Kenali Penyebab Gangren Basah Dan Gangren Kering

Kenali Penyebab Gangren Basah Dan Gangren Kering

Penyebab Gangren Basah Dan Kering. Gangren adalah suatu kondisi pembusukan jaringan yang disebabkan oleh hilangnya suplai darah atau oleh infeksi bakteri. Biasanya diobati dengan cara melepas jaringan yang mati, sering dengan amputasi, atau antibiotik.

Komplikasi neuropati diabetes meningkatkan risiko amputasi. Lebih dari setengah dari semua amputasi per tahun disebabkan oleh komplikasi kerusakan saraf ini. Sebagian besar amputasi pada kaki karena gangren mempengaruhi ekstremitas kaki bagian bawah.

Ada berbagai jenis neuropati, namun gangren dikategorikan dalam komplikasi neuropati perifer, sejenis neuropati yang mempengaruhi jari kaki, bagian atas kaki, seluruh kaki, tangan, dan lengan.

Risiko amputasi akibat meningkat seiring bertambahnya usia, kelebihan berat badan, kontrol diabetes yang buruk, kadar kolesterol abnormal, dan tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko. Merokok meningkatkan resiko gangren pada 5 kali daripada yang tidak.

Ada 2 tipe gangren paling populer: gangren basah dan gangren kering. Namun, para ahli menambahkan 1 jenis gangren,yaitu gangren gas sehingga ada 3 tipe.

Dari jumlah tersebut, penderita diabetes lebih berisiko mengalami gangren basah dan gangren kering karena mereka memiliki kerusakan pada pembuluh darah mereka akibat tubuh tidak memiliki kemampuan untuk melawan infeksi.

Gejalanya termasuk mati rasa di bagian yang sakit dan mungkin juga terasa dingin saat disentuh. Perubahan warna dari merah ke biru hingga hitam dan berbau busuk.

Penyebab gangren kering

Gangren kering adalah akibat hilangnya suplai darah ke jaringan, kemudian mati dan busuk. Tersumbatnya aliran darah atau kurang sirkulasi akibat diabetes, masalah kardiovaskular, dan mer0kok adalah penyebab paling umum.

Gula darah tinggi dari waktu ke waktu merusak pembuluh darah, yang meningkatkan risiko pengembangan gangren kering jika Anda menderita diabetes. Seiring aliran darah tersumbat, jaringan mulai mati.

Ciri-ciri gangren kering, daerah luka menjadi memerah kemudian berangsur-angsur berkembang menjadi warna kecoklatan. Pada tahap akhir, bagian tubuh yang terkena akan terlihat layu dan berwarna hitam.

Penyebab gangren basah

Infeksi bakteri dapat menyebabkan gangren basah saat kuman menyerang jaringan. Pada orang dengan diabetes, gangren basah bisa berkembang di tempat ulkus kaki.

Anda mungkin memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu karena diabetes membuat lebih banyak ancaman ketika tubuh cenderung tidak dapat melawan infeksi pada kaki atau jaringan lainnya.

Karena infeksi menyebabkan pembengkakan, ia dapat memotong sirkulasi darah dan ini menyebabkan jaringan sekarat.

Gangren gas

Jenis gangren ini paling sering disebabkan oleh bakteri Clostridium perfringens, yang menghasilkan gas dan racun.

Gangren gas muncul di dalam tubuh, kadang-kadang jauh di dalam organ. Gangren gas bisa berkembang setelah operasi atau trauma.

Faktor risiko gangren gas meliputi diabetes, aterosklerosis, dan kanker usus besar. Hal ini dapat berkembang secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat.

Gangren gas sering membutuhkan tindakan darurat medis untuk mencegah syok, gagal ginjal, koma dan kematian.

Pengobatan Gangren

Gangren bisa diobati jika gejalanya dikenali sejak dini, sebelum kerusakan jaringan terjadi.

Setelah jaringan mati, perawatan yang biasa melibatkan pengangkatan jaringan atau amputasi bagian tubuh yang terkena, bersamaan dengan terapi antibiotik.

Inilah sebabnya mengapa banyak penderita diabetes memiliki amputasi jari kaki, kaki atas dan kaki bagian bawah.

Pengobatan oksigen hiperbarik juga bisa digunakan. Gangren memerlukan penanganan darurat yang cepat untuk menyelamatkan anggota badan yang lain, biasanya dengan pemotongan atau amputasi

Kenali Penyebab Gangren Basah Dan Gangren Kering
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: