Mengenal Apa Itu Kanker Genitourinaria

Kanker Genitourinaria (Genitourinary) adalah kanker yang mempengaruhi area genital dan organ kemih pada pria dan wanita. Kanker jenis ini mempengaruhi kandung kemih, ginjal, pen1s, prostat, testis, ureter dan uretra.

Berikut daftar kanker genitourinaria

1. Kanker kandung kemih
2. Kanker ginjal
3. Kanker penile
4. Kanker prostat
5. Ginjal Pelvis dan Kanker Ureter
6. Kanker testis
7. Kanker Uretral

Kamus Kanker Genitourinaria

5-Alpha-reductase inhibitor: adalah kelas obat oral atau pil yang mengintervensi konversi prostat hormon testosteron hormon laki-laki (diproduksi oleh testikel) menjadi bentuk hormon yang lebih berpotensi(dikenal sebagai dihydrotestosterone).

Obat ini biasanya diresepkan untuk menghilangkan gejala buang air kecil (kencing) pada pria akibat pembesaran prostat.

Bakteri prostatitis akut: juga disebut prostatitis infeksius; adalah Infeksi bakteri kelenjar prostat yang menyebabkan pembengkakan dan pembengkakan prostat.

Terapi adjuvant: pengobatan diberikan di samping pengobatan utama untuk mencegah kekambuhan kanker

Kelenjar adrenal: kelenjar yang duduk di atas ginjal. Kelenjar adrenal membuat dan melepaskan hormon seperti epinefrin (adrenalin), norepinephrine, dan hormon steroid.

Alpha-adrenergic blocker: kelas obat yang digunakan untuk mengobati pembesaran prostat jinak (non-kanker).

Androgen: hormon, seperti testosteron, dihidrotestosteron, 5-dehydroepiandrosterone, dan androstenedion, bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik hormon laki-laki.

Obat antiandrogen: obat mengurangi atau menghambat aktivitas hormon androgen

Antigen: zat asing yang menyebabkan respon imun dalam tubuh. Tubuh memproduksi antibodi untuk melawan antigen.

Antispasmodik: obat yang membantu mengurangi kejang otot tak sadar yang mungkin terjadi di kandung kemih

Azoospermia: tidak adanya sperma dalam ejakulasi

Benign prostatic hyperplasia (BPH): juga dikenal sebagai pembesaran prostat jinak (non-kanker). Hampir semua pria dengan fungsi hormonal normal akan mengembangkan beberapa pembesaran prostat seiring bertambahnya usia.

Tumor jinak: pertumbuhan non-kanker yang tidak menyebar ke jaringan terdekat atau bagian tubuh lainnya

Biopsi: pengangkatan sampel jaringan untuk dipelajari, biasanya di bawah mikroskop.

Brachytherapy: bentuk terapi radiasi untuk kanker prostat. Teknik ini memungkinkan pengiriman radiasi dosis tinggi ke prostat dengan kerusakan terbatas pada jaringan di sekitarnya.

Cryobank: tempat sel, sperma, atau embrio beku yang disimpan

Kriopreservasi: proses pembekuan dan penyimpanan sperma atau embrio untuk pemakaian selanjutnya

Cryotherapy: pengobatan untuk pria dengan kanker prostat (dan mereka yang menderita kanker prostat berulang setelah terapi radiasi) yang melibatkan pembekuan dan pencairan prostat pada prosedur bedah rawat jalan minor dengan menggunakan ultrasound prostat.

Sistektomi: pengangkatan kandung kemih dengan operasi

Sistitis: radang kandung kemih, yang mungkin disebabkan oleh infeksi

Sistoskopi: prosedur di mana tabung dimasukkan ke dalam uretra melalui lubang di ujung pen1s. Hal ini memungkinkan dokter untuk secara visual memeriksa lengkap uretra dan kandung kemih untuk polip, striktur, pertumbuhan abnormal, dan masalah lainnya. Juga disebut cystourethroscopy.

Cystoscope: tabung seperti perangkat yang mengandung cahaya dan lensa pandang. Sistoskopi dimasukkan ke dalam uretra untuk memeriksa uretra, kandung kemih, dan prostat.

Disuria: buang air kecil yang menyakitkan

Enuresis: buang air kecil tanpa disengaja. Sering disebut “inkontinensia urin.”

Epididimis: struktur berbentuk tabung yang panjang seperti tabung di mana sperma mengumpul, matang, dan dikeluarkan. Epididimis terletak di dalam skrotum, di atas dan di belakang testikel.

Epididimitis: pembengkakan epididimis

Prostate-specific antigen (PSA): protein yang diproduksi oleh prostat. Tingkat PSA yang lebih tinggi, yang ditemukan selama tes PSA, dapat mengindikasikan kanker prostat atau penyakit prostat lainnya.

MRI fenosis prostat: pencitraan MRI khusus yang digunakan untuk menemukan lokasi tumor potensial di prostat

Asam prostat fosfatase: enzim yang diproduksi hanya di prostat. Tingkat tinggi bisa mengindikasikan penyebaran kanker prostat.

Cairan prostat: cairan yang diproduksi oleh prostat yang merupakan bagian dari air mani

Prostatitis akut: infeksi bakteri mendadak pada kelenjar prostat yang ditandai dengan pembengkakan prostat. Basis prostatitis akut harus segera diobati untuk mencegah masalah kesehatan lainnya.

Prostatodynia: nyeri pada prostat

Uretra: tabung yang membawa urin (dari kandung kemih) dan air mani (dari prostat dan kelenjar se*ks lainnya) keluar melalui ujung p3nis.

Striktur uretra: penyempitan atau penyumbatan kanal yang mengarah ke kandung kemih.

Uretritis: radang uretra; mungkin disebabkan oleh infeksi

Urinalisis: tes di mana sampel urin diuji untuk mendeteksi kelainan seperti: prostatitis, infeksi saluran kemih, kandung kemih dan kanker ginjal, diabetes, dan kondisi lainnya.

Kateter urin: tabung plastik tipis dan fleksibel yang dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk mengalirkan air kencing

Saluran kemih: jalur yang ditempuh urin saat meninggalkan tubuh. Ini termasuk ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Infeksi saluran kemih: infeksi saluran kemih, biasanya disebabkan oleh bakteri. Infeksi paling sering terjadi pada uretra dan kandung kemih.

Urinasi: buang cairan limbah dari tubuh

Ahli Urologi: seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam perawatan saluran kencing untuk pria dan wanita, dan organ genital untuk pria

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Istilah Dan Kamus Penyakit Diabetes Melitus Diabetes melitus adalah penyakit kompleks serius yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Diabetes membutuhkan perawatan diri setiap hari dan jika komplikasi berkembang, diabetes berdampak signifikan pada kualitas hidup dan dapat […]
  • Istilah Dan Kamus Dalam Penyakit Pituitari Masalah yang paling umum terjadi pada penyakit kelenjar pituitari adalah ketika tumor jinak yang juga disebut adenoma, berkembang. Tumor hipofisis bukan berarti 'tumor otak'. Istilah tumor jinak digunakan oleh dokter untuk menggambarkan […]
  • Istilah-Istilah Dalam Penyakit Kanker Payudara Ca Mammae atau Kanker payudara dimulai di sel-sel payudara selaku kelompok sel abnormal menyerang jaringan lain atau menyebar ke sekitarnya (metastasis) di daerah tubuh yang lain. Sel-sel kanker dapat menyebar dengan melepaskan diri […]
  • Istilah Dan Kamus Penyakit Herpes Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Herpes mulut menyebabkan luka dingin di sekitar mulut atau wajah. Genital herpes mempengaruhi alat kelamin, bokong atau daerah dubur. Genital herpes adalah penyakit […]
  • Istilah Dan Kamus Refluks Gastroesofagus Esophagitis adalah radang atau iritasi esofagus. Esofagus adalah tabung yang mengirimkan makanan dari tenggorokan ke lambung Anda. Refluks asam lambung berarti saat isi perut dan asam kembali masuk ke kerongkongan. Kelainan ini bisa […]