Paparan Pestisida Bikin Orang Gemuk Lebih Rawan Diabetes

Paparan Pestisida Bikin Orang Gemuk Lebih Rawan Diabetes

Terlepas dari usia seseorang, jenis kelamin atau indeks massa tubuh, pestisida baik dalam makanan, udara, dan air dapat secara langsung dikaitkan dengan perkembangan diabetes tipe 2, khususnya orang dengan berat badan berlebih.

Polutan Organik Persisten (POPs) termasuk pestisida cenderung berkonsentrasi dalam lemak tubuh, dan mereka mungkin menjadi salah satu alasan mengapa orang gemuk lebih mungkin mengembangkan penyakit kencing manis, karena semakin orang semakin gemuk akan semakin tinggi konsentrasi POP dalam tubuhnya.

Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Environmental Research, peneliti Spanyol menganalisis konsentrasi kelompok POPs tertentu dalam jaringan adiposa dari 386 orang dewasa.

Mereka menemukan bahwa orang dengan tinggi konsentrasi DDE (produk metabolit dari pestisida DDT) mereka berisiko empat kali lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe-2 daripada orang lain.

Selain itu, risiko diabetes tipe-2 juga terkait dengan paparan β-HCH (beta-Hexachlorocyclohexane), yang hadir dalam formula pestisida Lindano.

POPs merusak respon imun

POPs adalah sekelompok bahan kimia yang terdapat pada pestisida, limbah industri, dan bahan bangunan. Senyawa ini menembus tubuh terutama melalui makanan, tetapi juga bisa melalui udara atau kulit.

Menurut ketua peneliti profesor Juan Pedro Arrebola, “mekanisme aksi dimana POPs meningkatkan risiko diabetes masih belum diketahui. Namun, beberapa peneliti telah menemukan data bahwa POPs dapat menyebabkan respons imunologis ketika mereka menembus reseptor estrogen dalam jaringan yang terkait dengan metabolisme gula. “

Prevalensi diabetes di dunia telah meningkat secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Diperkirakan pada tahun 2030, 4,4% dari populasi dunia memiliki kelainan metabolisme ini.

Ini akan memiliki dampak yang parah pada dana program kesehatan masyarakat. Faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan besar dalam prevalensi diabetes masih belum dipahami dengan jelas meskipun penelitian lain juga melibatkan paparan pestisida dan penyakit metabolis.

Seperti diketahui bahwa orang yang bekerja dengan pestisida memiliki risiko diabetes yang meningkat.

Selain itu, sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Diabetes Care – peneliti Finlandia menganalisis sampel darah 2.000 orang dewasa dan menemukan paparan tertinggi terhadap pestisida, oxychlordane, dikaitkan dengan risiko dua kali lebih tinggi untuk diabetes tipe-2. Mungkin, karena ini Anda punya alasan bagus untuk beralih ke organik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Etiologi Diabetes Melitus – Faktor-Faktor Yang Memicu Kejadian Diabetes Etiologi diabetes melitus secara umum dimulai adanya penyakit kronis yang ditandai oleh defisiensi insulin baik secara relatif atau absolut, menghasilkan suatu kondisi yang disebut intoleransi glukosa. Itu terjadi pada kurang 150 ribu […]
  • Hubungan Kistik Fibrosis Dengan Penyakit Diabetes Kistik fibrosis terkait diabetes merupakan salah satu bentuk penyebab DM tipe 1 dan 2  sebagai akibat hubungan langsung dari orang-orang yang memiliki kistik fibrosis, dan diabetes adalah salah satu bentuk komplikasi fibrosis kistik. […]
  • Benarkah Makanan Cepat Saji Di Restoran Bisa Sebabkan Diabetes? Ternyata, DM tipe 2 dapat terjadi karena makanan cepat saji. Makanan cepat saji diistilahkan sebagai junk foods. Bagaimana makanan ini bisa menyebabkan diabetes? Jawaban paling mudah adalah bahwa mengonsumsi gula dan lemak berlebihan […]
  • Kenali Penyebab Gangren Basah Dan Gangren Kering Penyebab Gangren Basah Dan Kering. Gangren adalah suatu kondisi pembusukan jaringan yang disebabkan oleh hilangnya suplai darah atau oleh infeksi bakteri. Biasanya diobati dengan cara melepas jaringan yang mati, sering dengan amputasi, […]
  • Benarkah Sering Minum Soda Meningkatkan Resiko Diabetes Beberapa fakta menunjukan bahwa, penyebab DM tipe 2  dapat terjadi karena gemar minum minuman bersoda. Apa alasan yang mendasar mengenai ini? Bagaimana minuman soda dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus? Pertanyaan tersebut telah […]