Kanker Tulang

Kanker Tulang

Ada beberapa tipe-tipe kanker tulang. Sebagian besar dari tipe-tipe kanker tulang adalah tipe primer namun masih dalam kategori tumor yang disebut sarkoma.

Apa itu sarkoma? Sarkoma adalah sejenis kanker yang menyerang jaringan lunak seperti otot dan saraf serta tulang. Sarkoma memiliki beragam fitur berdasar tingkat molekuler dan seluler sehingga tidak semua penyakit tulang sarkoma dapat merespon jenis perawatan yang sama.

1. Kanker tulang tipe Osteosarkoma

Osteosarcoma merupakan jenis kanker tulang primer yang paling umum, menyumbang sekitar sepertiga dari kasus. Kanker ini terutama menyerang anak-anak dan dewasa muda antara usia 10 dan 25 tahun.

Ciri-ciri kanker tulang Osteosarcoma: sel kanker primerdimulai pada ujung tulang, di mana jaringan baru terbentuk ketika anak-anak tumbuh, terutama di lutut.

2. Kanker tulang tipe Chondrosarkoma

Chondrosarcoma adalah salah satu jenis kanker tulang primer yang paling umum menyerang orang dewasa berusia di atas 50 tahun. Kanker ini mendapat tempat sekitar seperempat dari semua kasus kanker tulang primer.

Ciri-ciri Kanker tulang Chondrosarkoma: sel kanker primer terbentuk di tulang rawan, biasanya di sekitar panggul, lutut, bahu, atau bagian atas paha.

3. Kanker tulang tipe Ewing Sarcoma

Kanker tulang Ewing Sarcoma menyerang anak-anak dan remaja antara usia 10 dan 25 tahun. Sarkoma Ewing bertanggung jawab atas sekitar 15 persen dari semua kasus kanker tulang primer.

Ciri-ciri kanker tulang Sarkoma Ewing: kanker menyerang bagian tengah tulang, paling sering di pinggul, tulang rusuk, lengan atas, dan paha.

4. Kanker tulang tipe Fibrosarkoma

Fibrosarkoma adalah kanker tulang primer ganas yang terdiri dari fibroblas (sel jaringan ikat yang menghasilkan kolagen di jaringan parut). Fibrosarcoma terbentuk sebagai massa di jaringan lunak atau dapat ditemukan di tulang.

Ciri-ciri kanker tulang Fibrosarkoma : ada benjolan atau massa dengan atau tanpa rasa sakit dan nyeri tulang yang terkait. Fibrosarcoma biasanya muncul di lutut atau pinggul.

5. Tumor sel raksasa

Tumor sel raksasa (GCT – Giant cell tumours) adalah tumor jinak non-kanker yang berkembang di tulang, biasanya di tulang panjang seperti lengan dan kaki, kadang di ujung tulang di sebelah sendi.

Meskipun GCT adalah tumor jinak, namun GCT dapat tumbuh cepat dan merusak tulang yang terkena dan berpotensi menyebar ke jaringan lunak di sekitarnya.

Ciri-ciri tumor tulang GCT: tulang terasa sakit, ada pembengkakan di area tumor, tulang mudah patah (fraktur)

6. Tipe Kanker tulang Adamantinoma

Adamantinoma adalah bentuk langka kanker tulang primer yang paling sering terjadi di pusat tibia (tulang kering) dan mempengaruhi fibula (tulang betis) biasanya terjadi di tulang kering.

Meskipun adamantinomas tumbuh lambat, namun mampu menyebar ke area tubuh lain dari waktu ke waktu,

Ciri-ciri: sel kanker cepat menyebar ke area termasuk saluran pusat tulang, otot di dekatnya, jaringan lunak di dekatnya, tulang-tulang lain, bahkan hingga paru-paru dan kelenjar getah bening.

7. Tipe Kanker tulang Chordoma

Chordoma adalah tipe kanker tulang yang muncul di sakrum (bagian bawah tulang belakang), dasar tengkorak dan kadang di tulang belakang.

Ciri-ciri kanker tulang Chordoma: Nyeri tulang terutama terjadi pada malam hari, ada pembengkakan, gerakan terbatas pada sambungan tulang

Sebagian besar kasus, Chordoma paling sering ditemukan di sakrum, yaitu bagian bawah tulang belakang, atau tulang ekor.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Pengobatan Kanker Tulang dan Efek Sampingnya Pilihan pengobatan kanker tulang tergantung pada jenis kanker itu sendiri, seberapa jauh penyebarannya dan kondisi kesehatan Anda secara umum. Rencana pengobatan yang direkomendasikan mungkin kombinasi dari: 1. Operasi untuk mengangkat […]
  • Tahapan Dan Stadium Kanker Tulang Belakang Dokter menggunakan berbagai tes diagnostik untuk mengevaluasi tingkat stadium kanker tulang belakang. Cara menentukan stadium kanker tulang belakang adalah dengan mengetahui lokasi, jenis, ukuran dan tingkat tumor tulang belakang Proses […]
  • Penyebab Dan Gejala-Gejala Kanker Tulang Belakang Apa itu kanker tulang belakang? Kanker tulang belakang adalah tumor ganas yang berkembang di tulang, saraf, dan jaringan lain seperti sumsum yang membentuk tulang belakang, dimana komponen-komponen tersebut memfasilitasi gerakan dan […]
  • Kanker Prostat Apa itu kanker prostat? Kanker prostat adalah sebuah tumor ganas yang menyerang kalenjar prostat. Prostat merupakan sebuah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang seukuran buah kenari, terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi […]
  • Penyebab Osteosarkoma: Kanker Tulang Pada Anak-Anak Faktor risiko adalah segala sesuatu yang mungkin menjadi suatu penyebab seseorang untuk mengembangkan kondisi atau penyakit tertentu, seperti kanker tulang. Pada orang dewasa, faktor gaya hidup dan lingkungan (seperti merokok atau paparan […]