Apa itu tes PSA? Berapa Angka Nilai PSA Tinggi Atau Normal?

Apa itu tes PSA? Berapa Angka Nilai PSA Tinggi Atau Normal?

Anda bisa menjalani tes PSA dan perlu membicarakannya dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu. Pada beberapa layanan, Anda juga dapat mendiskusikan tentang tes PSA dengan perawat, dan mereka dapat melakukan tes jika Anda memutuskan untuk menginginkannya.

Apa itu tes PSA?

Tes PSA adalah tes darah untuk mengukur dan menilai jumlah prostat spesifik antigen dalam darah Anda. PSA adalah protein yang diproduksi oleh sel normal di prostat dan juga bisa disekresikan oleh sel kanker di prostat.

Adalah sesuatu normal jika Anda memiliki sejumlah kecil PSA dalam darah Anda, dan jumlahnya meningkat seiring pertambahan usia diiringi ukuran prostat ikut membesar. Angka PSA yang tinggi memberi tanda bahwa Anda memiliki masalah dengan prostat, namun itu belum tentu kanker.

Berapa Angka Nilai PSA Normal dan Angka PSA Tinggi

Tidak ada batas tingkat normal atau tinggi PSA spesifik dalam darah, karena kadar PSA bisa bervariasi dari waktu ke waktu pada orang yang sama.

Dulu, kebanyakan dokter menilai kadar PSA normal adalah 4,0 ng / mL atau kurang. Oleh karena itu, jika seorang pria memiliki tingkat nilai PSA di atas 4.0 ng / mL, dokter merekomendasikan biopsi prostat untuk menentukan apakah ada kanker prostat, atau ada masalah lain

Karena temuan dari beberapa penelitian yang lebih baru, beberapa menyarankan untuk menurunkannya ke standarisasi pengukuran PSA.

Alasannya, beberapa pria dengan tingkat nilai PSA di bawah 4.0 ng / mL justru memiliki kanker prostat, dan ditemukan banyak pria dengan tingkat yang lebih tinggi angka PSA 4.0 ng / mL malah tidak memiliki kanker prostat

Beberapa peneliti merekomendasikan standarisasi tingkat PSA normal kurang dari 2,5 atau 3 ng / mL sebagai batas, terutama pada orang yang lebih muda. Orang muda cenderung memiliki prostat yang lebih kecil dan nilai PSA yang lebih rendah, sehingga setiap peningkatan PSA pada pria muda di atas 2,5 ng / mL dianggap angka PSA tinggi.

Namun dan bagaimanapun, semakin tinggi tingkat PSA seorang pria, semakin besar kemungkinan kanker prostat atau ada masalah dengan prostat mereka. Selain itu, kenaikan terus menerus pada tingkat PSA pria dari waktu ke waktu juga bisa menjadi tanda dan gejala kanker prostat.

Jika hasil tes angka PSA tinggi, itu artinya

Tingkat angka PSA tinggi bisa menjadi pertanda adanya masalah dengan prostat Anda, itu bisa jadi:

1. Pembesaran prostat

Pembesaran prostat adalah peningkatan ukuran prostat, namun bukan disebabkan oleh kanker. Istilah medis untuk pembesaran prostat adalah pembesaran prostat jinak (BPE – benign prostatic enlargement).

Benign artinya jinak, atau non-kanker.
Prostatic – Ada sesuatu di prostat.
Enlargement – peningkatan ukuran.

Pembesaran prostat jinak juga disebut dengan BPH (benign prostatic hyperplasia). Hiperplasia berarti peningkatan jumlah sel. Peningkatan sel inilah yang menyebabkan prostat membesar.

Tapi seiring pertumbuhan prostat yang kian membesar, ia bisa menekan bagian luar uretra, menyebabkan uretra menjadi sempit yang bisa menyempitkan aliran urine saat Anda buang air kecil.

2. Prostatitis

Prostatitis adalah nama yang diberikan pada serangkaian gejala yang dianggap disebabkan oleh infeksi atau akibat pembengkakan kelenjar prostat.

Prostatitis bukanlah bentuk kanker prostat. Hal ini juga tidak sama dengan memiliki pembesaran prostat.

Prostatitis merupakan kondisi umum yang dapat mempengaruhi pria dari segala usia, tapi ini paling umum terjadi pada pria berusia muda dan setengah baya, biasanya berusia antara 30 dan 50 tahun.

Prostatitis dapat menyebabkan berbagai gejala, yang bervariasi dari manusia ke manusia lain. Gejala umum meliputi kesulitan buang air kecil dan rasa sakit atau ketidaknyamanan seputar testis, bagian belakang atau perut bagian bawah.

3. Kanker prostat.

Kanker prostat dapat berkembang ketika sel-sel di prostat mulai tumbuh dengan cara yang tidak normal dan tidak terkontrol. Kanker prostat sering tumbuh perlahan dan kadang tidak menimbulkan masalah atau gejala.

Tapi, kanker prostat yang lebih cenderung menyebar atau bermetastasis yang membutuhkan perawatan untuk menghentikan penyebarannya di luar prostat.

Kanker prostat menyebabkan tingkat PSA pria meningkat. Jika Anda memiliki tingkat PSA yang tinggi, dokter akan melakukan tes atau diagnosis untuk mengetahui penyebabnya pasti.

Referensi

Klein LT, Lowe FC. The effects of prostatic manipulation on prostate-specific antigen levels. Urol Clin North Am. 1997 May;24(2):293–7.

Loeb S, Carter HB, Schaeffer EM, Kettermann A, Ferrucci L, Metter EJ. Distribution of PSA Velocity by Total PSA Levels: Data From the Baltimore Longitudinal Study of Aging. Urology. 2011 Jan;77(1):143–7.

Kirkham APS, Emberton M, Allen C. How good is MRI at detecting and characterising cancer within the prostate? Eur Urol. 2006 Dec;50(6):1163–1174; discussion 1175

Dll

Apa itu tes PSA? Berapa Angka Nilai PSA Tinggi Atau Normal?
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: