Bahaya Kanker Prostat Jika Tidak Segera Diobati

Jika tidak diobati dan dibiarkan tumbuh, beberapa sel prostat kanker dapat menyebar di luar prostat dalam proses yang disebut Metastasis.

Selama metastasis, sel-sel kanker prostat berkembang melalui Sistem limfatik dan / atau aliran darah ke bagian lain dari tubuh dan tumbuh sebagai tumor sekunder.

Penyebaran kanker dapat dideteksi oleh kehadiran sel-sel kanker prostat di sekitarnya prostat, seperti vesikula seminalis dan kelenjar getah bening di panggul.

Ini disebut kanker prostat lanjut, yang menunjukkan bahwa semua penyebaran berada di kawasan prostat. Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke daerah lain dari tubuh.

Situs yang paling umum dari penyebaran sel kanker adalah tulang, paru-paru, hati, otak, dan organ lainnya juga bisa terlibat. Ketika penyakit menyebar ke situs lain, itu masih dianggap kanker prostat.

Ini tak bisa disembuhkan, tetapi bisa diobati jika penyebaran sel kanker belum begitu luas.

Sebuah penelitian di Swedia melaporkan bahwa pasien kanker prostat yang tidak diobati 3 kali berisiko meninggal dibanding pasien prostat yang pernah diobati dengan operasi atau radiasi.

Dalam studi di Swedia yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, peneliti membandingkan kematian di antara lebih dari 6.800 pria dengan kanker prostat yang menjalani pengobatan, pembedahan atau radiasi – atau yang hanya dipantau secara teratur oleh dokter mereka.

Para pria yang memiliki tingkat rendah dari resiko kanker, karena dinilai oleh beberapa faktor, termasuk kadar darah untuk antigen spesifik prostat (PSA) dan skor Gleason ( sebuah prosedur pengukuran sel abnormal pada prostat)

Para peneliti menghitung bahwa dari orang-orang dengan tingkat rendah kanker prostat, 2,4 persen meninggal akibat penyakit tersebut dalam waktu 10 tahun tanpa pengobatan.

Jumlah ini sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan pria yang pernah menjalani operasi atau terapi radiasi, tidak jelas berapa banyak perbedaan itu karena kesehatan memburuk pada laki-laki yang tidak mendapatkan pengobatan kanker prostat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi 9 Juni The Journal of American Medical Association (JAMA),ada temuan baru dari sebuah studi jangka panjang dari pria dengan stadium awal.

Awalnya, kanker prostat tidak diobati menunjukkan bahwa risiko pengembangan sel kanker menjadi lebih agresif dan meningkatkan risiko menjadi penyakit mematikan secara signifikan meski dalam jangka panjang,

Tantangannya adalah, bagaimana memaksimalkan kemungkinan pasien bisa bertahan hidup tanpa overtreatment lebih luas.

Namun, sedikit yang perlu diketahui tentang perkembangan penyakit dan risiko kematian lebih dari 10 sampai 15 tahun dari vonis ” waspada”.

“Data kami mungkin penting untuk konseling dan manajemen klinis pasien. Penundaan kematian bukanlah satu-satunya tujuan pengobatan karena perkembangan lokal dapat membuat penderitaan besar,” tulis para peneliti.

“Kesimpulannya, data kami menunjukkan bahwa probabilitas perkembangan lebih agresif ke fenotipe mematikan dapat meningkat setelah jangka panjang dari kanker prostat yang didiagnosis pada tahap awal yang dibiarkan tanpa pengobatan “

Bahaya Kanker Prostat Jika Tidak Segera Diobati
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: