Jenis Obat Untuk Kanker Prostat Metastasis Tulang Dan Efek Sampingnya

Pengobatan Kanker Prostat Metastasis Tulang. Banyak pria mengalami masalah tulang terkait kanker prostat atau efek samping pengobatan. Kanker prostat menyebar ke tulang (metastasis tulang) dapat menyebabkan sakit parah dan patah tulang. Selain itu, efek terapi hormonal untuk kanker prostat dapat menyebabkan pengeroposan tulang, fraktur, dan nyeri sendi.

Ketika kanker prostat menyebar ke tulang dan organ lain, dokter melihat di bawah mikroskop. Hal ini masih diobati dengan terapi untuk kanker prostat. Seorang pria yang prostat kanker menyebar ke tulang, ini tidak berarti dia memiliki kanker tulang.

Namun, dia memiliki kanker prostat menyebar ke organ tulang dengan perjalanan melalui darah, tulang, dan tumbuh. Tulang yang paling sering terkena adalah tulang belakang, pinggul, dan tulang rusuk. Setelah kanker prostat menyebar ke tulang, ini dapat menjadi proses yang menyakitkan.

Penting untuk Anda membuat rencana pengobatan, mengambil strategi untuk menjaga kesehatan tulang yang baik. Ada beberapa perawatan yang tersedia untuk memperkuat tulang, mencegah metastasis, dan mengelola untuk mencegah rasa nyeri.

Beberapa orang didiagnosis dengan kanker prostat akan memiliki penyebaran kanker mereka (metastasis) ke bagian lain dari tubuh. Tulang adalah tempat penyebaran sel kanker.

Dua kelas obat yang digunakan untuk mengobati kanker prostat yang telah menyebar ke tulang adalah: Bifosfonat dan Denosumab

Semua orang berbeda dalam merespon terapi pengobatan metastase tulang. Bicaralah dengan dokter atau apoteker tentang apa yang diharapkan, termasuk efek sampingnya.

Berikut adalah obat yang umum digunakan untuk mengobati metastase tulang akibat kanker prostat

1. Alendronate

Apa itu Alendronate? Jenis obat ini sekelas dengan bifosfonat yang digunakan untuk mengobati osteoporosis (pengeroposan tulang). Ia bekerja dengan meningkatkan kepadatan tulang untuk mengurangi kerusakan.

Bagaimana obat ini diberikan? Alendronate diberikan secara oral sebagai tablet.

Efek samping Aledronate 

Setiap orang merespon secara berbeda terhadap pengobatan untuk metastase tulang – beberapa pengalaman banyak efek samping, sementara yang lain mengalami sedikit.

Berikut adalah beberapa efek samping yang dialami oleh orang-orang yang menerima pengobatan.

– Sakit perut

– kembung

– Sembelit

– Diare

– Sakit kepala

– Mual

– Nyeri pada tulang / sendi

2. Denosumab

Denosumab adalah antibodi monoklonal yang digunakan untuk mengobati osteoporosis pada pria yang didiagnosis dengan kanker prostat.

Obat ini bekerja dengan menghentikan sel-sel tulang (osteoklas) dari kerusakan struktur tulang. Denosumab diberikan secara injeksi subkutan (di bawah kulit).

Efek samping

Berikut adalah beberapa efek samping yang dialami oleh orang-orang yang menerima denosumab.

– Diare

– Kelelahan

– Mual

– Ruam

– Perubahan kulit

– Kelemahan

3. Pamidronate Dinatrium

Pamidronate Disodium sekelas dengan bifosfonat yang digunakan untuk mengobati osteoporosis (pengeroposan tulang).

Ia bekerja dengan mengurangi kerusakan tulang. Disodium Pamidronate diberikan intravena (IV).

Efek Samping

Berikut adalah beberapa efek samping yang dialami oleh orang-orang yang menerima disodium pamidronat.

– Sakit perut

– nyeri tulang

– kesulitan tidur

– Sakit kepala

– Kehilangan selera makan

– Mual / muntah

– Kelemahan

4. Asam Zoledronic

Asam Zoledronic sekelas obat yang dikenal sebagai bifosfonat yang digunakan untuk mengobati metastase tulang yang dihasilkan dari kanker prostat.

Zoledronic Acid mencegah atau memperlambat laju perubahan tulang (termasuk pemecahan tulang) yang diberikan melalui suntikan intravena.

Efek samping

Berikut adalah beberapa efek samping yang dialami oleh orang-orang yang menerima asam zoledronic.

– Tulang / nyeri sendi

– Diare

– Kelelahan

– Demam

– Sakit kepala

– Kehilangan selera makan

– Mual / muntah

– Penurunan berat badan

Setiap orang merespon secara berbeda terhadap pengobatan untuk metastase tulang – beberapa pengalaman banyak efek samping sementara yang lain mengalami sedikit.

Beritahu tim perawatan kesehatan Anda tentang efek samping jika Anda mengalami sehingga mereka tahu bagaimana cara terbaik untuk membantu Anda mengelola efek yang tidak menyenangkan tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Terapi Androgen Untuk Kanker Prostat Dan Efek Samping Pengobatan kanker prostat dengan prosedur terapi deprivasi androgen atau Androgen deprivation therapy (ADT) dilakukan karena pertumbuhan sel kanker didorong oleh hormon androgen, terapi menurunkan hormon androgen disinyalir dapat […]
  • 6 Pondasi Penting Dalam Pengobatan Alami Kanker Prostat Kanker prostat adalah kanker paling umum menyerang pria lanjut usia. Pada tahap awal, kanker prostat bisa diobati menggunakan pengobatan medis. Namun, Anda mungkin butuh informasi mengenai pengobatan alternatif yang mungkin memberikan […]
  • Terapi Radiasi Utk Kanker Prostat Dan Efek Sampingnya Terapi Radiasi adalah penggunaan sinar radiasi yang berenergi tinggi untuk merusak sel-sel kanker yang dikerjakan oleh seorang dokter terapi radiasi yang dikenal sebagai onkologi radiasi. Jenis terapi radiasi Jenis-jenis terapi […]
  • Terapi Vaksinasi Sipuleucel-T Untuk Kanker Prostat Pengobatan kanker prostat dengan terapi vaksin Sipuleucel-T termasuk imunoterapi  yang dirancang untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh untuk melawan kanker. Sipuleucel-T disesuaikan untuk setiap pasien. Sebelum pengobatan, […]
  • Bedah Kanker Prostat: Jenis, Tujuan, Dan Kapan Pelaksanaannya Pengobatan Kanker Prostat dengan operasi bedah adalah pengangkatan tumor dan penghapusan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Hal ini digunakan untuk mencoba untuk menghilangkan tumor sebelum menyebar di luar […]