Istilah Dan Kamus Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit kompleks serius yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Diabetes membutuhkan perawatan diri setiap hari dan jika komplikasi berkembang, diabetes berdampak signifikan pada kualitas hidup dan dapat mengurangi harapan hidup.

Kamus Diabetes Melitus

A1C (HbA1c) – Hemoglobin glikosilasi.
A1C (HbA1c) – Rata-rata nilai glukosa darah dalam 2-3 bulan yang dinyatakan dalam persen.
Insulin aktif – insulin bolus yang telah dikirim ke tubuh Anda, namun belum pernah digunakan.
Sel beta – Sel pankreas yang membuat insulin.
Insulin basal – infus insulin per jam yang terus menerus disampaikan secara otomatis oleh pompa insulin terprogram
Bolus insulin – Dosis insulin yang diberikan untuk menutupi peningkatan glukosa darah setelah makan atau makanan ringan
Ketoasidosis Diabetik (DKA) – Kondisi serius yang terjadi saat kadar insulin rendah, kadar glukosa darah meningkat, dan tubuh menggunakan lemak untuk energi. Proses ini menghasilkan keton yang mengganggu keseimbangan asam-basa tubuh yang menyebabkan situasi mengancam kehidupan.
Sistem endokrin – Kumpulan kelenjar yang mengeluarkan hormon langsung ke sistem peredaran darah untuk mengendalikan berbagai fungsi sel, jaringan dan organ tubuh. Sistem endokrin meliputi kelenjar adrenal, kelenjar paratiroid, kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, serta ovarium, pankreas, dan testis.
Ahli endokrinologi – Seorang dokter yang merawat orang-orang yang memiliki masalah endokrin seperti diabetes.
Glucagon Emergency Kit – salah satu bentuk injeksi glukagon yang dapat digunakan untuk mengobati kadar glukosa darah rendah yang parah (hipoglikemia).
Tablet glukosa – Gula sederhana dalam bentuk tablet yang dikonsumsi secara oral untuk mengobati glukosa darah rendah (hipoglikemia).
Konsentrasi insulin – Kekuatan atau jenis insulin yang telah diresepkan dokter untuk pengguna.
Pena insulin – Alat untuk menyuntikkan insulin
Islet – Kelompok sel yang berada di pankreas, membuat hormon yang membantu tubuh untuk memecah dan menggunakan makanan. Juga disebut pulau Langerhans.
Terapi pompa insulin – Menggunakan insulin kerja cepat yang memberikan kontrol glukosa yang lebih baik. Pompa menghasilkan sejumlah kecil insulin kerja cepat setiap jamnya.
Faktor sensitivitas insulin – Jumlah mg / dL (atau mmol / L) kadar glukosa darah Anda yang berkurang oleh satu unit insulin.
Ketone – Bahan kimia yang diciptakan oleh tubuh manusia bila tidak cukup insulin dalam darah.
Tes keton – untuk mengukur jumlah keton yang terkonsentrasi dalam darah atau air kencing.
Lipohypertrophy – jaringan parut berupa benjolan di bawah kulit dari akumulasi lemak di tempat suntikan insulin. Jaringan parut juga bisa berkembang di lokasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Etiologi Diabetes Melitus – Faktor-Faktor Yang Memicu Kejadian Diabetes Etiologi diabetes melitus secara umum dimulai adanya penyakit kronis yang ditandai oleh defisiensi insulin baik secara relatif atau absolut, menghasilkan suatu kondisi yang disebut intoleransi glukosa. Itu terjadi pada kurang 150 ribu […]
  • Mengenal Apa Itu Kanker Genitourinaria Kanker Genitourinaria (Genitourinary) adalah kanker yang mempengaruhi area genital dan organ kemih pada pria dan wanita. Kanker jenis ini mempengaruhi kandung kemih, ginjal, pen1s, prostat, testis, ureter dan uretra. Berikut daftar […]
  • Istilah Dan Kamus Dalam Penyakit Pituitari Masalah yang paling umum terjadi pada penyakit kelenjar pituitari adalah ketika tumor jinak yang juga disebut adenoma, berkembang. Tumor hipofisis bukan berarti 'tumor otak'. Istilah tumor jinak digunakan oleh dokter untuk menggambarkan […]
  • Apa Itu Tes GDS – Gula Darah Sewaktu (Random) Dan Tabel Hasil GDS adalah sebuah tes glukosa darah sewaktu dimana secara acak digunakan untuk mendiagnosis diabetes tipe 2, tidak peduli kapan terakhir Anda makan dan tanpa berpuasa lebih dulu. Namun, dokter biasanya akan menanyakan kapan terakhir kali […]
  • Istilah-Istilah Dalam Penyakit Kanker Payudara Ca Mammae atau Kanker payudara dimulai di sel-sel payudara selaku kelompok sel abnormal menyerang jaringan lain atau menyebar ke sekitarnya (metastasis) di daerah tubuh yang lain. Sel-sel kanker dapat menyebar dengan melepaskan diri […]