Pentingnya Nutrisi Lycopene Dalam Terapi Kanker Prostat

Lycopene Untuk Kanker Prostat. Lycopene adalah karotenoid, sebuah pigmen alami yang dibuat oleh tanaman. Lycopene melindungi tanaman dari stres yang berhubungan dengan cahaya dan membantu mereka menggunakan energi matahari untuk membuat nutrisi. Lycopene ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti tomat, aprikot, jambu biji, semangka, dll.

Sumber utama lycopene dalam diet umum adalah berbasis tomat. Lycopene lebih bioavailable (mudah didapat) dalam bentuk segar yang biasa dijual di pasar.

Makan karotenoid, termasuk likopen, dapat membantu tubuh menyerap lemak. Lycopene dalam diet dapat mempengaruhi aktivitas antioksidan dan komunikasi antar sel.

Menurut penelitian laboratorium pada hewan uji telah menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat.  Namun, uji klinis tentang lycopene dalam menurunkan risiko kanker menunjukkan hasil yang beragam.

Terapi kanker prostat dengan diet lycopene

Peran lycopene dalam pengobatan kanker prostat  dengan merubah siklus pembelahan sel, yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker berkurang.

Dalam sel-sel kanker prostat yang diobati dengan lycopene, kadar kolesterol menjadi lebih rendah, menyebabkan pertumbuhan sel kanker kurang & merusak lebih banyak sel kanker.

Mengobati sel kanker prostat dengan lycopene dapat mengubah cara androgen (hormon laki-laki) yang diambil dan digunakan dalam sel, menyebabkan pertumbuhan sel kanker berkurang.

Menggabungkan lycopene dengan obat kanker standar medis dapat membantu menghentikan penyebaran berbagai jenis sel kanker prostat daripada obat prostat yang tidak digabung

Digunakan bersama-sama dengan obat kanker, likopen dapat memblok cara insulin seperti faktor pertumbuhan  (IGF) yang diambil oleh sel-sel, memblok metastasis.

Uji klinis manfaat lycopen dalam pencegahan kanker prostat

Studi pada hewan uji

Sebuah studi dari tikus yang disuntik dengan sel kanker prostat manusia menunjukkan bahwa tikus yang diobati dengan lycopene atau suplemen beta karoten memiliki pertumbuhan sel tumor berkurang.

Sebuah studi dari tikus yang disuntik dengan sel kanker prostat manusia dan diobati dengan obat kemoterapi tertentu, lycopene, atau keduanya menunjukkan bahwa kemoterapi digabung dengan lycopene, tikus hidup lebih lama dan memiliki tumor lebih kecil dari mereka yang diobati dengan kemoterapi saja.

Studi pada manusia

Studi populasi bertujuan mencari faktor-faktor risiko dan cara untuk mengendalikan penyakit pada kelompok besar manusia.

Studi populasi risiko kanker prostat telah menunjukkan hasil yang beragam sebagai berikut:

Studi populasi pada seorang pria telah menunjukkan bahwa jumlah tinggi lycopene dalam diet memiliki risiko lebih rendah untuk menderita kanker prostat.

Sebuah review th 2013 dari beberapa studi gabungan menemukan bahwa pria yang makan dalam jumlah besar tomat mentah atau dimasak, memiliki risiko sedikit lebih rendah dari risiko kanker prostat.

Sebuah studi menemukan hubungan antara lycopene dan tomat dalam risiko diet dan kanker prostat pada populasi secara keseluruhan.

Pada pria dengan riwayat keluarga penyakit, jumlah lebih tinggi dari lycopene dalam diet dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker prostat.

Uji klinis likopen dalam pengobatan kanker prostat 

Uji klinis ini dirancang untuk mempelajari apakah likopen berguna dalam mengobati kanker prostat, menunjukkan sebagai berikut:

Pria dengan kanker prostat yang belum menyebar diberi suplemen lycopene (30mg / hari) selama 3 minggu sebelum pembedahan untuk mengangkat prostat.

Mereka yang menerima suplemen lycopene memiliki tumor lebih kecil dan tingkat PSA lebih rendah daripada mereka yang tidak. Studi ini menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu dalam mengobati kanker prostat.

Studi lain dari pria dengan kanker prostat yang belum menyebar menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen lycopene (10mg / hari selama 1 tahun) memiliki PSA lebih rendah setelah perawatan.

Pria yang mengalami kekambuhan biokimia kanker prostat (kenaikan tingkat darah PSA setelah pengobatan dengan pembedahan atau radiasi) diberi dosis berbeda dari suplemen lycopene (mulai dari 15 mg / hari untuk 120 mg / hari) selama 1 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lycopene tampak aman & tidak memiliki efek samping, tapi tidak mengubah tingkat PSA pada kanker prostat biokimia kambuh.

Pria dengan kanker hormon-refractory prostat (HRPC) -tumor yang tidak merespon pengobatan dengan hormon – diberi suplemen lycopene untuk periode 3 atau 6 bulan di 2 studi yang berbeda. Studi ini menunjukkan hasil yang beragam dalam menurunkan kadar PSA pada pria dengan HRPC.

Pria dengan kanker prostat androgen-independent (tumor yang tidak perlu androgen untuk tumbuh) mengonsumsi likopen baik pasta tomat atau jus tomat setiap hari selama 4 bulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lycopene mungkin tidak efektif dalam menurunkan kadar PSA pada kanker androgen-independen.

Efek samping

Lycopene telah dikonsumsi oleh pasien kanker prostat dengan sangat sedikit efek samping dalam banyak uji klinis.

Dosis likopen mulai dari 10 sampai 120 mg / hari telah menyebabkan efek samping hanya gejala gastrointestinal sesekali (misalnya diare, mual dan muntah, kembung, gassiness dan iritasi lambung).

Dalam satu studi, gejala tersebut hilang ketika lycopene diambil menggabungkan dengan makan makanan.

Kunjungi dokter atau ahli diet Anda tentang asupan dari makanan yang mengandung likopen, atau saat Anda ingin mengambil likopen dari suplemen.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Buah Delima Mencegah Penyebaran Sel-Sel Kanker Prostat Manfaat Buah Delima Untuk Kanker Prostat. Buah delima (Punica granatum L.) merupakan tanaman asli Asia dan bisa tumbuh di seluruh kawasan Mediterania termasuk Asia Tenggara, Hindia, Afrika, dan Amerika Serikat. Delima telah digunakan […]
  • Mengobati Kanker Prostat Dgn Kulit Jeruk Pektin Mengobati Prostat Dengan Kulit Jeruk adalah dengan mengambil pektin dari kulit dan pulp buah jeruk yang dimodifikasi melalui proses dikondisikan dalam PH tinggi dan dipanaskan suhu tinggi untuk memecah molekul-molekul sehingga mudah […]
  • Uji Klinis: Diet Selenium Untuk Mencegah Kanker Prostat Selenium Untuk Kanker Prostat. Apa itu selenium? Selenium adalah mineral dan nutrisi sangat penting bagi manusia, berperan banyak bagi fungsi tubuh, termasuk reproduksi dan imunitas, biasanya ditemukan dalam protein. Selenium disimpan […]
  • Peran Kalsium dalam Tubuh Penderita Kanker Prostat Apa peranan kalsium bagi kanker prostat? Kalsium adalah mineral yang diperlukan untuk pembuluh darah dasar, otot, fungsi saraf, sinyal dari sel ke sel, dan pelepasan hormon. Tubuh menyimpan kalsium terutama di jaringan tulang. Kalsium […]
  • Diet Sehat Pasien Kanker Prostat Rekomendasi Para Ahli Diet Kanker Prostat. Pakar penelitian mengatakan bahwa diet yang benar dapat mencegah, mengurangi, dan membantu pengobatan kanker prostat Anda. Mereka menyarankan kombinasi diet untuk membatasi atau menghindari, dan memilih makanan mana […]