Catatan Penting! Standarisasi Kadar Gula Darah Normal Pada Ibu Hamil Dan Selama Kehamilan

Jika saya hamil, berapa tingkat kadar gula darah yang harus diketahui? Kehamilan adalah waktu penting yang sangat genting, baik secara emosional dan fisiologis. Menjaga kadar gula darah dalam rentang normal selama kehamilan membantu mencegah masalah serius bagi ibu dan bayinya itu sendiri.

Penanganan prenatal atau sebelum kelahiran sejak dini secara disiplin adalah bagian penting untuk menilai risiko jika Anda ada riwayat diabetes dan untuk memastikan kadar gula darah tetap normal.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda mulai akan atau saat ini sedang hamil namun belum melakukan perawatan prenatal, segera kunjungi dokter atau bidan untuk medapat informasi akurat.

Standar gula darah normal kehamilan tanpa diabetes

Aturan bagi wanita hamil normal tanpa diabetes

– Kadar glukosa puasa rata-rata bervariasi antara 69 mg / dL dan 75 mg / dL
– Kadar gula darah satu jam setelah makan antara 105 mg / dL menjadi 108 mg / dL.

Jika Anda memiliki riwayat diabetes atau pernah didagnosa diabetes gestasional, penting bagi Anda untuk menjaga gula darah Anda tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah.

Tingkat gula darah menunjukkan gejala diabetes gestasional

Selama kehamilan, Anda akan dilakukan dua tes toleransi glukosa oleh perawat kesehatan

1. Tes gula darah pertama

Tes pertama, biasanya dilakukan antara minggu 24 dan 28 setelah kehamilan Anda, Anda diberi minum 50 g larutan gula kemudian dokter atau bidan akan memeriksa kadar glukosa darah Anda setelah satu jam.

Jika kadar gula darah Anda di atas 130 mg / dL, dokter akan melakukan tes toleransi glukosa kedua yang mengukur kadar glukosa darah puasa per jam selama 2 sampai 3 jam kemudian.

2. Tes gula darah ke dua

Jika tes pertama kadar glukosa puasa lebih tinggi dari 95 mg / dL, satu jam kemudian di atas 180 mg / dL, dua jam kemudian lebih 155 mg / dL atau pada tiga jam kemudian kadar gula darah lebih dari 140 mg / dL, maka Anda akan didiagnosa positif diabetes gestasional.

Kadar gula darah normal rata-rata pada ibu hamil

Menurut Teri L. Hernandez, dkk pada artikel Diabetes Care, anda harus bisa mengendalikan kadar gula darah normal rata-rata

Gula darah rata-rata wanita hamil normal

– Kadar gula darah puasa: 70,9 ± 7,8 mg / dl (3,94 mmol / L ± 0,43)
– Kadar gula darah 1 jam setelah makan: 108,9 ± 12,9 mg / dl (6.05 ± 0,72 mmol / L)
– Kadar gula 2 jam setelah: 99,3 ± 10,2 mg / dl (5.52 ± 0,57 mmol / L)

Gula darah rata-rata normal untuk ibu diabetes hamil

– Kadar gula darah puasa: 79 mg / dl (4,4 mmol / L)
– Kadar gula darah 1 jam setelah makan: 122 mg / dl (6,8 mmol / L)
– Kadar gula 2 jam setelah: 110 m / gdl (6.1 mmol / L)

Tantangan Anda selama kehamilan adalah bagaimana menurunkan gula darah namun tidak terlalu rendah karena hipoglikemik dapat menyebabkan gangguan bagi janin Anda. Rutin mengunjungi dokter atau bidan Anda untuk mendapatkan diet sehat selama kehamilan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.6 / 5. Vote count: 129

Bagikan Pada Temanmu!