Studi: Turunkan Gula Darah Setelah Makan Dengan Jalan Kaki 10 Menit

Studi: Turunkan Gula Darah Setelah Makan Dengan Jalan Kaki 10 Menit

Hanya dengan jalan sehat (JJS) selama 10 menit setelah makan adalah cara tepat dan efektif untuk menurunkan gula darah setelah makan sebanyak 12 % ketimbang jalan kaki 30 menit per hari.

Kesimpulan ini diambil dari sebuah penelitian tentang apakah berjalan kaki 10 menit tiap setelah makan bisa menurunkan kadar glukosa darah lebih rendah pada penderita diabetes tipe 2, daripada satu kali berjalan menit 30 setiap hari.

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of Otago di Selandia Baru, didanai oleh Universitas Otago dan New Zealand Artificial Limb Service. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal peer-reviewed Diabetologia.

Para peneliti tidak menjelaskan mengapa jalan kaki setelah makan lebih efektif menurunkan glukosa dalam darah. Namun, mereka yakin berjalan sebentar pada setiap setelah makan bisa mengurangi kebutuhan suntikan insulin dan membantu kontrol berat badan dengan lebih sehat, terutama setelah makan karbohidrat, seperti roti, nasi, atau kentang.

Karena aktivitas fisik adalah cara alami menurunkan kadar glukosa darah, penting bagi penderita diabetes untuk berolahraga secara teratur. Rekomendasi olah raga untuk diabetes saat ini adalah melakukan aktivitas aerobik 150 menit dalam seminggu, seperti bersepeda atau berjalan cepat.

Namun, temuan ini sangat menarik jika dikonfirmasi penelitian lebih lanjut, bisa berarti perubahan gaya hidup sederhana ini akan menguntungkan penderita diabetes.

Bagaimana studi ini dilakukan?

Studi melibatkan beberapa penderita diabetes tipe 2 dewasa yang berusia 18 sampai 75 tahun. Rekrutmen berasal dari orang umum, pihak rumah sakit, dan orang-orang dengan penyakit kronis.

Para peserta secara acak ditugaskan mengikuti ke salah satu dari dua kelompok intervensi, masing-masing intervensi berlangsung 14 hari diikuti dengan waktu istirahat 30 hari. Dua intervensi tersebut adalah:

– 30 Menit berjalan kaki setiap hari 1 kali
– 10 Menit berjalan kaki setiap selesai makan menu utama (pagi, siang, malam)

Kadar glukosa darah setelah makan (gula darah postprandial ), dinilai selama tiga jam setelah makan.

Apa hasil penelitian?

Studi tersebut menemukan bahwa ketika peserta berjalan kaki 10 menit setelah makan, terjadi penurunan kadar glukosa darah pada 12% lebih rendah daripada pada mereka yang berjalan 30 menit satu kali setiap hari. Peningkatan gula darah tertinggi setelah makan malam hanya 22%, saat mereka konsumsi makanan tinggi karbohidrat

Kesimpulan

Para peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas fisik setelah makan dapat menghindari kebutuhan akan dosis insulin total atau suntikan insulin tambahan yang telah diresepkan untuk menurunkan kadar glukosa setelah makan.

Studi menemukan bahwa mengambil lebih sedikit aktifitas fisik tapi rutin setelah makan, cenderung menghasilkan penurunan gula darah yang lebih rendah daripada satu kali aktifitas fisik per harinya.

Para peneliti yakin bahwa meskipun hanya berjalan-jalan sebentar adalah cara menurunkan gula darah setelah makan sehingga bisa mengurangi kebutuhan akan suntikan insulin, dan penderita diabetes bisa mengatur berat badan dengan lebih baik. Ini berarti perubahan gaya hidup meskipun sederhana namun memberi keuntungan besar bagi penderita diabetes. (NHS Choices)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • 15 Cara Menurunkan Gula darah Secara Alami Ingat waktu itu Anda makan terlalu banyak permen, es krim, kue ulang tahun ketika kecil (… atau mungkin itu minggu lalu)? Selama beberapa menit Anda puas, bahagia. Tapi, apa yang terjadi kemudian hari? Kita semua pernah mengalami […]
  • Cuka Apel Untuk Diabetes: Manfaat, Efek Samping Dan Tips Resepnya Manfaat cuka apel untuk diabetes tipe 2 cukup menakjubkan, bahkan bisa memiliki manfaat sekelas 3 obat diabetes, yaitu acarbose, metformin, dan nateglinida. Khasiat cuka apel bagi diabetes tipe 1 dan 2 adalah menurunkan glukosa […]
  • Ternyata, Cabe Rawit Bisa Turunkan Gula Darah Cabai rawit, makanan penurun gula darah. Lombok rawit merupakan aditif makanan alami yang memberikan kontribusi signifikan terhadap rasa enak dari makanan yang kita makan. Dalam beberapa literatur budaya, rempah-rempah ini juga telah […]
  • 10 Cara Mengobati Kesemutan Akibat Kerusakan Saraf Diabetik Neuropati Kenapa diabetes menyebabkan kesemutan? Apa hubungan diabetes dengan kesemutan? Bagaimana cara mencegah dan mengobati kesemutan akibat diabetes? Penyebab kesemutan pada diabetes Kesemutan pada diabetes dihubungkan dengan kerusakan […]
  • Studi: Diabetes Tipe 1 Bisa Sembuh Dengan Rekayasa Sel Beta Turunan Kabar terbaru, diabetes tipe 1 bisa disembuhkan setelah para ahli dan peneliti berhasil "merekayasa" sel induk manusia untuk menjadi sel islet pulau pankreas, sel-sel penghasil insulin. Tidak ada "obat penyembuhan" untuk diabetes tipe 1, […]