Apakah Kanker Prostat Penyakit Keturunan? Pelajari Lebih Lanjut…

Riwayat keluarga merupakan faktor penyebab terkuat untuk risiko kanker prostat. Jika Anda punya saudara dekat sekandung yang mendrita kanker prostat, misalnya, ayah atau saudara kandung – Anda mungkin dua kali mengembangkan kanker prostat dibanding dengan orang yang tidak memiliki riwayat keluarga penyakit.

Jika Anda khawatir bahwa sejarah keluarga Anda dapat meningkatkan risiko kanker prostat, berbicara dengan dokter Anda untuk berkonsultasi tentang layanan genetika klinis atau klinik kanker keluarga.

Namun, ada 2 pendapat dari para ahli tentang apakah kanker prostat merupakan penyakit keturunan.

Kanker prostat bukan penyakit keturunan

Sebagian besar kanker prostat tidak disebabkan oleh faktor keturunan atau gen kanker yang diwariskan. Kebanyakan pria menderita kanker prostat tidak memiliki riwayat keluarga itu. Saat ini, belum ada uji klinis untuk gen kanker yang diturunkan untuk kanker prostat.

Para ahli berpikir bahwa kurang dari 1 berbading 10 kanker prostat terkait dengan gen yang diwariskan. Tidak ada satu ‘gen kanker prostat’ khusus yang menjelaskan sebagian besar kasus kanker prostat yang diwariskan.

Sebaliknya, para ahli berpikir bahwa ada mutasi beberapa gen mungkin terlibat. Setiap perubahan hanya memiliki efek yang sangat kecil untuk resiko kanker prosat pada seorang pria.

Dalam sejumlah kecil pria, kanker prostat terkait dengan mutasi gen BRCA1, namun lebih sering pada gen BRCA2.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah mengidentifikasi sejumlah perubahan genetik diwariskan yang dapat menyebabkan risiko seseorang terkena kanker prostat. Misalnya, penelitian yang dilakukan di Memorial Sloan Kettering menunjukkan bahwa laki-laki dengan mutasi pada gen BRCA2 memiliki risiko untuk kanker prostat.

Para peneliti ​​sekarang bekerja keras untuk menentukan apakah selain mutasi gen dapat berperan dalam pengembangan penyakit. Pemahaman tersebut mungkin akan menciptakan sebuah metode baru untuk mengidentifikasi orang-orang berisiko, sehingga berdampak positif dalam pengembangan pengobatan baru.

Kanker prostat penyakit keturunan.

Kanker prostat merupakan penyakit keturunan jika Anda hanya memiliki satu saudara kandung (kakak) yang menderita kanker prostat.

Secara umum, kesempatan Anda mendapat kanker prostat sebagai penyakit keturunan menjadilebih besar jika:

1. Beberapa saudara kandung Anda telah didiagnosa dengan kanker prostat

2. Ada anggota keluarga didiagnosis pada usia muda

3. Satu saudara kandung lebih muda mengembangkan kanker prostat di bawah usia 60 (ayah, atau kakak).

4. Dua atau lebih kerabat dekat Anda yang masih satu link dengan keluarga (kakek, cucu, paman dan keponakan).

Namun, jika Anda kuatir tentang gen kanker yang diwariskan karena ada beberapa anggota keluarga menderita kanker prostat – atau karena saudara kandung Anda didiagnosis dengan penyakit pada usia dini – kunjungi dokter atau spesialis genetika untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.