulang dan rongga udara terdekat (sinus). Mungkin juga telah menyebar ke kelenjar getah bening pada satu atau kedua sisi leher, atau di belakang tenggorokan, tapi belum menyebar tempat lain.

Kelenjar getah bening yang terkena tidak lebih dari 6 cm. Ini sama dengan T3, N0 atau N1 atau N2, M0 pada sistem stadium TNM.

– Kanker mungkin telah menyebar ke orofaring, rongga hidung atau daerah sekitarnya (parapharyngeal space) dan telah menyebar ke kelenjar getah bening pada kedua sisi leher.

Belum ada kelenjar getah bening lebih besar dari 6cm. Ini sama dengan T1 atau T2, N2, M0 pada sistem stadium TNM.

Gejala Kanker nasofaring stadium 3

Ada darah dari lubang hidung sebelah kanan atau kiri, benjolan besar di lubang hidung sebelah kanan atau kiri, pembengkakan leher, kehilangan indera perasa dan pembau.

Kanker nasofaring stadium 4

Ciri-ciri karsinoma nasofaring stadium 4

Stadium 4 berarti kanker sudah tahap lanjut. Ini memiliki 3 kategori berdasar ciri-ciri

1. Ciri-ciri Kanker nasofaring stadium 4A

Kanker telah tumbuh di dalam tengkorak, mata atau jaringan di dekatnya, atau bagian bawah tenggorokan. Mungkin ada sel kanker di kelenjar getah bening pada satu atau kedua sisi leher. Simpul kanker ini berukuran lebih kecil dari 6cm dan di atas area tulang selangka.

Namun, kanker belum menyebar ke tempat lain. Ini sama dengan T4, N0, atau N1 atau N2, M0 pada sistem stadium TNM.

2. Ciri-ciri Kanker nasofaring stadium 4B

Kanker mungkin telah tumbuh menjadi jaringan atau tulang di dekatnya dan telah menyebar ke setidaknya salah satu kelenjar getah bening ukuran lebih besar dari 6 cm, atau kelenjar getah bening di area tulang selangka, atau keduanya.

Kanker belum menyebar ke tempat lain. Ini sama dengan T, N3, M0 dalam sistem satdium TNM.

3. Ciri-ciri Kanker nasofaring stadium 4C

Kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti paru-paru metastasis. Ini sama dengan T, N, M1 dalam sistem stadium TNM.

Gejala Kanker nasofaring stadium 4

Kepadatan di telinga kanan atau kiri, sakit kepala sinus, kesemutan dan mati rasa di bibir kanan/kiri atas dan pipi daerah dekat hidung, sisi kanan/kiri lidah dan sisi kanan/kiri langit-langit mulut peka terhadap makanan asin.

Referensi artikel:

Nasopharyngeal cancer: EHNS-ESMO-ESTRO Clinical practice guidelines for diagnosis, treatment and follow up
Chan ATC, Gregoire V, Lefebvre JL et al. Annals of Oncology 23 (suppl 7) vii83-85, 2012

Head and Neck Cancer: multidisciplinary management guidelines
Roland NJ and Paleri V (eds). 4th edition. London: ENT UK, 2011

Cancer Research UK: Nasopharyngeal cancer
http://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/nasopharyngeal-cancer/

A community of Nasopharyngeal cancer survivors
https://www.blogforacure.com/

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Jenis Dan Karakteristik Kanker Nasofaring Ganas Dan Jinak Kanker nasofaring, ini berarti sebuah permulaan dari jenis-jenis kanker. Mengapa mengetahui permulaan ini sangat penting? Nasofaring disusun atas berbagai jaringan, setiap lapisan jaringan mengandung berbagai jenis sel. Berbagai jenis […]
  • Kanker Nasofaring Apa itu kanker nasofaring? Karsinoma nasofaring atau kanker nasofaring adalah tumor langka yang timbul dari epitel nasofaring di hidung. Kanker nasofaring menyumbang sekitar 1% dari kanker ganas masa kanak-kanak. Sedangkan kanker […]
  • Karakteristik Tahapan Kanker Payudara Berdasar Stadium 0, 1, 2,3,4 Tahapan atau kanker payudara stadium 0 1 2 3 4 menjadi penting karena digunakan dalam menentukan jenis apa pilihan pengobatan yang sesuai dan direkomendasikan. Stadium kanker payudara diberi ditandai dengan angka 0 1 2 3 sampai 4: – […]
  • 3 Gejala Spesifik Dan 14 Tanda-Tanda Kanker Hidung Nasofaring Kanker nasofaring merupakan salah satu bagian kanker di kepala dan leher yang sering ditemukan pada anak-anak. Kanker nasofaring ditemukan dua kali lebih sering pada pria ketimbang wanita Kanker nasofaring diawali dari sel kanker yang […]
  • IStilah Dan Kamus Kanker Nasofaring Karsinoma nasofaring adalah kanker yang terjadi di nasofaring, di belakang hidung dan di atas bagian belakang tenggorokan Anda. Karsinoma nasofaring sulit dideteksi sejak dini. Itu mungkin karena gejala karsinoma nasofaring meniru […]