Bedah Kanker Prostat: Jenis, Tujuan, Dan Kapan Pelaksanaannya

Pengobatan Kanker Prostat dengan operasi bedah adalah pengangkatan tumor dan penghapusan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Hal ini digunakan untuk mencoba untuk menghilangkan tumor sebelum menyebar di luar prostat.

Seorang onkologi bedah adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati kanker dengan menggunakan operasi. Untuk kanker prostat, urolog atau onkologi urologi adalah onkologi bedah yang terlibat dalam pengobatan.

Jenis operasi tergantung pada tahap penyakit, kondisi kesehatan secara keseluruhan dari pasien itu, dan faktor-faktor lainnya menurut keputusan Anda dan dokter Anda.

Tujuan operasi bedah dalam pengobatan kanker prostat

Tujuan dari operasi tersebut adalah bervariasi. Namun, operasi bedah dilakukan untuk alasan dan tujuan sebagai berikut:

– Untuk mendiagnosa kanker

– Untuk menghapus semua atau sebagian dari kanker atau tumor

– Untuk mencari tahu letak di mana kanker berada

– Untuk mencari tahu apakah kanker telah menyebar atau mempengaruhi fungsi organ-organ lain dalam tubuh

– Untuk mengembalikan fungsi tubuh atau penampilan

– Untuk meringankan dan mencegah efek samping dari kanker

Lokasi operasi bedah adalah tergantung pada sejauh mana tingkat operasi dan berapa banyak pemulihan yang Anda butuhkan. Anda mungkin mendapat operasi di kantor dokter, klinik, atau rumah sakit.

Bedah rawat jalan berarti bahwa Anda tidak perlu menginap di rumah sakit sebelum atau setelah operasi.

Operasi rawat inap berarti bahwa Anda perlu untuk tinggal di rumah sakit semalam atau lebih lama untuk pulih setelah operasi.

Pilihan operasi bedah kanker prostat

Pilihan bedah meliputi:

1. Prostatectomy radikal (terbuka) . 

Sebuah prostatektomi radikal adalah operasi pengangkatan seluruh prostat dan vesikula seminalis, kelenjar getah bening di daerah panggul juga dapat dihapus.

Operasi ini memiliki risiko DE. Seorang pria dapat mempertahankan fungsi s*ksual setelah operasi dengan menghindari kerusakan bedah saraf yang memungkinkan er*ksi dan org*sme terjadi.

Inkontinensia urin juga efek samping yang mungkin dari prostatektomi radikal. Untuk mencegah gangguan fungsi s*ksual secara normal, pasien dapat menerima obat. Kadang-kadang, operasi lain dapat memperbaiki inkontinensia.

2. Teknologi robot atau laparoskopi prostatektomi. 

Jenis operasi ini mungkin jauh kurang invasif dibandingkan prostatektomi radikal namun dapat mempersingkat waktu pemulihan.

Sebuah kamera dan instrumen dimasukkan melalui kecil, sayatan lubang situs di perut pasien.

Dokter bedah kemudian mengarahkan instrumen robot untuk menghapus kelenjar prostat dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya.

Secara umum, prostatektomi robot mengurangi pendarahan dan mengurangi rasa sakit, tetapi efek samping untuk fungsi s*ksual dan saluran kencing bisa mirip dengan prostatectomy radikal (terbuka) .

Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah Rumah Sakit menawarkan prosedur ini dan bagaimana membandingkan dengan hasil radikal (terbuka) prostatektomi.

3. Cryosurgery. 

Cryosurgery, juga disebut cryotherapy atau cryoablation, adalah pembekuan sel kanker dengan probe logam yang dimasukkan melalui sayatan kecil di daerah antara rektum dan skrotum, kantung kulit yang berisi testis.

Ini bukan sebuah terapi pengobatan sebagai standar perawatan untuk pria yang baru didiagnosa kanker prostat. Cryosurgery belum dibandingkan dengan prostatektomi radikal atau terapi radiasi, sehingga dokter tidak tahu apakah itu adalah pilihan pengobatan yang sebanding.

Efek samping dari pengobatan bedah ini pada fungsi kemih dan fungsi s*ksual juga tidak didefinisikan dengan baik.

Kapan kanker prostat harus operasi bedah?

Operasi kanker prostat yang terbaik adalah jika kanker prostat Anda di tahap klinis T1 atau T2. Itu berarti hanya terbatas pada kelenjar prostat.

Pengobatan ini juga digunakan jika penyakit Anda adalah tahap T3 klinis.

Tapi jika Anda memiliki tingkat PSA kurang dari 20 ng / mL dan skor Gleason kurang dari 8 Anda memiliki kesempatan lebih tinggi untuk sembuh setelah operasi.

Pengobatan operasi kanker prostat biasanya dibatasi dengan pria yang cukup sehat dan mampu mentolerir operasi besar.

Anda harus memiliki motivasi untuk harapan hidup 10 tahun atau lebih ke depan, harapan hidup berdasarkan usia dan kesehatan.

Referensi : http://www.cancer.net/navigating-cancer-care/how-cancer-treated/surgery/what-cancer-surgery

Beri Vote Jika Bermanfaat

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: