Pantangan Makan Setelah Operasi Prostat – Wajib Baca!

Pantangan Setelah Operasi Prostat. Di sisi lain, banyak makanan dapat berkontribusi pada pengembangan, penyebaran dan bahkan membuat kekambuhan kanker setelah Anda menjalani pengobatan, operasi kanker prostat.

Penelitian menunjukkan, misalnya, bahwa pria yang mengkonsumsi banyak daging merah mungkin berisiko lebih tinggi untuk penyakit ini.

Satu studi terbaru dari University of California, San Francisco, menemukan bahwa asupan daging panggang atau bakar – terutama daging sapi – dikaitkan dengan dua kali resiko kanker prostat yang agresif, dan meningkatkan risiko kambuh lagi.

Daging lainnya dan makanan olahan juga lebih mungkin untuk meningkatkan risiko kanker prostat berulang, jadi cobalah untuk menjaga makanan tersebut dari piring Anda. Sebaliknya, mendapatkan protein Anda melalui nabati semisal, kacang-kacangan.

Anda mungkin ingin mengambil protein dari susu. produk susu dapat mengandung asam lemak yang sama ditemukan dalam daging merah yang sebenarnya dapat meningkatkan risiko kanker prostat berulang.

Makanan dihindari setelah operasi pengobatan kanker prostat

Hindari lemak jenuh dalam daging sapi, terutama anak sapi jantan. University of California di San Francisco Medical Center menunjukkan bahwa lemak jenuh, gula sederhana, adalah bagian dari beberapa makanan yang harus dihindari setelah Anda operasi prostat.

Beberapa makanan yang harus Anda jauhi, seperti

1. Daging merah dan daging olahan

Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM), sering makan daging merah, mungkin terkait dengan peningkatan risiko kanker prostat berulang.

Hal ini mungkin disebabkan heterosiklik amina (HCA), merupakan bentuk dari karsinogen yang ditemukan dalam daging masak suhu tinggi, telah terlibat dalam pengembangan beberapa jenis kanker.

HCA adalah senyawa yang terbentuk selama memasak suhu tinggi atau memanggang. Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa baik daging merah dan olahan mungkin terkait dengan peningkatan risiko kekambuhan kanker prostat, termasuk: burger, hot dog, sosis, dll.

2. Susu kalsium tinggi

Mengkonsumsi sejumlah besar produk susu dapat meningkatkan risiko kanker prostat berulang. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, minum susu meningkatkan risiko pengembangan kanker prostat fatal.

3. Minuman yang dilarang

Jumlah besar konsumsi minuman beralk*hol ini dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan kanker prostat, dan meningkatkan kekambuhan penyakit prostat setelah operasi.

Para peneliti menggunakan data dari lebih dari 10.000 orang yang berpartisipasi dalam Percobaan Pencegahan Kanker Prostat, ditemukan bahwa peminum berat punya dua kali lebih mungkin didiagnosis dengan kanker prostat parah.

4. Lemak jenuh

Lemak jenuh telah dikaitkan jelas dengan kekambuhan kanker prostat setelah pengobatan.

Departemen Urologi di University of North Carolina School of Medicine mengidentifikasi beberapa lemak jenuh sebagai “mungkin faktor risiko” untuk kanker prostat berkembang dan berulang.

Lemak jenuh ditemukan dalam:

  • daging
  • produk susu
  • Makanan daging dipanggang
  • makanan cepat saji

Makanan Sehat Setelah Operasi Kanker Prostat

Memilih untuk makan diet yang penuh dengan buah-buahan segar dan sayuran, makanan rendah lemak lainnya akan membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan setelah operasi pengobatan kanker prostat. 

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa membuat pilihan makanan sehat dapat menurunkan risiko kekambuhan dan membantu Anda hidup lebih lama.

Menurut banyak ahli, jenis makanan sehat setelah operasi kanker prostat adalah sama dengan makanan sehat yang melindungi terhadap kekambuhan kanker prostat.

Para ahli menyarankan makan makanan nabati (seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian), protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, menghindari makanan cepat saji dan daging merah panggang/bakar/goreng sebanyak mungkin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 2 / 5. Vote count: 1

Bagikan Pada Temanmu!