Beberapa Alasan, Mengapa Diabetes Sering Menyerang Kaki

diabetes menyerang kaki

Mengapa diabetes menyerang kaki? Beberapa alasan dari komplikasi diabetes menjadi paling umum penyebab kaki bermasalah. Dengan alasan gula darah tinggi tidak terkontrol, beberapa masalah kaki mungkin timbul.

1. Masalah Kerusakan Saraf

Penyumbang paling umum mengapa diabetes merusak kaki adalah kerusakan saraf yang disebut komplikasi diabetes neuropati perifer. Pada dasarnya, ada tiga jenis neuropati perifer, yaitu: neuropati sensorik, motorik, dan otonom.

– Neuropati sensorik

Sebagian besar pasien diabetes mengeluhkan sakit di kaki mereka karena kerusakan neuropati sensorik yang ditandai rasa nyeri dan sangat sensitif. Misalnya, hanya menyentuh kulit atau terkena kain selimut, kaki bisa sangat sakit dan menyulitkan untuk tidur.

Namun, kondisi ini hampir bersamaan dengan mati rasa di kaki. Gejala neuropati sensorik meliputi sensasi rasa terbakar, kesemutan atau sakit menusuk.

– Neuropati motorik

Neuropati motorik dapat menyebabkan diabetes kaki sakit karena saraf ke otot menjadi terpengaruh, membuat otot terasa ngilu dan pegal. Saraf otot pertama yang terpengaruh adalah paha; kemudian otot kecil di seluruh kaki.

Komplikasi neuropati motorik menyebabkan ketidakseimbangan saat berjalan, gesekan sepatu pada kaki, radang pada kulit, pembentukan kalus, dan sangat nyeri.

– Neuropati otonom

Neuropati otonom mempengaruhi saraf bawah tak sadar. Ini mempengaruhi perubahan penderita diabetes saat berkeringat sehingga penderita mengalami penyakit kutikula, kuku kering, kulit kering, kaku, retak – meningkatkan rasa sakit. Infeksi bakteri dan jamur lebih mungkin terjadi.

2. Masalah Sirkulasi Darah

Masalah sirkulasi darah di kaki diabetes bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat, meski kaki terasa mati rasa saat disentuh. Hal ini disebabkan efek gula darah tinggi pada arteri, kapiler dan vena.

Arteri mengalirkan darah segar dari jantung. Darah di arteri memberi nutrisi dan memberi oksigen ke semua jaringan tubuh. Darah masuk dan meninggalkan jaringan melalui kapiler dan kembali ke jantung untuk mendapatkan oksigen dan makanan melalui pembuluh darah.

Arteri yang paling sering terkena adalah di belakang lutut dan betis. Kerusakan arteri meningkatkan endapan lemak.Endapan lemak ini akan menebalkan dinding arteri, dan bisa menyebabkan endapan kalsium. Aliran darah ke kaki bisa tersumbat menyebabkan jaringan kaki kekurangan nutrisi dan oksigen.

3. Masalah Infeksi

Orang diabetes menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri, jamur dan ragi akibat perubahan kesehatan dan gizi yang terjadi di tubuh, terutama kaki. Infeksi bakteri di kaki diabetes meningkatkan ulserasi atau luka.

Tanda-tanda infeksi bakteri meliputi kemerahan, bengkak, panas, nyeri dan adanya nanah. Infeksi semacam ini bisa terjadi pada kulit tubuh lainnya yang disebut selulitis, hingga menyebar ke tulang. Bila infeksi telah menyebar ke tulang maka disebut osteomyelitis.

Infeksi jamur atau ragi di kaki umumnya menyebabkan penyakit kaki atlet. Kaki atlet bisa menyebabkan kulit melepuh, bersisik, merah, meradang dan menyakitkan. Infeksi bakteri terjadi karena kulit yang teriritasi menjadi tempat yang baik bagi kuman untuk berkembang.

Penyakit kuku kaki jamur menyebabkan kuku tumbuh ke dalam, disebut cantengan. Cantengan pada diabetes menyebabkan iritasi parah pada kulit di sekitar kuku, meningkatkan infeksi serius hingga kaki busuk.

Begitu kuku kaki atau kulit Anda di kaki terinfeksi jamur, penting untuk segera diobati untuk mencegah ulserasi dan infeksi bakteri.

Pengobatan dan perawatan kaki diabetes

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa gula darah Anda selama beberapa minggu terakhir untuk melihat apakah ada kecenderungan gula darah tinggi. Gula darah tinggi yang persisten dapat menyebabkan sumber masalah, diabetes menyerang kaki

Pijat kaki Anda dengan krim kaki diabetes untuk menghilangkan rasa sakit. Konsumsi vitamin B yang direkomendasikan dokter.

Gunakan sepatu empuk dan pas ukuran serta kaos kaki untuk melindungi kaki dari tekanan dan gesekan yang berkontribusi pada komplikasi neuropati perifer.

Untuk merawat kaki cantengan, gunakan minyak pohon teh, minyak wijen, bawang putih, ekstrak biji anggur, atau ramuan akar galberry.