Prosedur Operasi Prostatektomi Radikal Untuk Kanker Prostat

Salah satu prosedur operasi bedah untuk mengobati kanker prostat adalah prostatektomi radikal yaitu menghapus seluruh prostat.

Biasanya, pria dengan penyakit stadium awal atau kanker yang terbatas pada prostat akan menjalani operasi pengangkatan seluruh kelenjar prostat, ditambah beberapa jaringan di sekitarnya, dan kemudian dokter akan menyambung kembali saluran kandung kemih ke uretra tersebut.

Prosedur bedah lanjutan dapat dilakukan pada pria dengan penyakit kanker prostat berulang, seperti penghapusan kelenjar getah bening, yang merupakan tempat pendaratan awal penyebaran kanker prostat.

Mengapa seluruh prostat harus diangkat? 

Karena kanker sudah menyerang vesikula seminalis, bagian terdekat dari vas deferens, beserta jaringan di dekatnya, dan beberapa kelenjar getah bening panggul terdekat.

Selain itu, kanker telah menyebar di seluruh kelenjar prostat, prostat harus dihilangkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sel-sel kanker tidak tertinggal dan tumbuh berkembang.

Kelenjar getah bening di panggul berbentuk bulat oval atau bulat kecil sepanjang pembuluh darah. Mereka menyaring cairan dari kelenjar getah bening.

Kanker prostat biasanya menyebar pertama ke jaringan lunak di sekitar prostat. Kemudian, menyebar ke vesikula seminalis, kelenjar getah bening, tulang dan organ lainnya. Ada banyak kelenjar getah bening lainnya. Sehingga tubuh tidak akan dirugikan dengan menghapus beberapa kelenjar getah bening.

Selama prosedur bedah prostatektomi, tak luput dari bedah prostatektomi saraf-sparing. Apa itu prostatektomi saraf-sparing? Dalam prostatektomi saraf-sparing, ahli bedah memotong ke bagian paling tepi dari prostat, sebuah saraf fungsi s*ksual yang berjalan bersama prostat.

Prosedur bedah saraf-sparing mungkin dilakukan; itu tergantung pada apakah kanker menyerang saraf atau tidak. Namun, prosedur bedah saraf-sparing menawarkan kesempatan terbaik untuk melestarikan fungsi s*ksual jangka panjang.

Operasi prostatektomi radikal

Ada empat jenis operasi prostatektomi radikal, yaitu:

1. Retropubik prostatektomi radikal

Ini adalah jenis yang paling umum dari operasi prostat. Dokter bedah Anda akan membuat potongan (irisan) di perut bagian bawah dan menghapus prostat melalui lubang irisan ini. 

2. Perineum prostatektomi radikal

Pengangkatan prostat melalui pemotongan antara anus dan skrotum. 

3. Laparoskopi Prostatektomi Radikal

Dokter bedah akan membuat enam sayatan sekitar 1 inci di perut Anda untuk menghapus kelenjar prostat. Operasi ini telah diganti dengan antarmuka sebuah robot bedah laparoskopi sebagai alat bantu.

4. Robotic Assisted Laparoscopic Radical Prostatectomy (RALP)

Seluruh prostat diangkat menggunakan bantuan sistem robot. Bedah RALP adalah salah satu jenis yang paling umum dari operasi prostat saat ini.

Namun, keberhasilan operasi ini tergantung pada seberapa berpengalaman dokter bedah Anda. Di tangan dokter ahli berpengalaman, tidak ada perbedaan hasil utama antara RALP dan prostatektomi retropubik.

Pasca Bedah Operasi

Setelah prostat dihapus, saluran kemih dan kandung kemih direkonstruksi kembali. Kemudian kateter dimasukkan melalui uretra ke dalam kandung kemih. Sebuah saluran baru antara kandung kemih dan uretra untuk mengalirkan urin (anastomosis).

Kebanyakan orang tidak mengeluarkan kentut selama satu sampai dua hari, dan mereka tidak berak sampai hari ketiga setelah operasi. Hal ini tergantung pada jumlah obat anti nyeri yang diberikan.

Setelah dokter bedah memiliki laporan patologi terakhir, dia akan membuat rencana, termasuk rencana kunjungan dokter secara teratur dan tes PSA setiap 6-12 bulan. Tingkat PSA pada pasca-operasi harus tidak terdeteksi (kurang dari 0,1 ng / mL).

Jika laporan patologi menunjukkan kanker pada margin bedah atau penyebaran kanker ke jaringan sekitarnya, vesikula seminalis, atau kelenjar getah bening, terapi lanjutan mungkin diperlukan. Terapi dapat dilakukan dengan terapi radiasi atau terapi hormon, atau keduanya. Ini akan mulai 2 sampai 4 bulan setelah operasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Kemoterapi Kanker Prostat Dan Efek Sampingnya Pengobatan kanker prostat dengan kemoterapi adalah penggunaan obat khusus untuk menghancurkan sel-sel kanker dengan menghentikan kemampuan mereka untuk tumbuh dan membelah. Kemoterapi biasanya diberikan oleh seorang ahli onkologi […]
  • 6 Pondasi Penting Dalam Pengobatan Alami Kanker Prostat Kanker prostat adalah kanker paling umum menyerang pria lanjut usia. Pada tahap awal, kanker prostat bisa diobati menggunakan pengobatan medis. Namun, Anda mungkin butuh informasi mengenai pengobatan alternatif yang mungkin memberikan […]
  • Bedah Kanker Prostat: Jenis, Tujuan, Dan Kapan Pelaksanaannya Pengobatan Kanker Prostat dengan operasi bedah adalah pengangkatan tumor dan penghapusan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Hal ini digunakan untuk mencoba untuk menghilangkan tumor sebelum menyebar di luar […]
  • Terapi Vaksinasi Sipuleucel-T Untuk Kanker Prostat Pengobatan kanker prostat dengan terapi vaksin Sipuleucel-T termasuk imunoterapi  yang dirancang untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh untuk melawan kanker. Sipuleucel-T disesuaikan untuk setiap pasien. Sebelum pengobatan, […]
  • Terapi Androgen Untuk Kanker Prostat Dan Efek Samping Pengobatan kanker prostat dengan prosedur terapi deprivasi androgen atau Androgen deprivation therapy (ADT) dilakukan karena pertumbuhan sel kanker didorong oleh hormon androgen, terapi menurunkan hormon androgen disinyalir dapat […]