Memahami Perbedaan Antara Ketosis Dan Ketoasidosis

ketosis ketoasidosis

Apa beda antara ketosis dan ketoasidosis? Ringkasnya, ketosis adalah proses metabolisme yang normal dimana tubuh menghasilkan keton. Sedangkan ketoasidosis adalah ketosis yang melewati batas normal.

Ketosis

Apa itu ketosis

Ketosis adalah proses pembuatan keton melalui metabolisme secara normal, ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk membakar energi, namun justru membakar lemak sebagai energi.

Jika Anda sehat dan makan makanan seimbang, tubuh Anda mengontrol berapa banyak lemak yang dibakar, dan tubuh Anda tidak membuat keton.

Tapi saat Anda tidak makan karena diet mengurangi kalori atau karbohidrat, tubuh Anda akan membakar lemak untuk mendapatkan energi. Ketosis bisa juga terjadi setelah Anda berolahraga dalam waktu lama.

Ketosis untuk menurunkan berat badan

Ketosis dalam diet ketogenik adalah strategi penurunan berat badan yang populer. Selain membantu Anda membakar lemak, ketosis bisa membuat Anda bisa menahan lapar. Ini juga membantu Anda mempertahankan otot.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Studi lain menunjukkan diet rendah karbohidrat membantu orang dengan sindrom metabolik, resistensi insulin, dan diabetes tipe 2.

Ketosis bagi penderita epilepsi

Dokter juga menempatkan anak-anak yang memiliki epilepsi pada diet ketogenik, dengan rencana diet protein tinggi lemak, namun diet rendah karbohidrat, karena diet ketogenik ini bisa membantu mencegah kejang-kejang.

Periset juga mempelajari efek dari diet ini terhadap jerawat, kanker, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan penyakit sistem saraf seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, dan Lou Gehrig.

Ketosis bagi diabetes tipe 1

Bagi penderita diabetes yang tidak terkontrol, ketosis adalah tanda bahwa tubuh tidak bisa menggunakan cukup insulin membakar glukosa.

Ketosis bisa menjadi berbahaya saat keton terbentuk. Kadar tinggi menyebabkan dehidrasi dan mengubah keseimbangan kimiawi darah Anda.

Uji Keton

Anda dapat mengetahui berapa banyak ketosis yang terjadi di tubuh Anda dengan menguji keton dalam darah atau urin Anda. Anda tidak perlu pergi ke dokter. Anda bisa membeli test strip untuk mengecek kencing Anda di rumah.

Jika Anda tidak tahu bagaimana dan kapan harus menguji keton Anda, bicarakan dengan dokter. Tingkat keton tinggi bisa berbahaya.

Ketoasidosis

Apa itu ketoasidosis

Ketoasidosis adalah apa yang terjadi saat ketosis berjalan terlalu jauh melewati batas. Keton terbentuk di dalam darah akan berubah asam. Ketoasidosis bisa menyebabkan koma atau kematian.

Diabetes ketoasidosis

Orang dengan diabetes bisa mendapatkan ketoasidosis, atau diabetes ketoasidosis (DKA), bila mereka tidak cukup mendapat insulin.

Beberapa penderita diabetes mengalami ketoasidosis akibat alkoholisme, kelaparan, atau kalenjar tiroid bermasalah.

Gejala diabetes ketoasidosis

– Mulut kering
– Kelelahan
– Kulit kering atau memerah
– Merasa sakit perut
– Muntah
– Kesulitan bernafas
– Kebingungan
– Napas berbau buah

Bila Anda menderita diabetes, muntah bisa sangat berbahaya. Meski diabetes ketoasidosis biasanya perlahan, namun muntah bisa mempercepat proses hanya dalam beberapa jam saja. Hubungi dokter jika Anda muntah setelah 2 jam.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait