Gejala Kanker Prostat Usia Muda Dan Pengobatannya

Pada umumnya, kanker prostat menyerang pada pria lebih tua. Rata-rata usia diagnosis kanker prostat adalah 60 tahun ke atas, dan sekitar 60% dari kasus baru terjadi pada usia diatas 65 th, menurut National Cancer Institute.

Meskipun statistik menunjukkan bahwa kanker prostat lebih rentan untuk orang lanjut usia, tetapi pria muda juga dapat memilikinya dikenal istilan kanker prostat usia muda.

Meskipun kejadian ini sangat jarang, tingkat diagnosis kanker prostat usia muda berusia 29 – 35 th dengan perbandingan sekitar 1 : 100.000.

Jika Anda seorang pria lebih muda dari usia pertengahan 50-an, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Pria usia muda harus rutin menjalani tes  prostat spesifik antigen (PSA) dan pemeriksaan dubur sampai usia sekitar 50 an. Kanker prostat biasanya tidak memiliki gejala fisik dalam tahap awal. Akibatnya, kanker prostat menjadi agresif dan sering sudah berkembang kanker ganas setelah didiagnosa, ini lebih sulit untuk diobati.

Gejala-gejala Kanker Prostat Usia Muda

Gejala kanker prostat pada umumnya sama tanpa memandang usia pasien. Pada tahap awal, kanker prostat kemungkinan tidak akan menghasilkan gejala sama sekali.

Seiring berjalan waktu dengan bentuk perkembangan kanker prostat lebih maju, gejala kanker prostat usia muda mungkin termasuk:

– Lebih sering ingin buang air kecil di malam hari

– Aliran urin lemah atau kesulitan memulai dan menghentikan aliran urin

– Sebuah sensasi rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil

– Darah dalam urin (hematuria)

– Nyeri tulang di pinggul, punggung, tulang rusuk dan daerah lain bisa juga mengindikasikan kanker prostat yang telah menyebar (metastasis) ke luar prostat.

– Faktor riwayat keluarga. Pria dengan riwayat keluarga penyakit prostat memiliki risiko dua sampai tiga kali lebih tinggi daripada populasi umum.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker prostat (ayah, kakak, paman atau kakek), berbicara dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan awal perawatan primer tentang skrining kanker prostat.

Pengobatan Kanker Prostat Usia Muda

Kanker prostat adalah penyakit yang sangat bisa diobati, terutama pada tahap awal. Sedangkan tingkat PSA pada atau di bawah 4,0 ng / mL ini dianggap normal.

American Cancer Society merekomendasikan pengujian tahunan untuk pria dengan PSA dari 2,5 atau lebih tinggi. Jika Anda lebih dari usia 40 tahun, berbicara dengan dokter Anda tentang faktor risiko pribadi Anda dan menentukan apakah pengujian PSA sesuai untuk Anda.

Berikut adalah langkah-langkah penting yang harus Anda lakukan

1. Perhatikan apa yang Anda makan.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa lebih banyak daging merah, semakin tinggi resiko nya terkena kanker prostat.

Tapi itu tidak semua ─ makanan goreng dan makanan olahan, lemak jenuh mungkin mempercepat perkembangan kanker.

Rekomendasi

– Makan lebih banyak buah dan sayuran, terutama sayuran hijau, untuk membantu mengurangi risiko kanker secara keseluruhan.

– Makan produk kedelai untuk mengurangi baik risiko dan kambuhnya kanker seperti edamame, tempe dan tahu

– Batasi atau menghindari produk susu untuk mengurangi risiko kanker prostat.

– Jangan mengonsumsi minumal beralk*hol

– Hindari daging merah dan olahan untuk mengurangi risiko kanker menyebar ke tulang (metastasis).

– Hindari makanan panggang, goreng dan daging panggang. Alasannya adalah bahwa ada bahan kimia penyebab kanker yang disebut amina heterosiklik (HCA) yang dibuat ketika creatine dan asam amino di daging,otot rangka yang dimasak pada suhu tinggi.

2. Pilihan pengobatan

Jika Anda memiliki kanker prostat, berbicara dengan onkologi Anda tentang semua pilihan pengobatan yang tersedia dan yang mungkin menjadi yang terbaik untuk Anda.

Pertanyaan,  apakah kanker prostat usia muda jenis ini harus menjalani operasi segera, atau menunggu untuk melihat perkembangan usia lebih lanjut? Ini menjadi kontroversi.

Operasi dapat memiliki efek samping yang signifikan – seperti kemungkinan disfungsi er*ksi seumur hidup atau inkontinensia urin kronis. Tentu saja menjadi problem bagi pria usia muda.

Untuk pria usia muda pada 30-an hingga 40-an, ini bisa menjadi keputusan yang sulit. Pastikan Anda mendiskusikan pilihan Anda dan semua kemungkinan efek samping dengan dokter Anda.

3. Lakukan pemeriksaan tahunan.

Banyak pasien kanker prostat pada usia muda yang berkomitmen untuk hidup dengan gaya hidup sehat dan mengambil waktu untuk mencegah kondisi medis serius.

Kanker prostat adalah penyakit yang sangat bisa diobati, khususnya dalam tahap awal. Jika Anda lebih kurang dari 40 tahun, berbicara dengan dokter Anda tentang faktor risiko pribadi Anda dan menentukan apakah pengujian PSA sesuai untuk Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa itu tes PSA? Berapa Angka Nilai PSA Tinggi Atau Normal? Anda bisa menjalani tes PSA dan perlu membicarakannya dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu. Pada beberapa layanan, Anda juga dapat mendiskusikan tentang tes PSA dengan perawat, dan mereka dapat melakukan tes jika Anda […]
  • Bahaya Kanker Prostat Jika Tidak Segera Diobati Jika tidak diobati dan dibiarkan tumbuh, beberapa sel prostat kanker dapat menyebar di luar prostat dalam proses yang disebut Metastasis. Selama metastasis, sel-sel kanker prostat berkembang melalui Sistem limfatik dan / atau aliran […]
  • Studi: Cegah Prostat Dgn Tomat, Tapi Tomat Tak Bisa Cegah Kanker Prostat Benarkah makan tomat bisa mencegah kanker prostat? Sebuah laporan mengungkap: tomat mengurangi risiko kanker prostat sebesar 20%, berita mengutip sebuah penelitian yang menemukan pria yang makan 10 porsi tomat atau lebih dalam seminggu […]
  • Apakah Wanita Bisa Mengidap Kanker Prostat? Bagaimana Gejalanya? Adakah Kanker Prostat Pada Wanita? Mungkin Anda  pernah mendengar orang berbicara tentang kelenjar prostat perempuan. Tapi wanita benar-benar tidak memiliki kelenjar prostat. Namun, "prostat" pada perempuan sering digunakan untuk merujuk […]
  • Terapi Vaksinasi Sipuleucel-T Untuk Kanker Prostat Pengobatan kanker prostat dengan terapi vaksin Sipuleucel-T termasuk imunoterapi  yang dirancang untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh untuk melawan kanker. Sipuleucel-T disesuaikan untuk setiap pasien. Sebelum pengobatan, […]