Operasi Kanker Rektum: Reseksi Lokal, Total, Anterior & Abdominoperineal

Operasi Kanker Dubur

Ada beberapa jenis operasi kanker dubur/rektum yang bisa dilakukan tergantung seberapa jauh kanker telah menyebar. Umumnya, beberapa operasi sepenuhnya melalui bagian bawah (anus), tanpa perlu sayatan perut.

Beberapa teknik utama untuk operasi kanker rektum yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Reseksi lokal

Jika Anda memiliki kanker rektum stadium awal yang sangat kecil, ahli bedah bisa mengeluarkannya dalam operasi yang disebut reseksi lokal (transanal, melalui reseksi bawah).

Dokter bedah menempatkan endoskopi melalui bagian anus dan menyingkirkan kanker dari dinding rektum.

2. Eksisi mesenterium total

Dalam kebanyakan kasus, reseksi lokal tidak mungkin dilakukan saat ini. Sebagai gantinya, area rektum yang lebih besar mungkin perlu dilepas. Jenis operasi ini dikenal sebagai Eksisi mesenterium total (TME – total mesenteric excision).

Daerah yang dilepas mencakup batas jaringan rektum yang bebas dari sel kanker, serta jaringan lemak dari sekitar usus (mesenterium). Jenis operasi mesenterium total ini bergantung pada tempat di rmana kanker rektum berada

Melepaskan mesenterium dapat membantu memastikan semua sel kanker diangkat dengan tujuan menurunkan risiko kanker kambuh pada tahap selanjutnya.

Ada dua jenis utama operasi mesenterium total, yaitu

Reseksi anterior bawah

Reseksi anterior bawah adalah prosedur yang digunakan untuk mengobati kasus dimana kanker rektum berada jauh dari otot sfingter yang mengendalikan gerakan usus.

Dokter bedah akan membuat sayatan di perut Anda dan menyingkirkan sebagian rektum, serta beberapa jaringan sekitarnya untuk memastikan apakah kelenjar getah bening yang mengandung sel kanker untuk dikeluarkan juga.

Ahli bedah kemudian menempelkan usus besar ke bagian paling bawah rektum atau bagian atas saluran anal/anus. Terkadang mereka mengubah ujung usus besar menjadi kantong internal untuk menggantikan rektum.

Anda mungkin memerlukan stoma sementara (mengeluarkan usus keluar perut untuk mengalirkan tinja atau urin), untuk memberi kesempatan sembuh di bagian usus yang tersambung.

Reseksi Abdominoperineal

Reseksi Abdominoperineal digunakan untuk mengobati kasus dimana kanker berada di bagian paling bawah rektum Anda.

Dalam kasus ini, biasanya bedah diperlukan untuk menghilangkan seluruh otot rektum dan sekitarnya untuk mengurangi risiko kanker tumbuh kembali di daerah yang sama.

Reseksi Abdominoperineal melibatkan pengangkatan, penutupan anus dan melepaskan otot sfingternya, jadi tidak ada pilihan selain menjalani prosedur stoma permanen setelah operasi berlangsung.

Ahli bedah kanker usus selalu melakukan dengan memilih cara terbaik untuk menghindari pemberian stoma permanen kepada pasien, diusahakan sedapat mungkin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Operasi Kanker Usus Besar: Kolektomi Terbuka, Laparoskopi & Robotik Bedah operasi kanker usus besar untuk tahap awal biasanya hanya menghilangkan atau mengangkat sedikit lapisan dinding usus besar (lapisan mukosa), yang dikenal sebagai bedah eksisi lokal. Jika kanker menyebar ke otot yang mengelilingi […]
  • Komplikasi & Efek Samping Pasca Operasi Kanker Kolon Dan Rektum Efek samping yang umum dari operasi kanker usus besar dan kanker rektum (anus/dubur/anal) membawa banyak risiko yang sama seperti operasi besar lainnya, termasuk: pendarahan, infeksi, bekuan darah, masalah jantung dan gangguan […]
  • Operasi Stoma Kanker Kolon Dan Rektum: Ileostomi Dan Kolostomi Operasi stoma kanker rektum adalah bila bagian usus dikeluarkan dari perut untuk mengalihkan kotoran baik tinja atau urin, guna memberi kesempatan usus pasca operasi kanker untuk tersambung dan sembuh. Kotoran untuk sementara dialihkan […]
  • NSAID Meningkatkan Kelangsungan Hidup Survivor Kanker Usus Penggunaan NSAID atau obat antiinflamasi nonsteroid, dikaitkan dengan pengurangan angka kematian survivor kanker usus sekitar 25 persen, menurut penelitian terbaru dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson yang akan dipublikasikan 15 […]
  • Apa Itu Obat Carboplatin? Apa Fungsinya? Obat Kemoterapi Carboplatin adalah jenis obat kemo untuk mengobati kanker payudara sekunder, lokal stadium lanjut dan kanker payudara primer (belum menyebar). Obat carboplatin tersedia di beberapa rumah sakit kanker Manfaat obat […]