Jurnal: 6 Makanan Sehat Untuk Pasien Prostat Menurut Para Ahli

Pilihan Makanan Sehat Untuk Kanker Prostat. Jika Anda mendapatkan kanker prostat setelah vonis dokter, Anda harus segera menentukan langkah pengobatan. Sangat mudah untuk menunda prostat agar tidak berkembang ke kanker ganas. Anda hanya melakukan beberapa hal, menentukan pilihan makanan sehat.

Menurut American Cancer Society, kanker prostat adalah kanker paling umum di antara pria. Ini menimpa 1 dari 7 laki-laki. Diyakini bahwa tinggi lemak, tinggi gula dapat berkontribusi untuk peningkatan tingkat kanker prostat.

Jadi saat Anda harus ke dokter akhirnya, Anda dapat mulai meningkatkan kesehatan prostat Anda dengan mencoba enam makanan ini.

6 Pilihan makanan sehat untuk kanker prostat

1. Tomat

Lycopene adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam tomat. Ini dapat membantu mencegah kanker prostat serta mengurangi pertumbuhan tumor antara pria dengan kanker prostat.

Dalam review dari 11 studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Sains dan Vitaminology, peneliti menemukan bahwa pria yang makan lebih banyak tomat dan produk berbasis tomat, baik mentah dan dimasak, kurang mungkin untuk mengembangkan kanker prostat.

Tetapi karena lycopene erat terikat untuk dinding sel, tubuh kita memiliki waktu yang lama dan sulit untuk mengekstrak lycopene dari tomat mentah.

Dimasak atau membuat jus tomat mungkin pilihan yang lebih baik. Melihat ke produk seperti ini:

– pasta tomat

– tomat yang dikeringkan di bawah sinar matahari

– jus tomat

– saus tomat

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak senyawa kompleks yang dapat membantu melindungi beberapa orang dari kanker.

Menurut American Cancer Society, beberapa studi menunjukkan ada hubungan antara minimnya jumlah sayuran yang Anda makan dan risiko kanker prostat.

Namun para peneliti menemukan bahwa salah satu fitokimia yang ditemukan dalam brokoli, yang disebut sulforaphane, bersifat sangat selektif terhadap target dan hanya membunuh sel-sel kanker sementara itu zat tersebut bersifat memperbaiki sel-sel prostat normal yang sehat dan tidak terpengaruh.

3. Teh Hijau

Teh hijau adalah komponen besar dari diet di Asia. Sudah dikonsumsi selama ribuan tahun. Komponen teh hijau yang sedang dipelajari untuk efek mereka pada kesehatan. Ini termasuk:

– Catechin

– Derivatif xanthine

– Epigallocatechin-3-gallate (EGCG)

– Epicatechin

Sekarang ada beberapa bukti untuk mendukung bahwa senyawa yang ditemukan dalam teh hijau dapat mencegah perkembangan kanker prostat.

Dalam sebuah ulasan yang dipublikasikan oleh Pengobatan Cina, peneliti menemukan, ada penurunan risiko kanker prostat di kalangan pria yang mengkonsumsi lebih dari 5 cangkir teh hijau per hari.

4. Kacang-kacangan dan Kedelai

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, dan semua kacang semua mengandung senyawa tanaman biologis aktif yang dikenal sebagai phytoestrogen. Isoflavon adalah salah satu phytoestrogen tersebut.

Zat ini mengandung sifat melawan kanker dan menekan pertumbuhan tumor sekunder pada sel kanker prostat.

Ada penelitian lebih konklusif, dalam laporan pendahuluan yang ditulis oleh National Cancer Institute menunjukkan hubungan antara konsumsi kedelai dan mengurangi kadar prostat antigen spesifik (PSA).

PSA adalah protein yang diproduksi oleh prostat; tes PSA mengukur tingkat PSA dalam darah Anda dan digunakan sebagai tes skrining untuk kanker prostat. Penelitian ini juga tampaknya menunjukkan kedelai lebih efektif jika dimakan dalam kombinasi dengan makanan pelawan kanker lainnya.

5. Jus Delima

Sama seperti anggur merah atau teh hijau, buah delima merupakan sumber yang kaya antioksidan. Delima sering disebut-sebut sebagai “buah ajaib” dalam mencegah penyakit kronis yang berhubungan dengan stres oksidatif.

Para ilmuwan berpikir, antioksidan yang ditemukan dalam buah delima bekerja dengan metode “mencari dan menghancurkan”, secara eksklusif menargetkan sel-sel kanker prostat, bukan sel-sel sehat.

Studi juga telah menemukan bahwa jus delima dan ekstraknya, dapat menghambat produksi sel-sel kanker prostat secara signifikan.

6. Ikan air dingin

Lemak tak jenuh ganda, seperti omega-3 dan omega-6, adalah asam lemak esensial yang ditemukan secara eksklusif dalam makanan.

Lemak sehat ini tidak disintesis oleh tubuh. Diet banyak asam lemak omega-6 tetapi tidak banyak asam lemak omega 3, ini sebuah perhitungan yang bisa diterima.

Memiliki keseimbangan sehat asam omega-3 dan omega-6 asam lemak dapat membantu pengobatan dan mencegah perkembangan kanker prostat.

Dalam review yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan hubungan antara makan ikan dan penurunan tingkat kematian akibat kanker prostat.

Coba makan ikan yang ditemukan di perairan dingin untuk meningkatkan asupan omega-3, termasuk:

– ikan salmon

– ikan tuna

– sarden

– ikan forel

– dll

Kunjungi dokter atau ahli diet terkemuka di kota Anda.

Beri Vote Jika Bermanfaat

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: