Gejala & Ciri-Ciri Kanker Dubur/Rektum: Tinja Berdarah, Sembelit, Obstruksi Dll

Gejala & Ciri-Ciri Kanker Dubur/Rektum: Tinja Berdarah, Sembelit, Obstruksi Dll

Kanker rektum/dubur menyebabkan banyak gejala. Namun terkadang, kanker rektum hadir tanpa gejala apapun, itulah arti pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin.

Ciri-ciri, gejala dan tanda-tanda kanker dubur/rektum yang harus diperhatikan adalah ketika membuat penyakit telah membuat banyak masalah. Lebih dari 90% penderita kanker rektum memiliki salah satu dari kombinasi gejala dan ciri-ciri berikut:

1. Perubahan rutinitas buang air besar.

Ada perubahan yang terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar – tinja lebih encer disertai diare (perut terasa sakit)

2. Tinja berdarah

Ada darah dalam tinja (80% individu dengan kanker rektum) dan ini bukan gejala wasir (haemorrhoids). Meski banyak kasus tinja berdarah disebabkan wasir, Anda harus memberitahu dokter bila terjadi pendarahan di anus/dubur.

Pendarahan yang terus menerus dapat menyebabkan anemia, kelelahan, sesak napas, sakit kepala, atau detak jantung yang cepat.

3. Penurunan berat badan

Nyeri perut, ketidaknyamanan perut atau kembung selalu terjadi setelah makan makanan. Dan terkadang, menurunkan selera makan sehingga terjadi penurunan berat badan.

Kadang, Kanker rektum menyebabkan penurunan berat badan dengan cara yang tidak dapat dijelaskan dan memerlukan evaluasi medis.

4. Sembelit

Konstipasi/sembelit, di mana tinja menjadi lebih keras, biasanya disebabkan oleh tumor rektum menyumbat usus, disebut obstruksi usus.

Massa kanker rektum bisa tumbuh besar sehingga mencegah aliran tinja. Penyumbatan ini bisa menyebabkan sembelit parah atau nyeri saat buang air besar. Selain itu, sakit perut, ketidaknyamanan, atau kram bisa terjadi karena penyumbatan.

5. Obstruksi usus

Dalam beberapa kasus, kanker rektum bisa menyumbat aliran limbah pencernaan yang melewati usus. Ini dikenal sebagai obstruksi usus.

Ciri-ciri obstruksi usus bisa meliputi:

– Sakit perut bagian bawah secara terus menerus setelah makan
– Penurunan berat badan yang tidak disengaja – dengan nyeri perut yang persisten
– Pembengkakan perut dengan nyeri perut,
disertai muntah

6. Merasa sulit mengosongkan usus

Seseorang dengan kanker dubur mungkin memiliki sensasi bahwa tinja tidak dapat dievakuasi atau dikeluarkan sepenuhnya setelah buang air besar.

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter Anda jika beberapa gejala bertahan selama lebih dari empat minggu. Cobalah minta saran tentang perawatan apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki gejala.

Temui dokter Anda lebih sering jika gejala tetap ada atau hilang dan pergi setelah Anda berhenti minum obat karena obat habis, terlepas dari tingkat keparahan atau berapa pun usia Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Operasi Kanker Usus Besar: Kolektomi Terbuka, Laparoskopi & Robotik Bedah operasi kanker usus besar untuk tahap awal biasanya hanya menghilangkan atau mengangkat sedikit lapisan dinding usus besar (lapisan mukosa), yang dikenal sebagai bedah eksisi lokal. Jika kanker menyebar ke otot yang mengelilingi […]
  • Apakah Kanker Kolon Dan Kanker Rektum Bisa Disembuhkan? Penyembuhan dan pengobatan untuk kanker usus besar (kolon) dan kanker rektum (anus) bergantung pada bagian usus mana yang terpengaruh dan seberapa jauh kanker telah menyebar. Operasi bedah merupakan perawatan utama untuk kanker kolon dan […]
  • Tanda-Tanda & Gejala Kanker Usus Telah Menyebar Ke Organ Lain Kanker kolorektal terjadi ketika sel abnormal tumbuh di kolon atau rectum. Sel-sel abnomral ini tumbuh bersama dan membentuk polip usus. Seiring waktu, polip usus bisa berubah menjadi kanker, disebut kanker usus besar atau kanker dubur, […]
  • Tanda dan Gejala Leukemia Akut Saat Sel-Sel Limfoblast Bereaksi Gejala leukemia limfoblastik akut cenderung menyerupai kondisi medis lainnya, namun setiap individu mungkin mengalami gejala berbeda. Gejala yang muncul dapat berupa gejala spesifik atau gejala umum akibat tubuh memproduksi sel blast atau […]
  • IStilah Dan Kamus Kanker USus Kanker kolorektal adalah kanker kolon (usus besar) atau rektum. Dalam kasus yang paling sulit - ketika kanker telah menyebar ke hati, paru-paru atau tempat lain - operasi menjadi pilihan bagi banyak orang, serta memperpanjang dan […]