Studi: Kanker Prostat Bisa Menular Lewat Infeksi Parasit Trikomoniasis

Studi: Kanker Prostat Bisa Menular Lewat Infeksi Parasit Trikomoniasis

Apakah kanker prostat bisa menular? Ya, menurut sebuah studi, Anda bisa tertular kanker prostat melalui sebuah infeksi parasit Trichomonas Vaginalis (Trichomonas V) hasil hubungan se*ksual tanpa k0ndom.

Media Independent menulis tentang sebuah studi laboratorium yang menemukan bahwa parasit tersebut menghasilkan protein yang mirip dengan protein manusia dimana protein ini telah terbukti terlibat dalam pertumbuhan kanker dan pemicu peradangan.

Studi mengatakan bahwa di laboratorium, protein dari parasit tersebut bekerja pada sel darah dan sel prostat manusia dengan cara yang mirip dengan protein manusia. Para peneliti menyimpulkan bahwa infeksi parasit, yang dikombinasikan dengan faktor lain, dapat memicu jalur inflamasi yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel dan penularan kanker prostat.

Asal studi

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari University of California, Los Angeles, Università degli Sutdi di Sassari, Instituto de Investigaciones Biotecnológicas-Instituto Tecnológico de Chascomύs, Argentina. yang didanai oleh National Institutes of Health Grants, Microbial Pathogenesis Training, Graduate Division Dissertation Year Fellowship, dll. Hasil penelitian dipublkasikan secara bebas di jurnal medis PNAS

Konsep Penelitian

Ini adalah studi laboratorium yang meneliti peran potensial parasit yang menyebabkan infeksi menular pada manusia (trikomoniasis) dan kanker prostat.

Peradangan berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan kanker. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa tingkat protein pada manusia yang pemicu peradangan disebut HuMIF (human macrophage migration inhibitory factor), bersifat memicu kanker.

Parasit Trichomonas V. menghasilkan protein yang disebut TvMIF (Trachomonas vag1nalis macrophage migration inhibitory factor) yang bersifat mirip dengan protein manusia – HuMIF, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat.

Para peneliti ingin mengetahui efek protein TvMIF pada sel kekebalan manusia, mengukur apakah orang-orang yang terinfeksi telah menghasilkan antibodi melawan TvMIF jika dibandingkan dengan orang tanpa infeksi, dan bagaimana efek TvMIF terhadap pertumbuhan sel, pembelahan dan invasi sel abnormal lain.

Hasil penelitian

Dari penelitian disimpulkan, TvMIF meningkatkan pertumbuhan dan invasi sel kanker prostat di laboratorium, dengan cara:

– TvMIF meningkatkan pertumbuhan dan pembagian sel prostat jinak sebesar 20% dan sel kanker prostat agresif sebesar 40%, serupa dengan efek protein manusia, HuMIF.
– TvMIF meningkatkan penyebaran sel tumor jinak dan kanker agresif sebesar 30%.

Cara penularan kanker prostat

TvMIF memiliki efek yang sama pada sel darah putih manusia (HuMIF) yang memicu beberapa jalur peradangan termasuk beberapa yang sebelumnya telah terbukti aktif dalam kanker.

Orang yang terinfeksi atau tertular parasit trikomoniasis, akan menciptakan antibodi untuk melawan TvMIF, ini menunjukkan bahwa trikomoniasis memang mengeluarkan protein selama proses penularan.

Tes darah dari orang yang tertular parasit trikomoniasis menunjukkan adanya antibodi telah diproduksi oleh tubuh manusia untuk melawan TvMIF pada 57% dari orang-orang yang tertular dibandingkan dengan 11% orang yang tidak tertular.

Laki-laki yang tertular infeksi memiliki kejadian antibodi yang jauh lebih tinggi (79%) dibandingkan perempuan yang terinfeksi (30%).

Para periset mengatakan bahwa “Data ini cukup menunjukkan bahwa infeksi bakteri Trichomonas V. yang kronis dapat menyebabkan peradangan yang didorong oleh TvMIF dan proliferasi sel, ini adalah bukti ada jalur cara penularan kanker prostat”.

Kesimpulan

Studi ini menemukan bahwa infeksi trikomoniasis tampaknya menghasilkan protein yang mirip dengan protein manusia yang terlibat dalam peradangan sebagai jalur penularan kanker prostat.

Proses peradangan dikaitkan dengan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa trikomoniasis mungkin memiliki peran potensial dalam pengembangan dan media penularan kanker prostat.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki apakah ada hubungan yang jelas antara penularan parasit trikomoniasis dan kanker prostat. (NHS Choices)

Beri Vote Jika Bermanfaat

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: