5 Kunci Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Kanker Prostat Berkembang

5 Kunci Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Kanker Prostat Berkembang

Diet sehat dan olahraga teratur penting untuk kesehatan juga bisa membantu menurunkan risiko kanker prostat. Jika Anda telah didiagnosis menderita kanker prostat, perhatikan tentang pola hidup sehat termasuk diet dan aktivitas fisik yang benar.

Berikut adalah point penting untuk Anda yang baru didiagnosis dan mencegah kanker prostat berkembang ke tahap lanjut

1. Gaya hidup sehat

Bisakah gaya hidup sehat mengurangi risiko kanker prostat? Tidak ada yang tahu cara mencegah kanker prostat, tapi gaya hidup sehat mungkin penting.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker prostat untuk lebih agresif. Diet seimbang dan olahraga teratur dapat membantu Anda tetap memiliki berat badan yang sehat, jadi ini penting untuk menurunkan risiko Anda.

Gaya hidup sehat meningkatkan kesejahteraan dan membantu mencegah masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker lainnya.

Risiko kanker prostat meningkat karena diet ala barat, dimana makan sedikit buah, sayuran dan ikan; Namun lebih banyak makan daging, susu, gula, lemak dan makanan olahan. Diet seimbang harus mengandung semua kelompok makanan. Ini akan memastikan tubuh Anda memiliki semua energi dan nutrisi yang dibutuhkan.

2. Utamakan makanan sehat

Bisakah makanan sehat menurunkan risiko kanker prostat? Baru-baru ini, para ahli berpikir bahwa mengonsumsi makanan tertentu mungkin menurunkan risiko kanker prostat. Ini termasuk:

– Makanan yang mengandung lycopene – termasuk tomat dan beberapa buah lainnya, sayuran merah dll
– Makanan yang mengandung selenium – termasuk kacang, ikan, makanan laut, hati dan ginjal.

Beberapa penelitian juga menyarankan bahwa makanan lain dapat membantu menurunkan risiko, termasuk:

– Kacang kacangan, termasuk kacang panjang, kacang polong, kacang lentil, kacang kedelai
– Makanan yang mengandung vitamin E – termasuk minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berdaun hijau.

Namun para ahli di World Cancer Research Fund mengatakan bahwa belum cukup bukti suatu makanan tertentu bisa mencegah risiko kanker prostat.

Meskipun tidak ada bukti ada makanan yang bisa mencegah kanker prostat, setidaknya Anda bisa menurunkan risikonya dengan memilih makanan sehat, termasuk banyak buah dan sayuran dan berbagai macam makanan sehat lainnya.

3. Batasi makanan yang memicu kanker

Makanan mana yang bisa meningkatkan risiko kanker prostat? Kita masih belum tahu apakah ada makanan tertentu yang meningkatkan risiko kanker prostat.

Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan risiko jika Anda terlalu sering/banyak memakannya, termasuk

– Makanan olahan susu

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi produk dairyfood, seperti susu, yoghurt atau keju, dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Ini mungkin karena kalsium, atau bisa juga sesuatu yang lain.

Anda mungkin ingin mencoba mengurangi makanan ini dalam diet Anda. Tapi itu bukan keputusan yang baik karena Anda juga memerlukan beberapa kalsium – sekitar 700mg sehari – untuk menjaga tulang tetap sehat. Anda bisa mendapatkan 700mg kalsium dari segelas susu 200ml atau 30g keju per hari.

– Daging olahan dan daging merah

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi daging merah atau olahan, seperti sosis, burger, bacon dan ham, dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Namun penelitian terakhir berarti para ahli sekarang tidak yakin apakah makanan ini meningkatkan risiko Anda atau tidak.

Jika Anda ingin mengurangi jumlah daging merah dan olahan dalam makanan Anda, Anda bisa menggantinya dengan makan ayam kampung, kalkun atau ikan untuk melengkapi kebutuhan protein Anda.

– Makanan lainnya

Para ilmuwan telah menyarankan makanan dengan cara lain, bagaimana cara menyiapkan atau memasak, karena dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Ini termasuk daging asapan atau dibakar, juga makanan yang digoreng karena mengandung lemak jenuh.

4. Hati-hati memilih suplemen

Beberapa orang mengonsumsi suplemen untuk mencoba menurunkan risiko kanker, namun penelitian menunjukkan bahwa ini tidak bekerja baik. Faktanya, ada beberapa suplemen justru bisa meningkatkan risiko kanker Anda.

Cara terbaik adalah mendapatkan semua vitamin, mineral dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh dengan makan makanan seimbang yang sehat, termasuk banyak buah dan sayuran. Jika Anda menggunakan suplemen, konsultasikan dengan dokter Anda lebih dulu

5. Aktifitas fisik

Seberapa banyak aktivitas fisik yang harus saya lakukan? Olahraga teratur itu lebih baik untuk kesehatan. Orang yang tetap aktif cenderung memiliki berat badan yang sehat dan cenderung tidak mengembangkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Belum ada yang tahu apakah aktivitas fisik dapat membantu mencegah kanker prostat, namun beberapa penelitian menyarankan aktifitas fisik karena bisa membantu menurunkan kanker prostat yang agresif.

Cobalah tip sehat berikut untuk membantu Anda lebih aktif

– Usahakan melakukan minimal 150 menit (2,5 jam) olahraga ringan setiap minggu, seperti jalan cepat, atau bersepeda. Olahraga ringan membuat pernapasan dan detak jantung Anda berjalan lebih cepat.
– Anda bisa berolahraga sepuluh menit dua kali sehari. Kemudian perlahan naikkan ini menjadi 30 menit lima kali seminggu.
– Anda bisa melakukan olahraga selama 75 menit seminggu sekali, seperti berlari, atau sepak bola.
– Temukan olahraga atau aktivitas yang Anda sukai – atau lakukan banyak sehingga Anda tidak bosan.
– Anda mungkin merasa lebih senang berolahraga dengan teman – cobalah melakukan sesuatu dengan teman atau anggota keluarga, atau bergabunglah dengan tim sepakbola.
– Jika Anda sering menyetir atau naik bus, atau sepeda motor untuk perjalanan jarak pendek, cobalah gunakan kaki Anda untuk berjalan
– Usahakan mengurangi waktu duduk. Kurangi aktifitas menonton TV, atau main game. Ganti kegiatan yang lebih aktif. Dan jangan lupa untuk beristirahat secara teratur jika tubuh merasa lelah.
– Tuliskan semua yang Anda lakukan dalam buku harian tentang aktivitas sehingga Anda dapat melihat seberapa baik kemajuan kesehatan yang Anda dapatkan

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan pertama kali baik pada diet atau memulai aktifitas fisik, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung atau paru-paru, atau masalah sendi.

Referensi

Dennert G, Zwahlen M, Brinkman M, Vinceti M, Zeegers MPA, Horneber M. Selenium for preventing cancer. The Cochrane Collaboration, Dennert G, editors. Cochrane Database Syst Rev [Internet]. 2011 May 11 [cited 2013 Dec 10]; Available from: http://doi.wiley.com/10.1002/14651858.CD005195.pub2

Hori S, Butler E, McLoughlin J. Prostate cancer and diet: food for thought? BJU Int. 2011;107(9):1348–59.

Hurst R, Hooper L, Norat T, Lau R, Aune D, Greenwood DC, et al. Selenium and prostate cancer: systematic review and meta-analysis. Am J Clin Nutr. 2012 May 30;96(1):111–22.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Pentingnya Nutrisi Lycopene Dalam Terapi Kanker Prostat Lycopene Untuk Kanker Prostat. Lycopene adalah karotenoid, sebuah pigmen alami yang dibuat oleh tanaman. Lycopene melindungi tanaman dari stres yang berhubungan dengan cahaya dan membantu mereka menggunakan energi matahari untuk membuat […]
  • Peran Kalsium dalam Tubuh Penderita Kanker Prostat Apa peranan kalsium bagi kanker prostat? Kalsium adalah mineral yang diperlukan untuk pembuluh darah dasar, otot, fungsi saraf, sinyal dari sel ke sel, dan pelepasan hormon. Tubuh menyimpan kalsium terutama di jaringan tulang. Kalsium […]
  • Diet Sehat Pasien Kanker Prostat Rekomendasi Para Ahli Diet Kanker Prostat. Pakar penelitian mengatakan bahwa diet yang benar dapat mencegah, mengurangi, dan membantu pengobatan kanker prostat Anda. Mereka menyarankan kombinasi diet untuk membatasi atau menghindari, dan memilih makanan mana […]
  • Uji Klinis: Diet Selenium Untuk Mencegah Kanker Prostat Selenium Untuk Kanker Prostat. Apa itu selenium? Selenium adalah mineral dan nutrisi sangat penting bagi manusia, berperan banyak bagi fungsi tubuh, termasuk reproduksi dan imunitas, biasanya ditemukan dalam protein. Selenium disimpan […]
  • Jurnal: 6 Makanan Sehat Untuk Pasien Prostat Menurut Para Ahli Pilihan Makanan Sehat Untuk Kanker Prostat. Jika Anda mendapatkan kanker prostat setelah vonis dokter, Anda harus segera menentukan langkah pengobatan. Sangat mudah untuk menunda prostat agar tidak berkembang ke kanker ganas. Anda hanya […]