Cara Membuat Ramuan Sambiloto Untuk Menurunkan Gula Darah

Cara Membuat Ramuan Sambiloto Untuk Menurunkan Gula Darah

Penyakit diabetes adalah merupakan penyakit yang berhubungan erat dengan naiknya kadar gula dalam darah. Pada penderita diabetes, jumlah insulin tidak mencukupi. Padahal insulin berperan penting dalam penyebaran glukosa ke seluruh sel tubuh untuk selanjutnya diubah menjadi energi.

Diabetes terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes malnutrisi, dan sebagainya. Dari beberapa jenis penyakit tersebut, diabetes tipe 2 merupakan yang paling sering dialami. Umumnya penderitanya adalah usia dewasa atau kaum lansia.

Akhir-akhir ini banyak bermunculan ide mengobati penyakit diabetes secara alami, salah satu tanaman penurun gula darah adalah metode sambiloto diabetes. Sesuai dengan namanya, cara pengobatan ini menggunakan bahan utama daun sambiloto. Untuk mengetahui lebih jelas, simak uraian berikut ini!

Apa itu Sambiloto

Penyakit diabetes bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain faktor genetika, gaya hidup yang tidak sehat, obesitas, dan lain sebagainya. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga diabetes memiliki resiko yang lebih besar. Untuk itu harus selalu waspada dengan cara cek gula darah secara rutin dan melakukan upaya pencegahan.

Diabetes bisa dicegah dengan rajin melakukan olah raga, mengurangi asupan makanan/minuman yang manis, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, menghindari rokok dan minuman beralkohol, serta menghindari stress.

Cara pengobatan diabetes secara medis dilakukan dengan pemberian obat-obatan dan terapi insulin. Dokter akan menyesuaikan jenis obat dan dosis obat dengan tingkat keparahan penyakitnya. Apabila diperlukan, dokter akan menyarankan untuk terapi insulin dengan dosis dan waktu tertentu yang diatur oleh dokter. Selain pengobatan secara medis, ada pula yang memilih alternatif pengobatan secara non medis dengan menggunakan bahan alami yang dikenal dengan metode sambiloto diabetes.

Menurut penelitian oleh beberapa pakar dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, ITB Bandung, dan Universitas Widya Manggala Yogyakarta, daun sambiloto memiliki beberapa kandungan zat aktif yaitu Andrographolide yang mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu juga terdapat beberapa zat lain, yaitu glukosida diterpen, laktone, deoxy-andrographolide, flavonoid, alkane, ketone, aldehyde, dan lain sebagainya.

Cara mengolah daun sambiloto

Cara membuat ramuan alami dengan daun sambiloto cukup mudah; siapkan daun sambiloto segar sebanyak 5 gram, cuci bersih dan seduh dalam 1 gelas air panas. Tunggu beberapa saat hingga dingin lalu saring. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari setelah makan. Baca juga: tanaman penghasil insulin

Lalukan pengobatan tersebut secara teratur, sambil Anda melakukan cek kadar gula darah secara rutin. Jika Anda disipiln maka akan terlihat hasil yang mencengangkan dimana kadar gula darah Anda secara berangsur-angsur menurun hingga akhirnya berada pada kadar normal.

Metode sambiloto diabetes ini harus diimbangi dengan cara tetap menjalankan gaya hidup sehat agar Anda segera mendapatkan kesembuhan yang Anda idam-idamkan. Semoga bermanfaat!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Magnesium Sitrat Bagi Tubuh Diabetes Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh penderita diabetes. Hypomagnesaemia atau kekurangan magnesium sering terlihat pada pasien diabetes sehingga mereka butuh tambahan suplementasi magnesium untuk melengkapi kebutuhan […]
  • 15 Cara Menurunkan Gula darah Secara Alami Ingat waktu itu Anda makan terlalu banyak permen, es krim, kue ulang tahun ketika kecil (… atau mungkin itu minggu lalu)? Selama beberapa menit Anda puas, bahagia. Tapi, apa yang terjadi kemudian hari? Kita semua pernah mengalami […]
  • Cara Terapi Air Putih Untuk Menurunkan Dan Mengencerkan Kadar Gula Darah Yang Pekat Apakah air putih bisa menurunkan kadar glukosa darah pada orang berisiko diabetes? Ya, benar sekali. Setiap kali gula darah yang tinggi, tubuh kita butuh banyak air untuk mengeluarkannya melalui ginjal. Gula darah tinggi sangat identik […]
  • Suplemen CoQ10 Vs Diabetes Terinduksi Statin Apakah Anda mengonsumsi statin untuk menurunkan kolesterol darah? Perlu diketahui bahwa statin bisa meningkatkan risiko diabetes. Namun, peran suplementasi CoQ10 bisa menangani masalah ini. Suplemen CoQ10 bisa menurunkan resiko diabetes […]
  • Khasiat Habbatussauda Untuk Diabetes Dan Cara Mengonsumsinya Habbatussauda obat diabetes. Manfaat Habbatussauda Untuk Mencegah Komplikasi Diabetes. Berapa dosis habbatus sauda untuk obat diabetes? Habbatussauda adalah ramuan tradisional yang sudah digunakan selama ribuan tahun oleh orang-orang […]