Kanker Prostat: Tahapan, Skor Gleason, Tes Fisik, Pengobatan Dll

Kanker prostat biasanya terjadi dan tumbuh sangat lambat, mungkin butuh waktu puluhan tahun untuk menampakkan gejala sehingga lebih sering terjadi pada orang tua. Banyak pria meninggal karenanya, dan banyak pula pria meninggal karena sebab lain tanpa pernah mengetahui bahwa kanker itu ada.

Kanker prostat dimulai di daerah kelenjar kecil. Sebagian besar kanker prostat tumbuh sangat lambat dan tidak menimbulkan gejala. Namun bagaimanapun, kanker bisa tumbuh dengan cepat atau menyebar di luar prostat.

Gejala

Kanker prostat biasanya tidak menyebabkan gejala sampai mencapai tahap lanjut. Terkadang, gejala serupa dengan hiperplasia jinak (BPH) berkembang, termasuk sulit buang air kecil atau kadang kencing terlalu sering dan sangat mendesak.

Namun, gejala awal ini tidak berkembang sampai setelah kanker tumbuh besar lalu menekan uretra dan sebagian memblokir aliran urine. Kanker bisa menyebabkan urin berdarah atau tiba-tiba kesulitan untuk buang air kecil.

Pada beberapa pria, gejala kanker prostat berkembang hanya setelah menyebar (metastasis). Daerah yang paling sering terkena penyebaran kanker adalah tulang (biasanya panggul, tulang rusuk, atau tulang belakang).

Kanker metastasis tulang cenderung menyakitkan dan bisa melemahkan tulang, kadang rapuh mudah patah tulang. Ketika kanker telah menyebar ke tulang belakang, itu akan mempengaruhi sumsum tulang belakang yang menimbulkan gejala rasa sakit, mati rasa, lemah, atau inkontinensia urin. Setelah kanker menyebar, anemia sering terjadi.

Tes fisik dan diagnosis

Dokter mungkin menduga kanker prostat berdasarkan gejala, dari hasil DRA (digital rectal examination), atau hasil skrining tes darah. Skrining Tes darah adalah pengukuran tingkat prostat-specific antigen (PSA). PSA adalah zat yang hanya diproduksi oleh jaringan kelenjar prostat.

Jika hasil tes ini memberi sinyal adanya kanker, ultrasonografi biasanya akan dilakukan. Ultrasonografi tidak mengungkapkan diagnosa kanker namun digunakan sebagai pemandu biopsi prostat.

Skor Gleason kanker prostat

Sistem penilaian skor Gleason adalah cara umum untuk mengobati kanker prostat berdasarkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dari biopsi. Karena sel kanker seringkali bervariasi dalam penampilan mereka, untuk setiap sampel biopsi, ahli patologi memeriksa pola tumor yang paling umum pertama dan pola paling umum ke dua.

Masing-masing pola diberi nilai 1 sampai 5. Nilai ini kemudian digabungkan untuk menciptakan skor Gleason. Misalnya, jika pola tumor yang paling umum adalah kelas 2, dan pola tumor paling umum berikutnya adalah kelas 3, skor Gleason adalah 2 + 3 = 5.

Karena angka pertama mewakili mayoritas sel abnormal pada sampel biopsi, 3 + 4 dianggap kurang agresif dibanding 4 + 3. Nilai skor gabungan 8 atau lebih tinggi adalah kanker yang paling agresif. Mereka yang memiliki skor gleason di bawah 6 memiliki prognosis – harapan hidup yang lebih baik.

Stadium atau tahapan

Kanker prostat umumnya klasifikasikan menurut tiga kriteria:

– Seberapa jauh kanker telah menyebar di dalam prostat
– Apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di daerah dekat prostat
– Apakah kanker telah menyebar ke organ jauh dari prostat (kanker metastatik)

Untuk memahami begitu banyak variabel, dokter menggunakan sistem stadium, berdasarkan seberapa banyak kanker hadir dan seberapa jauh penyebarannya.

– Tahap I, juga disebut T1, menggambarkan sel tumor ditemukan pada kurang dari 5% jaringan prostat.
– Tahap II (T2) menggambarkan sel kanker meluas atau lebih agresif namun masih terbatas pada prostat.
– Stadium III, atau T3, tumor telah tumbuh melewati kapsul yang mengandung prostat.
– Pada stadium IV (T4), kanker telah menyebar melampaui prostat ke organ tubuh lainnya.

Pengobatan

Pengobatan untuk kanker prostat biasanya melibatkan tiga strategi:

1. Status waspada tunggu

Ini berarti dokter belum memberikan pengobatan kecuali jika kanker sedang berkembang atau berubah. Tujuannya: untuk menghindari atau mencegah potensi efek samping pengobatan

2. Pengobatan kuratif

Pengobatan kuratif bertujuan untuk menghilangkan atau membunuh semua sel kanker, pengobatan ini termasuk

– Operasi
– Terapi radiasi
– Krioterapi (pembekuan)

Pengobatan kuratif (juga disebut pengobatan definitif) adalah strategi pengobatan yang bersifat umum untuk pria dengan kanker prostat yang cenderung menyebabkan gejala.

3. Terapi paliatif

Terapi paliatif bertujuan lebih mengobati gejala daripada mengobati kanker itu sendiri. Terapi paliatif termasuk

– Terapi hormon
– Kemoterapi
– Terapi radiasi.

Pengobatan paliatif paling cocok untuk pria dengan kanker prostat yang telah menyebar, karena kemungkinan kecil untuk disembuhkan.

Selain mencoba memperlambat pertumbuhan dan penyebaran kanker, dokter mungkin mencoba meringankan gejala akibat efek serangan kanker pada organ dan jaringan lain (seperti tulang).

Beri Vote Jika Bermanfaat