Diabetes Gastropati

Diabetes Gastropati

Penyakit diabetes adalah penyakit metabolis yang membawa banyak dampak bagi kesehatan keseluruhan. Di kilnikhijau.com akan membagi informasi tentang banyak komplikasi diabetes, apa yang disebut diabetes gastropati. “Gastro” berarti perut atau lambung; dan “paresis” berarti gangguan atau kelumpuhan.

Gastropati diabetes adalah komplikasi pada lambung, istilah untuk spektrum kelainan neuromuskuler lambung. Kelainan tersebut meliputi disritmia lambung, hipomotilitas antral, ketidakkoordinasian kontraksi antroduodenal dan gastroparesis.

Patofisiologi Gastropati diabetes

Bagaimana komplikasi diabetes gastroparesis terjadi? Perut adalah organ neuromusclar yang menerima makanan yang kita konsumsi, mencampur makanan dengan asam dan pepsin dan mengosongkan suspensi nutrisi ke dalam usus kecil untuk penyerapan.

Lambung proksimal atau fundus relaksasi bertugas untuk menerima makanan yang tertelan. mis. relaksasi reseptif. Tubuh dan antrum mencampur dan mengosongkan makanan melalui gelombang peristaltik lambung secara berulang.

Kontraksi peristaltik berulang akibat oleh peristiwa neoelektrik yang disebut pacesetter potentials. Ketika motilitas lambung normal, periode postprandial (setelah makan) dikaitkan dengan sensasi epigastrium (menenangkan)

Gangguan motilitas lambung atau gastroparesis muncul dengan gejala postprandial yang tidak menyenangkan, tetapi tidak spesifik: perut kembung bagian atas, distensi, ketidaknyamanan, rasa kenyang dini, mual dan muntah.

Jika muntahan mengandung makanan yang tidak tercerna maka kemungkinan besar gejala gastroparesis ada. Kadar glukosa yang berfluktuasi dan sulit diprediksi mungkin juga mencerminkan adanya gastroparesis.

Motilitas gastrointestinal, dikendalikan oleh oleh otot dan sistem saraf yang kompleks. Diabetes dapat merusak saraf-saraf ini akibat gangguan neurologis (neuropati diabetes), membuat gangguan pencernaan.

Bagaimana diabetes merusak saraf pencernaan?

Pertama, banyak orang dengan gastroparesis menderita diabetes yang sudah berlangsung lama dan bukti kerusakan organ lain.

Kedua, banyak dari orang-orang ini memiliki gejala neuropati (kerusakan saraf) lainnya, seperti tangan dan kaki yang nyeri, perubahan tekanan darah yang tidak normal, dan keluar keringat setelah makan yang tidak biasanya.

Kerusakan saraf terjadi selama bertahun-tahun. Tak hanya penderita diabetes, orang tidak menderita diabetes dapat mengalami gastroparesis.

Orang yang mengembangkan ketoasidosis diabetikum dan mengalami gejala Gastropati Diabetes termasuk mual, muntah dan sakit perut. Para profesional kesehatan sekarang berpikir bahwa hiperglikemia jangka pendek pun dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan.

Jadi sekarang mari kita lihat bagaimana gastroparesis dapat muncul dengan sendirinya. Jika Anda memiliki masalah ini, fungsi penggilingan perut bisa hilang. Makanan tidak dapat dipecah menjadi potongan-potongan kecil dan tidak beralih ke usus secara normal. Makanan tetap di perut lebih lama dari biasanya.

Apa gejala Gastropati diabetes?

Gejala gastroparesis adalah:

  • mual
  • Muntah makanan yang dicerna sebagian yang telah ada di perut Anda
  • perut kembung
  • sakit perut
  • kehilangan selera makan
  • perasaan kenyang terlalu cepat meski baru sedikit makan

Anda dapat membayangkan masalah nyata dari komplikasi ini adalah muntah karena membuat kontrol diabetes menjadi sangat sulit. Apabila dehidrasi, dapat menyebabkan ketoasidosis diabetikum.

Muntah yang persisten juga bisa membuat lapisan perut Anda berdarah. Karena makanan yang Anda makan tetap di perut Anda terlalu lama, muntah dapat memunculkan makanan dari makanan yang baru saja dimakan serta makanan yang dimakan hingga 24 jam sebelumnya.

Yang menakutkan tentang gastroparesis adalah bahwa seseorang dengan kondisi tersebut mungkin baik-baik saja selama berhari-hari atau berminggu-minggu, tetapi kemudian pada suatu waktu mengalami muntah berjam-jam atau berhari-hari, mengarah ke rawat inap.

Diagnosis

Gastroparesis didiagnosis dengan sinar-X gastrointestinal bagian atas, dan gastroskopi yang memungkinkan dokter melihat ke dalam lambung dengan ruang lingkup kamera kecil.

Semua ini akan membantu menyingkirkan penyakit lain seperti borok, gastritis, dan kanker lambung. Diperkirakan bahwa sebanyak 50% penderita diabetes mungkin menunjukkan tanda-tanda gastropareisis, tetapi hanya sebagian kecil dari orang-orang tersebut memerlukan intervensi.

Pencegahan

Dimulai dengan komitmen baru untuk kontrol glukosa darah ketat karena hiperglikemia memperburuk gastoparesis. Kadar glukosa darah tinggi dapat memperlambat pengosongan lambung dan itu menambah masalah.

Jika Anda menggunakan insulin, Anda mungkin diminta untuk menambah jumlah suntikan yang Anda ambil setiap hari. Anda harus menjaga kadar glukosa darah lebih sering setelah makan.

Anda akan diminta untuk mengurangi makanan berlemak karena lemak memperlambat pengosongan perut.

Anda juga mungkin perlu mengurangi makanan yang sulit dicerna seperti kacang-kacangan, lentil dan buah jeruk.

Sekarang tiba keputusan sulit bagi penderita diabetes yang menderita diare atau sembelit untuk makan makanan tinggi serat. Tampaknya saran untuk menghindari gangguan pencernaan bertentangan dengan saran itu.

Indigestibles tidak selalu sinergis dengan makanan berserat tinggi, meskipun gangguan pencernaan hampir selalu dikaitkan diet serat. Anda mungkin harus memutuskan, ketika memutuskan apakah akan makan makanan tinggi serat atau tidak.

Pengobatan

Obat metoclopramide

Obat pilihan adalah metoclopramide (Reglan) yang bekerja pada sistem saraf untuk meningkatkan kekuatan dan frekuensi kontraksi otot gastrointestinal. Dibutuhkan 20 hingga 30 menit sebelum makan dan sebelum tidur.

Sayangnya, sekitar 20 persen dari mereka yang minum obat mengalami efek samping yang mengganggu yaitu kantuk, lesu, depresi dan / atau kecemasan. Anda tidak disarankan minum metoclopramide jika memiliki penyakit Parkinson.

Obat domperidone

Obat lain, domperidone (Motilium), untuk meningkatkan pengosongan lambung dengan merangsang aktivitas motorik lambung. Ini adalah obat anti-mual yang sangat baik, sedikit efek samping, dan tidak seperti metoclopramide yang banyak efek samping.

Obat erthromycin

Dokter mungkin meresepkan erthromycin, antibiotik yang meningkatkan pengosongan lambung dengan cukup efektif. Sayang, ini memiliki efek samping termasuk mual, muntah dan kram perut sehingga penggunaannya terbatas.

Obat-obatan lain

Kelas obat lain adalah bethanecol (Urecholine, Duvoid, dan Myclonachol), berbicaralah dengan dokter Anda untuk menentukan obat terbaik sesuai kondisi Anda.

Jika kombinasi obat-obatan tersebut tidak membuat perubahan atau tidak berhasil mengatasi masalah, Anda mungkin perlu pembedahan. Pilihan paling populer adalah tabung jejunostomi.

Bedah jejunostomi

Ini adalah sebuah selang makanan ditempatkan melalui kulit ke masuk ke usus. Ketika seseorang dengan gastroparesis parah, maka nitrasi cair, cairan, dan obat-obatan dapat diberikan melalui selang makanan.

Operasi gastrointestinal

Alternatif yang kurang diinginkan adalah memotong saluran gastrointestinal secara bersamaan dan menempatkan jalur intravena semi permanen dimasukkan langsung ke dalam aliran darah. Bergantung pada gejala, metode pemberian selang alternatif ini dapat digunakan sebagai cadangan selama periode ketika orang tersebut tidak dapat makan, atau sebagai sarana pendukung kebutuhan nutrisi.

Harapan hidup

Menurut para ahli sulit untuk memprediksi kapan gastroparesis diabetes akan membaik. Beberapa orang dengan penyakit ini harus dirawat di rumah sakit secara teratur. Setelah beberapa bulan atau bertahun-tahun, penyakit ini sepertinya bisa membaik sendiri setelah perawatan medis.

Jika Anda menderita gastroparesis, jangan menyerah. Jika dokter umum tidak dapat mengendalikan gejalanya, mungkin perlu menemui dokter gastroenterologi, spesialis gangguan lambung.

Untungnya, dengan diagnosis, perawatan, dan waktu yang tepat, gejala gastropati diabetes biasanya dapat dikendalikan. Sekarang setelah Anda memahami komplikasi diabetes ini, Anda dapat lebih mudah mengenali gejala-gejalanya dan mengajukan pertanyaan tentang pengobatan dan intervensi, kepada dokter Anda. Anda akan dibantu, jadi jangan merasa menderita dalam kesendirian.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Serangan Jantung Dan Kematian Mendadak Pada Penderita Diabetes Apakah Saya Harus Khawatir Dengan Penyakit Jantung? Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah "Ya," karena penderita diabetes dua kali lebih mungkin meninggal mendadak akibat penyakit arteri koroner daripada orang-orang non-diabetes, […]
  • Komplikasi Diabetes Pada Kaki Dan Ciri-Cirinya Komplikasi Diabetes Pada Kaki. Dampak diabetes pada kaki terjadi akibat kerusakan saraf ( diabetes neuropati ) sehingga pasien mengalami sirkulasi darah yang buruk pada kaki. Ciri ciri kaki diabetes termasuk diantaranya adalah […]
  • Diabetes Neuropati Bagaimana diabetes menyerang saraf? Mengapa diabetes bisa merusak saraf? Ini disebut komplikasi neuropati diabetik. Beberapa komplikasi penyakit diabetes perihal kerusakan saraf  adalah neuritis diabetes, diabetes neuropati perifer, […]
  • 12 Cara Jitu Mengatasi Kaki Bengkak Akibat Diabetes Melitus Dan Komplikasinya Penanganan kaki bengkak akibat diabetes tergantung penyebabnya. Retensi cairan ini bisa diatasi jika penyebab yang mendasari telah diobati. Aktivitas fisik secara teratur dan mencegah lama berdiri dapat membantu mengurangi retensi […]
  • Diabetes Sindrom Ovarium Polikistik Diabetes Kista Ovarium. Diabetes tipe 2 juga bisa akibat penyakit Kista Rahim. Diabetes sindrom ovarium polikistik. Poly Cystic Ovarian Syndrome - PCOS. Hubungan penyakit kista dengan diabetes Tipe 2? PCOS dan DM Tipe 2 adalah penyakit […]