Penyebab Osteosarkoma: Kanker Tulang Pada Anak-Anak

Faktor risiko adalah segala sesuatu yang mungkin menjadi suatu penyebab seseorang untuk mengembangkan kondisi atau penyakit tertentu, seperti kanker tulang. Pada orang dewasa, faktor gaya hidup dan lingkungan (seperti merokok atau paparan bahan kimia tertentu) dapat menjadi faktor risiko yang signifikan untuk mengembangkan jenis kanker tertentu.

Pada anak-anak, sangat sedikit faktor risiko telah diidentifikasi yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker. Untuk kebanyakan anak-anak dengan kanker, penyebab pasti belum diketahui.

Bahkan jika anak Anda memiliki faktor risiko, itu bukan berarti menjadi penyebab utama, dan akan mengembangkan kanker tulang. Banyak anak memiliki faktor risiko namun tidak menderita kanker tulang.

Sementara, anak-anak lain menderita kanker tulang namun mereka tidak mungkin tidak memiliki faktor risiko. Bahkan, jika seorang anak memiliki faktor risiko untuk mengembangkan kanker, sulit untuk mengetahui berapa banyak faktor risiko untuk penyebab kanker tulang pada anak-anak.

Penyebab kanker tulang pada anak-anak tidak dipahami sepenuhnya dengan baik, tetapi beberapa faktor yang terkait dengan kemungkinan lebih tinggi seorang mengembangkan kanker tulang adalah sebagai berikut.

Faktor Genetika/keturunan

Beberapa penyakit kanker seperti penyakit Paget, dapat meningkatkan kemungkinan anak Anda mengembangkan osteosarcoma.

Kondisi genetik/keturunan yang memengaruhi orang untuk terkena kanker juga dapat meningkatkan risiko anak Anda mengembangkan osteosarcoma (kanker tulang yang terbentuk dari sel osteoblas, kanker tumbuh di ujung tulang panjang, seperti lengan atau kaki)

Ini termasuk:

retinoblastoma herediter
Anemia Diamond-Blackfan
Sindrom Li-Fraumeni
Sindrom Rothmund – Thomson
Sindrom Bloom
Sindrom Werner.

Jika anak Anda didiagnosis dengan salah satu kondisi genetik ini, mereka memerlukan tindak lanjut khusus. Penyebab kanker tulang pada anak-anak yang terkait genetik juga dapat mempengaruhi risiko bagi anggota keluarga lainnya.

Paparan radiasi

Jika anak Anda telah menjalani perawatan dengan terapi radiasi di masa lalu, mereka mungkin memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mengembangkan osteosarkoma di area yang dirawat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!