Terapi Radiasi Utk Kanker Prostat Dan Efek Sampingnya

Terapi Radiasi adalah penggunaan sinar radiasi yang berenergi tinggi untuk merusak sel-sel kanker yang dikerjakan oleh seorang dokter terapi radiasi yang dikenal sebagai onkologi radiasi.

Jenis terapi radiasi

Jenis-jenis terapi radiasi digunakan untuk pengobatan kanker prostat termasuk:

1. Terapi sinar radiasi eksternal. 

Ini adalah jenis yang paling umum dari pengobatan radiasi. Dokter ahli menggunakan mesin yang terletak di luar tubuh untuk memfokuskan sinar x-ray pada daerah kanker.

Beberapa pusat pengobatan kanker menggunakan terapi konformal radiasi (Conformal Radiation Therapy – CRT), di mana komputer membantu memetakan lokasi dan bentuk kanker.

2. Terapi sinar radiasi intensitas termodulasi (Intensity-Modulated Radiation Therapy – IMRT). 

IMRT adalah jenis terapi sinar radiasi eksternal yang menggunakan CT scan untuk membentuk gambar 3-dimensi prostat sebelum pengobatan.

Sebuah monitor komputer mengambil informasi ini tentang ukuran, bentuk, dan lokasi kanker prostat dan menentukan berapa banyak radiasi yang dibutuhkan untuk menghancurkannya.

Dengan IMRT, radiasi dosis tinggi dapat diarahkan pada prostat tanpa meningkatkan risiko merusak organ terdekat.

3. Terapi sinar proton. 

Terapi sinar proton adalah jenis terapi radiasi eksternal yang menggunakan sinar proton untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Penelitian saat ini belum menunjukkan bahwa terapi proton memberikan manfaat lebih untuk pria dengan kanker prostat dibandingkan terapi radiasi tradisional, biaya juga lebih mahal.

4. Terapi radiasi internal 

Terapi radiasi internal atau brachytherapy adalah penyisipan sumber radioaktif langsung ke prostat.

Sinar radioaktif melepaskan radiasi hanya sekitar daerah di mana mereka dimasukkan dan dapat digunakan untuk jam (tingkat dosis tinggi) atau minggu (tingkat dosis rendah).

Bagi seorang pria dengan kanker yang berisiko tinggi, brachytherapy biasanya dikombinasikan dengan perawatan lain.

5. Radium-223. 

Radium-223 diklorida (Xofigo) adalah sejenis zat radioaktif. Radium-223 memberikan radiasi langsung ke tumor yang ditemukan di tulang, membatasi kerusakan jaringan sehat.

Menurut hasil uji klinis yang diterbitkan pada tahun 2013, pengobatan dengan radium-223 mengurangi risiko komplikasi tulang dan meningkatkan kelangsungan hidup.

Efek samping

Terapi radiasi dapat menyebabkan efek samping langsung seperti

– Diare atau masalah lain dengan fungsi dubur, seperti sering kentut, perdarahan, dan kehilangan kontrol buang air besar

– Peningkatan dorongan berkemih

– Meningkatkan frekuensi; kelelahan; ketidakmampuan; dan ketidaknyamanan dubur, sensasi rasa terbakar, atau sakit.

– DE (Disfungsi Er*ksi)

Sebagian besar efek samping biasanya hilang setelah pengobatan, tetapi efek samping seperti DE biasanya permanen.

Banyak efek samping dari terapi radiasi mungkin tidak muncul pada bulan atau tahun kedepan setelah perawatan.

Kebanyakan orang mengharapkan untuk mengalami efek samping saat menerima pengobatan. Namun, seringkali efek samping datang dan dapat berlama-lama di luar masa pengobatan. Ini disebut efek samping jangka panjang.

Selain itu, efek lain yaitu efek samping akhir dapat mengembangkan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sesudahnya. Efek samping jangka panjang dan efek akhir dapat mencakup perubahan baik fisik dan emosional.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko efek samping berdasarkan stadium kanker, rencana perawatan individu, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki pengobatan diketahui menyebabkan efek akhir tertentu, Anda mungkin memiliki pemeriksaan, scan, atau tes darah tertentu dari fisik anda sendiri untuk membantu menemukan dan mengatur keadaan ini.

Sumber : http://www.cancer.net/cancer-types/prostate-cancer/treatment-options

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Terapi Androgen Untuk Kanker Prostat Dan Efek Samping Pengobatan kanker prostat dengan prosedur terapi deprivasi androgen atau Androgen deprivation therapy (ADT) dilakukan karena pertumbuhan sel kanker didorong oleh hormon androgen, terapi menurunkan hormon androgen disinyalir dapat […]
  • Bedah Kanker Prostat: Jenis, Tujuan, Dan Kapan Pelaksanaannya Pengobatan Kanker Prostat dengan operasi bedah adalah pengangkatan tumor dan penghapusan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Hal ini digunakan untuk mencoba untuk menghilangkan tumor sebelum menyebar di luar […]
  • 6 Pondasi Penting Dalam Pengobatan Alami Kanker Prostat Kanker prostat adalah kanker paling umum menyerang pria lanjut usia. Pada tahap awal, kanker prostat bisa diobati menggunakan pengobatan medis. Namun, Anda mungkin butuh informasi mengenai pengobatan alternatif yang mungkin memberikan […]
  • Prosedur Operasi Prostatektomi Radikal Untuk Kanker Prostat Salah satu prosedur operasi bedah untuk mengobati kanker prostat adalah prostatektomi radikal yaitu menghapus seluruh prostat. Biasanya, pria dengan penyakit stadium awal atau kanker yang terbatas pada prostat akan menjalani operasi […]
  • Kemoterapi Kanker Prostat Dan Efek Sampingnya Pengobatan kanker prostat dengan kemoterapi adalah penggunaan obat khusus untuk menghancurkan sel-sel kanker dengan menghentikan kemampuan mereka untuk tumbuh dan membelah. Kemoterapi biasanya diberikan oleh seorang ahli onkologi […]