Manfaat Baking Soda Untuk Pengobatan Diabetik Ketoasidosis

Manfaat Baking Soda Untuk Pengobatan Diabetik Ketoasidosis

Terapi Baking Soda Untuk Diabetes Ketoasidosis. Diabetes yang tidak dirawat dapat mengembangkan komplikasi diabetik ketoasidosis yang mengasamkan tubuh, baking soda atau natrium bikarbonat bisa menyeimbangkan PH tubuh.

Diabetik ketoasidosis adalah salah satu komplikasi diabetes yang ditandai dengan mual atau muntah, mulut kering, nafas buah, pernapasan dalam dan nyeri perut.

Ketoasidosis diabetik terjadi ketika lemak dan protein digunakan sebagai sumber energi utama tubuh menghasilkan keton dalam jumlah banyak, menumpuk dan mengasamkan cairan tubuh, yang bisa dinetralkan dengan terapi sodium bikarbonat atau baking soda.

Sodium bikarbonat tersedia dalam berbagai bentuk, seperti larutan, serbuk, tablet, atau kapsul.

Manfaat baking soda untuk penderita diabetes

Penderita diabetes rentan terhadap ketoasidosis karena pembatasan karbohidrat dan ketidakmampuan tubuh untuk memetabolisme glukosa.

Dalam tubuh normal, karbohidrat diubah oleh tubuh menjadi glukosa, berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Namun, tubuh diabetes memulai proses lipolisis dan proteolisis, atau metabolisme lemak dan protein.

Sebagai hasil dari kedua mekanisme ini, hati melepaskan keton yang terakumulasi dalam cairan tubuh, yang meningkatkan keasaman cairan tubuh.

Tingkat pH di bawah 7,0 mengindikasikan onset ketoasidosis. Baking soda atau natrium bikarbonat bersifat basa yang akan menetralkan keasaman darah dan urin sehingga mengembalikan tingkat pH menjadi 7,4.

Tingkat pH cairan tubuh lebih besar dari 7.0 akan mengaktifkan kembali fungsi insulin, melanjutkan metabolisme glukosa dan menghentikan proses lipolisis dan proteolisis.

Baking soda meningkatkan fungsi hati dan pankreas

Keasaman tubuh yang tinggi adalah kondisi yang melemahkan semua sistem tubuh. Kelebihan keasaman memaksa tubuh untuk menetralkannya dengan meminjam mineral – termasuk sodium, kalsium, potasium dan magnesium – yang berasal dari organ vital dan tulang. Akibatnya, tubuh bisa mengalami ‘korosif’

Pankreas adalah salah satu organ tubuh kita yang bertanggung jawab untuk “alkalinisasi tubuh”. Tingkat pH yang sangat asam menempatkan risiko untuk pankreas, hati, dan semua organ tubuh.

Hati juga berperan dalam menghilangkan limbah asam dari tubuh, fungsi hati menjadi sangat buruk sangat berisiko saat asam menumpuk. Bila keasaman mencegah hati dan pankreas mengatur gula darah, risiko diabetes akan meningkat.

Mengkonsumsi baking soda atau sodium bikarbonat dapat menetralkan keasaman cairan tubuh jika diminum dengan dosis yang benar sesuai anjuran dokter.

Baking soda mencegah gagal ginjal, kebutaan dan gangren

Natrium bikarbonat akan menetralkan keasaman tubuh. Keseimbangan pH yang tidak tepat membuat penderita diabetes berisiko lebih besar mengalami komplikasi seperti gagal ginjal, gangren dan kebutaan.

Diabetes menderita kelebihan glukosa dalam aliran darah, glukosa tidak bisa dikirim dengan benar ke sel karena tubuh kekurangan insulin.

Hati menyerap lebih banyak kelebihan glukosa, sehingga mengganggu kemampuannya untuk membuang racun dari tubuh. Seiring racun berlipat ganda, tingkat asam dalam tubuh meningkat.

Asam bisa menempel dan mengeras dinding sel sehingga mencegah sel menyerap nutrisi. Akhirnya, sel-sel mati akibat kekurangan nutrisi, menyebabkan kebutaan dan gangren.

Darah yang terlalu asam menyebabkan gagal ginjal jika tidak diobati. Tingkat keasaman darah yang kronis menyebabkan retardasi pertumbuhan, batu ginjal, penyakit tulang, penyakit ginjal kronis, dan kemungkinan gagal ginjal total.

Tujuan terapi baking soda adalah menetralkan asam dalam darah, dan ini dilakukan dengan injeksi sodium bikarbonat dan oral.

Efek samping

Sebuah studi, “Journal of the American Society of Nephrology” menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2009 yang melaporkan bahwa pengobatan diabetik ketoasidosis dengan terapi sodium bicarbonate telah dikaitkan dengan kematian.

Ini adalah akibat efek samping pemakaian baking soda secara terus menerus sehingga terjadi penurunan tekanan dan penurunan curah darah di jantung.

Pencegahan efek samping

Untuk menghindari efek samping baking soda, tambahkan kombinasi yang tepat dari jus sayuran segar untuk membantu tubuh menghilangkan limbah asam atau basa yang berlebihan.

Batasi karbohidrat olahan dari makanan Anda. Karbohidrat olahan tidak hanya mengganggu keseimbangan gula darah Anda, tapi juga meningkatkan keasaman tubuh Anda.

Diskusikan masalah ini dengan dokter yang menangani diabetes Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Magnesium Sitrat Bagi Tubuh Diabetes Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh penderita diabetes. Hypomagnesaemia atau kekurangan magnesium sering terlihat pada pasien diabetes sehingga mereka butuh tambahan suplementasi magnesium untuk melengkapi kebutuhan […]
  • Suplemen CoQ10 Vs Diabetes Terinduksi Statin Apakah Anda mengonsumsi statin untuk menurunkan kolesterol darah? Perlu diketahui bahwa statin bisa meningkatkan risiko diabetes. Namun, peran suplementasi CoQ10 bisa menangani masalah ini. Suplemen CoQ10 bisa menurunkan resiko diabetes […]
  • Ternyata, Cabe Rawit Bisa Turunkan Gula Darah Cabai rawit, makanan penurun gula darah. Lombok rawit merupakan aditif makanan alami yang memberikan kontribusi signifikan terhadap rasa enak dari makanan yang kita makan. Dalam beberapa literatur budaya, rempah-rempah ini juga telah […]
  • Costus Sp – Tanaman Penghasil Insulin, Manfaat Dan Cara Menanamnya Costus igneus, atau tanaman penghasil insulin, juga disebut Fiery Costus atau Spiral Flag, adalah anggota keluarga Costaceae, asli dari daerah tropis di dunia. Di India, tanaman ini dikatakan dalam pepatah "satu daun insulin membuat […]
  • Sumber Lemak Sehat Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh Diabetes Sumber Lemak Sehat Untuk Diet DM Tipe 1 dan 2. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh, seorang diabetesi baik itu diabetes melitus tipe 1 dan 2 juga butuh lemak yang sehat dalam rangka perawatan dan pengobatan alternatif diabetes di […]