Kanker Prostat

Apa itu kanker prostat? Kanker prostat adalah sebuah tumor ganas yang menyerang kalenjar prostat. Prostat merupakan sebuah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang seukuran buah kenari, terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi bagian atas uretra, tabung yang mengalirkan urin dari kandung kemih.

Definisi

Istilah “kanker” mengacu pada suatu kondisi di mana sel-sel menumpuk tak terkendali sehingga menghilangkan kemampuan tubuh untuk mengatur pertumbuhan atau kematian sel.

Istilah “mati” bukan sebagaimana mestinya, namun sel-sel kanker prostat hidup lebih lama daripada sel normal, dan mereka membentuk massa sel abnormal yang dikenal sebagai tumor. Tumor primer adalah tumor asli; sedangkan tumor sekunder terjadi jika tumor asli menyebar ke lokasi lain.

Tumor prostat biasanya berkembang lambat sebagai kanker ganas, dan mereka tumbuh sering tidak menunjukkan ada gejala sampai pada stadium lanjut.

Kebanyakan pria dengan kanker prostat mengalami kematian dini akibat penyebab lain, dan mereka tidak pernah tahu bahwa mereka memiliki penyakit, selain kanker prostat  seperti penyakit jantung

Sel-sel kanker yang telah menyebar di luar prostat (seperti ke tulang, kelenjar getah bening, dan paru-paru) sulit untuk disembuhkan, tetapi keadaan ini dapat dikontrol selama bertahun-tahun. Jika kanker prostat mulai tumbuh cepat atau menyebar di luar prostat, itu berbahaya.

Dalam kebanyakan kasus, kanker prostat adalah tumbuh lambat, yang berarti bahwa itu biasanya memakan waktu beberapa tahun sehingga mudah dideteksi dan dapat dilakukan beberapa perlakuan untuk pengobatan.

Sekarang kemajuan dalam perawatan telah tersedia, dan kebanyakan pria yang kanker prostat berharap untuk hidup lima tahun atau lebih, melalui langkah-langkah pengobatan.

Kanker prostat adalah kondisi umum yang mempengaruhi 1 di 7 laki-laki.

Seorang pria lebih mungkin untuk mengembangkan kanker prostat daripada dia adalah untuk mengembangkan kanker usus besar, kandung kemih, melanoma, limfoma, dan ginjal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mayoritas pria di atas 65 memiliki beberapa kanker prostat.

Gejala Dini Kanker Prostat

Apa saja gejala dini kanker prostat? Tidak ada gejala dini yang jelas untuk kanker prostat. Itu sebabnya Screening menjadi sangat penting untuk diterapkan agar seorang dokter pemriksa dapat merasakan seberapa keras pada prostat yang Anda miliki selama pemeriksaan fisik, atau untuk tingkat PSA yang memulai naik.

Mengapa tidak ada gejala? Karena kanker prostat hampir tidak pernah dimulai di bagian paling nyaman dari prostat untuk setiap gejala yang terjadi.

Selama bertahun-tahun, penyakit ini sebagai silent killer. Gejala cenderung datang kemudian, jika kanker telah berkembang cukup besar dan mengubah cara Anda ketika buang air kecil.

Anda memiliki kesulitan untuk kencing. Kadang, Anda jarang dan malas ke kamar mandi untuk membuang urin.

Dan setiap gejala bisa juga disebabkan oleh masalah lain dalam prostat semisal prostatitis atau pembesaran prostat, BPH (Benign Prostatic Hyperplasia, ).

Kanker prostat di banyak pria usia tua karena kondisi non-kanker yang dikenal sebagai pembesaran prostat atau benign prostatic hyperplasia.

Apakah kesulitan ereksi adalah bagian gejala? Sekali lagi, ini kemungkinan besar belum disebabkan oleh kanker prostat, tetapi oleh sesuatu yang lain, seperti diabetes atau penyakit kardiovaskular, atau usia yang semakin tua.

Kedekatan kelenjar prostat dengan kandung kemih dan uretra, menyebabkan gejala kanker prostat dapat disertai dengan sulit buang air kecil.

Namun, itu tergantung pada ukuran dan lokasi, tumor yang menekan dan menyempitkan uretra, menghambat aliran urin.

Beberapa tanda-tanda kanker prostat terkait dengan kesulitan buang air kecil meliputi:

– Sensasi terbakar atau sakit saat buang air kecil

– Kesulitan buang air kecil, atau kesulitan memulai dan menghentikan saat kencing

– Lebih sering merasa ingin untuk buang air kecil di malam hari

– Hilangnya kontrol kandung kemih

– Penurunan aliran atau kecepatan aliran urin

– Darah dalam urin (hematuria)

– Perlu buru-buru ke toilet

– Butuh waktu yang lama saat kencing

– Punya perasaan bahwa kandung kemih Anda belum dikosongkan sepenuhnya

Gejala-Gejala Lainnya

Kanker prostat dapat menyebar (metastasis) ke jaringan di dekatnya atau tulang belakang. Jika kanker menyebar ke tulang belakang, mungkin Anda akan merasa ada tekanan berat seperti rasa linu pada saraf tulang belakang.

Tanda-tanda kanker prostat lainnya termasuk:

– Darah dalam air mani

– Disfungsi ereksi

– Ejakulasi menyakitkan

– Bengkak di kaki atau daerah panggul

– Mati rasa atau nyeri pada pinggul, kaki atau kaki

– Nyeri tulang belakang yang tidak hilang

Gejala bahwa kanker mungkin telah menyebar termasuk tulang dan nyeri punggung, kehilangan nafsu makan, nyeri pada testis dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Pilihan pengobatan kanker prostat

Pengobatan kanker prostat dibagi menjadi 2 sub yaitu pengobatan medis dan pengobatan alternatif.

Pengobatan medis

Pilihan pengobatan secara medis untuk kanker prostat dibagi menjadi 2 sub yaitu pengobatan lokal dan sistemik.

Pengobatan lokal meliputi

1. Operasi bedah

Operasi bedah adalah pengangkatan tumor dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya jika dibutuhkab selama operasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan tumor sebelum menyebar di luar prostat.

2. Terapi radiasi

Terapi radiasi adalah memanfaatkan sinar berenergi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang dilakukan oleh seorang dokter ahli disebut onkologi radiasi.

Sedangkan pengobatan sistemik adalah Dokter menggunakan perawatan seperti terapi androgen (ADT), kemoterapi, dan terapi vaksin sel-sel kanker di seluruh tubuh.

1. Terapi Androgen

Terapi androgen atau ADT (Androgen Deprivation Therapy) digunakan untuk mengobati kanker prostat dalam situasi yang berbeda, termasuk kanker prostat berulang dan kanker prostat metastatik. Kanker prostat metastatik adalah ketika sel kanker telah menyebar ke tulang dan seluruh tubuh.

2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat untuk menghancurkan sel-sel kanker, biasanya dengan menghentikan kemampuan sel kanker untuk tumbuh dan membelah.

Kemoterapi untuk pengobatan kanker prostat diberikan melalui tabung intravena (IV) yang ditempatkan ke dalam vena menggunakan jarum.

3. Terapi vaksin atau imunoterapi

Imunoterapi Vaksin Sipuleucel-T (Provenge) dirancang untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh untuk melawan kanker. Vaksin dibuat dari bahan yang baik tubuh atau di laboratorium untuk meningkatkan, target, atau mengembalikan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Pengobatan alternatif

Pilihan pengobatan alternatif mengacu pada perbaikan diet dan gaya hidup. Sangat penting untuk mengevaluasi pilihan diet ketika Anda berisiko kanker prostat.

Para ilmuwan telah menemukan daftar makanan dan suplemen untuk mengoptimalkan dalam diet Anda, dan mereka juga menemukan makanan dan suplemen menyebabkan resiko kanker prostat berulang.

Pedoman untuk diet dan gaya hidup sehat meliputi :

– Memperbanyak makanan berserat terutama berasal dari tanaman.

– Meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran

– Diet Rendah lemak

– Terbatas dalam penggunaan jumlah gula sederhana

– Olah raga yang tersesuai

– Jangan mengonsumsi alk*hol dan r*kok.

Apakah kanker prostat bisa diobati?

Sekitar 85% dari semua kanker prostat terdeteksi pada tahap lokal dan sistemik, sehingga tingkat kesembuhan yang sangat tinggi.

Beberapa pria yang didiagnosis dan diobati pada tahap ini akan bebas penyakit setelah lima tahun. Namun, kanker prostat masih merupakan penyakit yang mematikan.

Bagian yang paling penting dari diagnosis kanker prostat dan pengobatan adalah keputusan bersama antara Anda dan dokter mengenai perawatan terbaik.

Ada risiko dan manfaat untuk setiap keputusan yang dibuat tentang kanker prostat Anda, namun Anda dan dokter Anda akan menyesuaikan rencana perawatan yang terbaik sesuai dengan keyakinan dan harapan.

Sumber : http://www.cancer.net/cancer-types/prostate-cancer