Memahami Apa itu Insulin Bolus Dan Insulin Basal

Apa itu Insulin Bolus Dan Insulin Basal? Apa perbedaan antara insulin bolus dan basal? Bagaimana cara kerja insulin bolus dan basal pada tubuh manusia? Apa saja jenis-jenis insulin bolus dan insulin basal?

Untuk memahami insulin basal dan bolus, penting untuk terlebih dahulu memahami bagaimana tubuh secara alami menggunakan glukosa dan insulin.

Cara kerja insulin

Semua makanan yang Anda makana akan dicerna tubuh dan diubah menjadi glukosa (gula) sehingga bisa digunakan untuk energi di setiap aktifitas.

Semua sel dalam tubuh, termasuk otak, membutuhkan glukosa agar berfungsi dengan baik. Hormon insulin dibutuhkan untuk membawa glukosa masuk ke dalam sel di seluruh bagian tubuh sehingga bisa digunakan untuk energi.

Sejumlah glukosa yang belum dipakai akan disimpan di hati sebagai bahan bakar cadangan yang disebut glikogen. Glikogen akan dilepaskan hati saat glukosa tidak tersedia melalui makanan.

Jadi, glukosa akan dilepaskan secara bertahap oleh hati dengan tujuan agar tubuh mendapat suplai glukosa yang konstan. Dengan demikian, kebutuhan pasokan insulin harus tetap untuk menjaga jumlah glukosa seimbang.

Jika Anda makan karbohidrat banyak, pankreas akan mengeluarkan lebih banyak insulin. Jika Anda makan makanan rendah karbohidrat, maka kebutuhan insulin sedikit. Akan tetapi, setidaknya ada sejumlah kecil insulin yang ada dalam tubuh setiap saat.

Pada penderita diabetes tipe 1, sel beta pankreas tidak lagi membuat insulin, baik insulin bolus atau insulin basal. Untuk mencukupi kebutuhan insulin, harus diperoleh melalui suntikan atau pompa insulin untuk memetabolisme glukosa.

Pengertian Insulin bolus dan insulin Basal

Insulin bolus adalah jumlah insulin ekstra yang dibutuhkan pankreas sebagai tindak respons terhadap jumlah glukosa yang diambil melalui makanan.

Jadi, jumlah insulin bolus tergantung dari ukuran dan jumlah makanan yang dimakan

Sedangkan insulin basal adalah latar belakang atau background insulin yang secara normal dipasok oleh pankreas dan ada 24 jam sehari, apakah orang tersebut makan atau tidak.

Jenis-jenis insulin basal

Ada beberapa tipe Insulin basal yang bekerja lama, seperti NPH, Levemir, dan Lantus, mulai bekerja dalam 1-2 jam namun dilepaskan perlahan sehingga bisa bertahan hingga 24 jam, dan menyediakan background insulin yang dibutuhkan sepanjang waktu.

Jenis-jenis insulin bolus

Jenis insulin yang bekerja cepat, seperti NovoLog, Apidra, Humalog, dan Reguler, umumnya mulai bekerja dalam 15 menit. Untuk insulin bolus Reguler, memiliki onset sekitar 30 menit.

Setiap jenis insulin bolus telah dirancang untuk diambil tepat sebelum makan dan memiliki durasi hingga lima jam untuk NovoLog, Apidra, dan Humalog, dan tujuh jam untuk Reguler.

Ini berarti bahwa penderita diabetes tipe 1 harus mengonsumsi beberapa suntikan insulin bolus setiap hari untuk menutupi kebutuhan insulin setelah makanan, bersama dengan insulin basal sebagai kontrol terhadap background insulin.

Pompa Insulin untuk bolus dan basal

Orang yang menggunakan pompa insulin biasanya menerima dosis rendah insulin kerja cepat sebagai background insulin basal .

Sebelum makan, pompa akan memberi dosis besar insulin kerja cepat untuk menutupi makanan yang akan dimakan. Secara otomatis, baik bolus atau basal, pompa insulin akan memenuhi kebutuhan insulin kerja cepat yang sama.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.4 / 5. Vote count: 116

Bagikan Pada Temanmu!