Jenis Dan Karakteristik Kanker Nasofaring Ganas Dan Jinak

kanker nasofaring ganas

Kanker nasofaring, ini berarti sebuah permulaan dari jenis-jenis kanker. Mengapa mengetahui permulaan ini sangat penting? Nasofaring disusun atas berbagai jaringan, setiap lapisan jaringan mengandung berbagai jenis sel.

Berbagai jenis kanker bisa berkembang dari setiap jenis sel. Mengetahui perbedaan ini membantu dokter menentukan cara terbaik untuk mengobati jenis kanker tertentu yang diawali oleh sel kanker di nasofaring.

Kanker nasofaring jinak

Tumor nasofaring bisa bersifat ganas (kanker) dan jinak (non kanker). Kanker nasofaring jinak biasanya menyerang anak-anak dan remaja.

Ada beberapa jenis tumor non kanker, sel kanker yang tumbuh di pembuluh darah kecil, yang dikenal sebagai angiofibroma dan haemangioma.

Ada tumor jinak yang tumbuh di kelenjar air liur minor. Kelenjar air liur minor ditemukan di seluruh kepala dan leher, termasuk di nasofaring.

Jika tidak diobati, kanker nasofaring jinak bisa berubah menjadi tumor ganas yang secara bertahap menyebar ke jaringan sekitarnya dan ke bagian tubuh yang lain, disebut kanker nasofaring metastasis.

Kanker nasofaring ganas

Beberapa jenis kanker ganas bisa berkembang yang berawal dari tumbuhnya sel kanker di jaringan yang membentuk nasofaring. Itu termasuk:

Karsinoma sel skuamosa

Sebagian besar kanker nasofaring ganas adalah karsinoma sel skuamosa. Sel skuamosa adalah sel yang melapisi bagian dalam mulut, hidung, laring dan tenggorokan. Karsinoma berarti kanker. Jadi karsinoma sel skuamosa adalah kanker yang dimulai pada sel-sel ini.

Salah satu tipe dari kanker skuamosa adalah karsinoma sel skuamosa keratinisasi.

Keratin adalah protein yang membentuk rambut dan kuku. Keratinasi sel kanker, berarti sel kanker mengandung protein pembentuk kuku dan rambut.

Adenokarsinoma dan karsinoma kistik adenoid

Kanker ini dapat berkembang di kelenjar air liur minor di dalam nasofaring.  Jenis kanker ganas ini lebih sering terjadi di mulut dan hidung.

Limfoma

Limfoma adalah kanker yang dimulai di kelenjar getah bening atau jaringan kelenjar gondok. Pembengkakan kelenjar getah bening adalah gejala limfoma yang paling umum.

Melanoma

Melanoma berkembang dari sel penghasil pigmen pemberi warna kulit. Melanoma berkembang di kepala dan leher yang bisa terjadi dimana saja; di kulit atau di dalam hidung atau mulut (rongga mulut).

Sarkoma

Sarkoma berkembang dari sel-sel yang membentuk jaringan tubuh yang disebut jaringan ikat termasuk tulang, otot, tulang rawan dan lemak.

Sumber referensi:

Textbook of uncommon cancers (4th edition)
Raghavan D, Blanke C, Johnson D and others
Wiley-Blackwell, 2012

Nasopharyngeal cancer: EHNS-ESMO-ESTRO Clinical practice guidelines
Chan ATC, Gregoire V, Lefebvre JL et al.
Annals of Oncology 23 (suppl 7) vii83-85, 2012

Type of nasopharyngeal cancer
Cancer Research UK
http://www.cancerresearchuk.org/

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Nasofaring Stadium Awal, 1, 2, 3, & 4 Ada 4 tahapan stadium kanker nasofaring. Setip tahapan didasarkan dengan sistem stadium TNM. Stadium kanker berarti memberitahu posisi kanker, seberapa besar dan apakah telah menyebar. Stadium kanker membantu dokter menentukan perawatan […]
  • Beberapa Efek Samping Pengobatan Kanker Nasofaring Dan Solusinya Sel kanker nasofaring cenderung tumbuh dengan cepat, namun obat-obatan bisa membunuh sel kanker dengan cepat. Tapi karena obat-obatan ini bergerak ke seluruh tubuh, mereka bisa merusak sel normal yang sehat. Kerusakan sel sehat […]
  • IStilah Dan Kamus Kanker Nasofaring Karsinoma nasofaring adalah kanker yang terjadi di nasofaring, di belakang hidung dan di atas bagian belakang tenggorokan Anda. Karsinoma nasofaring sulit dideteksi sejak dini. Itu mungkin karena gejala karsinoma nasofaring meniru […]
  • Kanker Nasofaring Apa itu kanker nasofaring? Karsinoma nasofaring atau kanker nasofaring adalah tumor langka yang timbul dari epitel nasofaring di hidung. Kanker nasofaring menyumbang sekitar 1% dari kanker ganas masa kanak-kanak. Sedangkan kanker […]
  • 3 Gejala Spesifik Dan 14 Tanda-Tanda Kanker Hidung Nasofaring Kanker nasofaring merupakan salah satu bagian kanker di kepala dan leher yang sering ditemukan pada anak-anak. Kanker nasofaring ditemukan dua kali lebih sering pada pria ketimbang wanita Kanker nasofaring diawali dari sel kanker yang […]