Mengapa Insulin Diberikan Secara Subkutan? Baik Mana Insulin Pil, Hirup Atau Suntikan?

Mengapa Insulin Diberikan Secara Subkutan? Baik Mana Insulin Pil, Hirup Atau Suntikan?

Pilih Mana Insulin Pil, Hirup Atau Suntikan? Insulin diperlukan untuk memastikan glukosa digunakan dengan benar dan kadar glukosa dalam darah tetap stabil. Agar berfungsi dengan baik, insulin harus masuk ke aliran darah utuh, bukan dipecah oleh pencernaan.

Berikut beberapa pendapat (opini) terkait, mengapa insulin harus disuntikan secara subkutan, dan alasan mengapa insulin tidak efektif ketika diambil secara oral (pil)

1. Pil insulin terdekomposisi oleh enzim pencernaan

Oral Insulin akan terdekomposisi dalam cairan lambung sehingga cara terbaik untuk membuat utuh adalah melalui Injeksi langsung ke aliran darah. Selain itu, lingkungan rumit di dalam perut membuat pil insulin tidak dapat diprediksi dan tidak efektif fungsinya dalam menurunkan gula darah

Dengan menyuntikkannya ke jaringan subkutan di tubuh kita, ini berarti suntikan insulin telah dirancang untuk diserap ke dalam aliran darah tanpa mengubah sifat-sifatnya.

Namun, insulin tidak boleh disuntikkan langsung ke otot atau ke dalam aliran darah secara langsung, karena kondisi itu bisa meningkatkan kecepatan penyerapan.

Seberapa cepat penyerapan terjadi tergantung dari jenis insulin apa yang digunakan: insulin kerja cepat, kerja pendek, kerja menengah, kerja lama atau campuran dari beberapa di antaranya tersebut.

Masing-masing dirancang untuk diserap dan aktif dalam jangka waktu tertentu, untuk mengatasi kebutuhan kontrol glukosa dari yang Anda butuhkan.

2. Insulin inhaler bermasalah pada paru-paru.

Dahulu, FDA juga menyetujui insulin inhalasi pertama, Exubera, pada September 2006, untuk diabetes tipe 1 atau tipe 2. Tetapi produsen insulin mengeluarkannya dari pasar pada Oktober 2007, karena sepertinya tidak cocok dengan pasien.

Kemudian, FDA khawatir bahwa Exubera mungkin bisa menyebabkan masalah paru-paru termasuk kanker. Jadi ini masih dalam proses.

Pada Juni 2014, FDA menyetujui Afrezza. Ini adalah jenis insulin inhaler yang bekerja cepat, bisa Anda gunakan sebelum makan.

3. Insulin oral terdenaturasi sebelum berfungsi

Ketika tubuh tidak dapat membuat insulin atau membuat cukup insulin, itu harus diambil melalui suntikan. Jika diambil melalui mulut/oral dalam bentuk pil, maka akan rusak terdenaturasi.

Hormon insulin terdiri dari protein yang jika diminum didenaturasi oleh proses pencernaan. Tentu saja ini akan menonaktifkan fungsi insulin. Karena itu, ketika tubuh tidak dapat membuat insulin, tidak diambil dalam bentuk pil, namun harus disuntikkan secara subkutan.

4. Insulin oral akan dipecah menjadi asam amino

Insulin adalah hormon peptida, pada dasarnya adalah protein. Jika Anda mengambilnya secara oral, enzim lambung Anda akan memecah insulin menjadi asam amino, menyebabkannya kehilangan kapasitas fungsionalnya.

Inilah alasan mengapa obat ini harus disuntikkan, sehingga secara langsung memasuki aliran darah, tidak melewati lambung dan seluruh saluran pencernaan, sehingga menghindari pencernaan oleh enzim.

Namun perlu dicatat, bahwa karena suntikan tidak nyaman bagi pasien, persiapan oral insulin saat ini sedang dalam pengembangan dan percobaan.

Mengapa suntikan subkutan lebih Baik

Kadar gula darah bisa berubah sepanjang hari. Makanan apa yang dikonsumsi, olahraga, stres, penyakit, bahkan semua waktu bisa berdampak pada kadar glukosa.

Insulin diperlukan untuk memastikan glukosa bisa digunakan dengan benar sehingga kadarnya dalam darah tetap stabil. Agar berfungsi dengan baik, insulin harus masuk ke aliran darah secara utuh.

Dengan menyuntikkannya ke jaringan subkutan, ini berarti insulin bisa diserap ke dalam aliran darah tanpa mengubah sifat-sifatnya dan bisa dikontrol fungsinya dalam waktu yang ditentukan.

Perlu diingat, Insulin tidak boleh disuntikkan langsung ke otot atau langsung ke dalam aliran darah, karena akan meningkatkan kecepatan penyerapan. Ini berarti kita tak bisa mengontrol durasi kerja insulin yang dibutuhkan.

Seberapa cepat penyerapan tergantung dari jenis insulin yang digunakan: kerja cepat, kerja pendek, kerja menengah, kerja lama atau kombinasi dari beberapa di antaranya. Masing-masing dirancang untuk diserap dan aktif dalam jangka waktu tertentu, dan untuk kontrol glukosa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Memahami Apa itu Insulin Bolus Dan Insulin Basal Apa itu Insulin Bolus Dan Insulin Basal? Apa perbedaan antara insulin bolus dan basal? Bagaimana cara kerja insulin bolus dan basal pada tubuh manusia? Apa saja jenis-jenis insulin bolus dan insulin basal? Untuk memahami insulin basal […]
  • Macam-Macam Alat Suntik Insulin dan Cara Kerjanya Berbagai macam dan variasi alat untuk suntik insulin ke tubuh penderita diabetes yang tergantung insulin yang diklasifikasikan ke dalam 3 golongan yaitu pompa insulin, pena insulin dan jarum suntik konvensional. Dari ke 3 alat suntik […]
  • Perhatikan! Urutan Kerja Cara Menyuntik Insulin Agar Tidak Salah Suntik Mempertimbangkan tentang bagaimana cara menyuntik insulin yang benar akan menentukan keberhasilan Anda dalam merawat dan mengelola penyakit diabetes melitus. Secara teori, kesuksesan seorang diabetesi tipe 1 atau 2 dalam mengelola […]
  • Bahaya Salah Suntik Insulin Penting bagi pasien dengan penyakit diabetes melitus baik itu tipe 1 atau 2 untuk mempelajari cara penyuntikan mandiri dengan benar untuk menghindari beberapa bahaya yang timbul akibat salah suntik insulin yang dilakukan selama […]
  • Kontroversi Produk Insulin Yang Dibuat Dari Anggota Tubuh Manusia Ketika insulin manusia dibuat untuk yang pertama kali pada sekitar tahun 1982, banyak orang dengan diabetes melitus yang tergantung insulin baik itu diabetes tipe 1 atau 2 beralih dari insulin hewan ke insulin manusia dengan harapan […]