Studi: Obat Maraviroc Atasi Kanker Prostat Metastasis Tulang & Otak

Studi: Obat Maraviroc Atasi Kanker Prostat Metastasis Tulang & Otak

Obat maraviroc (Celsentri) adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi HIV dapat memperlambat penyebaran kanker prostat ke tulang dan otak, diistilahkan sebagai kanker prostat metastasis tulang atau otak.

Kanker prostat setiap pria bisa berkembang dan meluas dengan cara yang berbeda. Banyak kasus Kanker prostat tumbuh perlahan dan tidak menyebar. Namun, sebagian kecil kanker bisa agresif dan dapat menyebar ke area lain di tubuh, seperti tulang dan otak – sebuah proses yang dikenal sebagai metastasis.

Saat kanker prostat menjadi agresif dalam tubuh, seringkali menyebar ke tulang, juga otak. Periset ingin tahu mengapa ini terjadi dan bagaimana cara menghentikannya. Keterbatasan penelitian karena tidak ada model tikus kanker prostat yang andal untuk mengembangkan metastasis tulang, dan ini membuat studi menjadi sulit.

Para peneliti ingin mengembangkan model tikus kanker prostat, yang akan mengembangkan metastase tulang, dan menggunakannya untuk mempelajari kondisi ini.

Asal penelitian

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari Thomas Jefferson University di AS dan universitas lain di AS, Italia dan Meksiko. yang didanai oleh US National Institutes of Health, Dr. Ralph dan Marian C. Falk Medical Research Trust, Margaret Q. Landenberger Research Foundation Dll.

Salah satu penulisnya adalah pendiri sebuah perusahaan bernama ProstaGene, LLC dan AAA Phoenix, Inc., dan memiliki hak paten yang berkaitan dengan kanker prostat dan penggunaan obat. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal penelitian Cancer Research, secara online dan terbuka untuk umum.

Konsep penelitian

Berita tentang obat maraviroc (Celsentri), bermula dari para peneliti yang menemukan bahwa obat tersebut bisa memperlambat proses penyebaran kanker prostat ke tulang dan otak dari uji coba seekor tikus.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mempelajari sel-sel prostat pada tikus untuk mengambil karakteristik sel kanker metastatik, dan kemudian mempelajari protein mana yang berperan dalam perubahan ini.

Protein yang disebut CCR5 ditemukan terlibat dalam kanker prostat metastasis. Obat maraviroc, obat berlisensi untuk mengobati orang dengan HIV, sudah diketahui bisa menghambat protein ini. Pemberian maraviroc pada tikus yang telah disuntik dengan sel kanker prostat bisa mengurangi penyebaran kanker ke otak dan tulang lebih dari 60%.

The Independen meliput penelitian ini secara akurat dan menyatakan bahwa penelitian ini hanya pada tahap awal dan dilakukan pada tikus. The Daily Express pun juga sama memberikan ringkasan akurat dari penelitian beserta beberapa informasi tentang latar belakang kanker prostat.

Ini masih merupakan penelitian tahap awal, dan kita perlu melihat hasil percobaan manusia sebelum kita mengetahui apakah obat ini efektif untuk mencegah atau mengobati kanker prostat metastasis tulang dan otak pada manusia.

Hasil penelitian

Para peneliti memperoleh sel dari jaringan prostat tikus dan menggunakan rekayasa genetik untuk membuat mereka menghasilkan bentuk protein aktif abnormal yang disebut protein Src, sebuah protein yang mendorong sel menjadi kanker.

Sel prostat yang memproduksi protein Src abnormal secara aktif bereplikasi lebih banyak dan lebih invasif di laboratorium. Mereka tumbuh menjadi tumor jika disuntikkan di bawah kulit tikus, dan jika disuntikkan ke dalam aliran darah, mereka menyebar ke berbagai organ, termasuk tulang dan otak.

Gen yang berperan dalam jalur tertentu yang disebut jalur pensinyalan CCR5 juga menjadi lebih aktif pada sel mirip kanker prostat. Gen CCR5 juga ditemukan pada manusia dengan kanker prostat agresif, terutama jenis kanker metastatik. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa gen CCR5 dapat berkontribusi terhadap penyebaran sel kanker prostat.

Obat HIV yang disebut maraviroc menghentikan laju aktifitas protein yang dihasilkan oleh gen CCR5, sehingga para peneliti ingin menguji apakah bisa mencegah kanker metastasis. Mereka menemukan maraviroc bisa menghentikan laju sel kanker prostat invasif di laboratorium, juga mengurangi metastase lebih dari 60%.

Kesimpulan

Penelitian ini telah mengidentifikasi protein CCR5 yang berpotensi dan berperan dalam bagaimana sel kanker prostat menyebar (metastasise) melalui tubuh. Studi juga menunjukkan bahwa obat HIV sudah ada di pasaran disebut maraviroc (nama merek “Celsentri”) dapat mengurangi dan mengatasi kanker prostat metastase pada tikus.

Obat maraviroc telah memperoleh lisensi untuk penggunaan HIV, sudah ada bukti bahwa obat ini cukup aman untuk manusia. Ini bisa berarti bahwa maraviroc mungkin bisa dihandalkan untuk mengobati kanker prostat yang menyebar dan invasif pada manusia di masa depan.

Namun perlu diingat bahwa ini masih merupakan penelitian tahap awal. Periset cenderung ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa CCR5 berperan dalam penyebaran kanker prostat, dan apakah obat ini efektif untuk mencegah atau mengobati metastase kanker prostat ke tulang dan otak pada manusia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Bedah Kanker Prostat: Jenis, Tujuan, Dan Kapan Pelaksanaannya Pengobatan Kanker Prostat dengan operasi bedah adalah pengangkatan tumor dan penghapusan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Hal ini digunakan untuk mencoba untuk menghilangkan tumor sebelum menyebar di luar […]
  • Kemoterapi Kanker Prostat Dan Efek Sampingnya Pengobatan kanker prostat dengan kemoterapi adalah penggunaan obat khusus untuk menghancurkan sel-sel kanker dengan menghentikan kemampuan mereka untuk tumbuh dan membelah. Kemoterapi biasanya diberikan oleh seorang ahli onkologi […]
  • Prosedur Operasi Prostatektomi Radikal Untuk Kanker Prostat Salah satu prosedur operasi bedah untuk mengobati kanker prostat adalah prostatektomi radikal yaitu menghapus seluruh prostat. Biasanya, pria dengan penyakit stadium awal atau kanker yang terbatas pada prostat akan menjalani operasi […]
  • Terapi Radiasi Utk Kanker Prostat Dan Efek Sampingnya Terapi Radiasi adalah penggunaan sinar radiasi yang berenergi tinggi untuk merusak sel-sel kanker yang dikerjakan oleh seorang dokter terapi radiasi yang dikenal sebagai onkologi radiasi. Jenis terapi radiasi Jenis-jenis terapi […]
  • Terapi Androgen Untuk Kanker Prostat Dan Efek Samping Pengobatan kanker prostat dengan prosedur terapi deprivasi androgen atau Androgen deprivation therapy (ADT) dilakukan karena pertumbuhan sel kanker didorong oleh hormon androgen, terapi menurunkan hormon androgen disinyalir dapat […]