Tahapan Dan Stadium Kanker Tulang Belakang

Stadium Kanker Tulang Belakang

Dokter menggunakan berbagai tes diagnostik untuk mengevaluasi tingkat stadium kanker tulang belakang. Cara menentukan stadium kanker tulang belakang adalah dengan mengetahui lokasi, jenis, ukuran dan tingkat tumor tulang belakang

Proses grading (mengukur stadium) dengan menilai tingkat penyebaran kanker di luar situs asal (tumor primer). Grading kanker tulang belakang dapat membantu dokter untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan penderita.

Kanker tulang belakang stadium 1 – Stadium awal

Pada stadium kanker tulang belakang tahap 1 (tingkat rendah), tumor tumbuh perlahan dan jarang menyebar ke jaringan di dekatnya. Pada stadium 1, pengobatan dimungkinkan dengan mengangkat tumor melalui prosedur operasi bedah.

Ciri-ciri kanker tulang belakang stadium 1

Kanker belum menyebar ke area lain. Berdasar diagnosa dan ciri-ciri, kanker tulang belakang tahap 1 dibagi menjadi 2

– Kanker tulang belakang stadium 1A

Ini adalah kanker tulang belakang tahap awal dengan ukuran tumor kurang dari 8 cm.

– Kanker tulang belakang stadium 1B

Stadium kanker tulang belakang tahap awal dengan ukuran tumor lebih sedikit dari 8 cm. Atau ada kanker lebih dari satu di lokasi tulang yang sama.

Kanker tulang belakang stadium 2

Pada stadium kanker tulang belakang tahap 2, tumor tumbuh perlahan, tetapi punya kemampuan untuk bermetastasis atau dapat menyebar ke jaringan di dekatnya. Kanker bisa bersifat rekurensi atau kembali kambuh setelah diobati.

Ciri-ciri: Pada kanker tulang belakang tahap 2, dibagi menjadi dua

Kanker tulang belakang stadium 2A

Ini adalah tumor kelas tinggi dengan ukuran kurang dari 8 cm. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening dan belum ada metastasis.

Kanker tulang belakang stadium 2B

Ini adalah tumor kelas tinggi, ukuran tumor lebih dari 8 cm. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening dan belum ada metastasis.

Kanker tulang belakang stadium 3

Pada stadium kanker tulang belakang tahap 3, tumor tumbuh dengan cepat, kemungkinan akan menyebar ke jaringan di dekatnya dan sel-sel tumor terlihat jelas sangat berbeda dari sel normal.

Ciri-ciri: kanker tulang belakang stadium 3 merupakan tumor kelas tinggi dengan jumlah lebih dari satu tempat di tulang yang sama. UKuran kanker lebih dari 8 cm.

Kanker tulang belakang stadium 4

Pada stadium kanker tulang belakang tahap 4 (tingkat tinggi), tumor tumbuh dan menyebar dengan sangat cepat, dan sel-sel tumor tulang belakang berbeda atau tidak terlihat seperti sel normal. Kanker bisa menyebar ke otak (metastatis otak)

Ciri-ciri: berdasar diagnosa, kanker tulang belakang stadium 4 dibagi dua

Kanker tulang belakang stadium 4A

Stadium ini adalah ukuran atau tingkat tumor metastatik yang telah menyebar ke paru-paru.

Kanker tulang belakang stadium 4B

Stadium ini berarti ukuran atau tingkat tumor yang telah menyebar ke kelenjar getah bening dan / atau bagian tubuh, disamping paru-paru.

Bagikan Pada Temanmu!