Luka Diabetes Di Kaki Sulit Sembuh? Cobalah Ramuan Mengkudu Ini

Luka Diabetes Di Kaki Sulit Sembuh? Cobalah Ramuan Mengkudu Ini

Data pada tahun 2015 yang diperoleh dari PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi) menunjukkan jumlah penderita diabetes di Indonesia yang mencapai angka 9,1 juta jiwa. Jumlah tesebut mengantarkan Indonesia menduduki peringkat ke-5 dunia penderita diabetes.

Kini bukan orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes saja yang beresiko tinggi namun para pengidap obesitas, pengidap jantung, serta orang-orang yang tidak menjalankan gaya hidup sehat juga berpotensi besar terkena diabetes.

Adapun gejala awal penyakit diabetes antara lain; mudah lapar dan haus, frekuensi buang air kencing meningkat, lesu, lemas, mudah mengantuk, berat badan menurun drastis, gangguan penglihatan, dan perlukaan yang sulit mengering.

Glukosa (gula) darah yang terus meningkat akhirnya terbawa aliran darah hingga menyumbat pembuluh darah. Tersumbatnya pembuluh darah ini akan menyebabkan naiknya tekanan darah yang bisa berakibat buruk pada organ jantung, ginjal, hati, dan syaraf.

Luka penderita diabetes sebagian besar muncul di kaki karena kaki merupakan organ tubuh yang sangat rentan. Faktor timbulnya luka diabetes mellitus pada kaki, karena organ tubuh yang satu ini sering mengalami gangguan peredaran darah dan syaraf sehingga mudah terinfeksi. Beberapa penyebabnya antara lain menggunting kuku yang terlalu pendek, pemakaian sepatu yang tidak tepat, terjatuh, tergores, dan sebagainya.

Mungkin pada awalnya hanya kategori luka ringan saja yang diawali dengan gejala kesemutan, kebas (mati rasa), lalu timbul luka. Luka diabetes mellitus pada kaki tersebut jika tidak diobati secara tepat dan rutin akan semakin parah, luka semakin melebar bahkan bisa membusuk bahkan bisa terancam untuk diamputasi.

Luka diabetes sulit sembuh tersebut akibat meningkatnya kadar gula darah karena terganggunya fungsi insulin. Keadaan semakin parah karena terganggunya metabolisme tubuh sehingga kaki tidak mendapatkan aliran darah yang cukup yang pada akhirnya jaringan syaraf akan rusak.

Pada perlukaan yang tergolong parah akan semakin sulit disembuhkan. Luka akan semakin melebar bahkan bisa menjalar ke tulang dan otot. Apabila terjadi demikian maka penderita diharuskan mengkonsumsi obat-obatan jenis antibiotik khusus yang bisa menembus hingga ke tulang untuk membantu menyembuhkan infeksi tersebut.

Namun pada kasus tertentu terkadang obat antibiotik tidak sanggup menyembuhkan luka karena bakteri telah menyebar ke sistem peredaran darah atau telah merusak ke berbagai jaringan tubuh. Pada kondisi seperti itu biasanya tindakan terbaik adalah amputasi karena untuk mencegah penyebaran kuman yang akan membahayakan jiwa penderita.

Tindakan amputasi sebenarnya bisa dicegah jika luka diabetes mellitus pada kaki masih tergolong ringan. Jangan tunggu hingga luka semakin parah. Segera obati dengan obat alami yang aman dan manjur seperti berikut ini;

1.    Kulit manggis

Kulit buah manggis dijemur hingga keris, selanjutnya rebus dalam 300 ml air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Tunggu hingga dingin, lalu saring. Minum ramuan tersebut setiap hari secara teratur untuk membantu mengobati penyakit diabetes.

2.    Mengkudu

Buah mengkudu mengandung zat Proxeroni yang bermanfaat untuk membentuk alkaloid. Alkaloid dalam tubuh berfungsi membuka pori-pori sel agar nutrisi dengan baik oleh tubuh. Cara mengobati dengan mengkudu; siapkan 1 buah mengkudu, cuci bersih kemudian diblender. Selanjutnya disaring dan diminum. Bisa pula ditambahkan 2 sdm madu asli. Minum ramuan ini setiap hari secara teratur.
Demikian mengenai luka diabetes yang sulit sembuh pada kaki, beberapa gejala timbulnya luka serta upaya pencegahan amputasi. Semoga bermanfaat!

Luka Diabetes Di Kaki Sulit Sembuh? Cobalah Ramuan Mengkudu Ini
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: