Fenugreek Untuk Obat Diabetes Dan Resep Cara Membuatnya

Fenugreek Untuk obat diabetes. Pontensi Biji Klabet atau Fenugreek untuk Obat Alami Diabetes Melitus. Bagaimana cara membuat ramuan Fenugreek untuk pengobatan diabetes?

Fenugreek memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang dapat membantu menurunkan gula darah dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Hal ini menunjukkan, fenugreek dianggap efektif dalam mengobati penyakit diabetes melitus.

Biji dan daun fenugreek ini menawarkan berbagai manfaat untuk pengobatan. Bahan kimia yang terkandung dalam daun dan biji dapat membantu menurunkan glukosa darah ke lebih rendah, menghilangkan rasa lelah, bingung, pusing dan sakit kepala yang berhubungan dengan diabetes.

Biji fenugreek (Trigonella foenum graecum) mengandung tinggi serat larut, yang membantu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat . Hal ini menunjukkan bahwa fenugrek efektif dalam mengobati penderita diabetes.

Hasil penelitian tentang manfaat fenugreek bagi diabetes

Beberapa penelitian telah melakukan beberapa penyelidikan tentang manfaat dan potensi fenugreek sebagai obat alami anti-diabetes.

Dari beberapa uji klinis tersebut menunjukkan bahwa biji fenugreek dapat menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan metabolisme glukosa, diman kedua kondisi ini terkait dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Dalam suatu penelitian di India menemukan bahwa, dengan menambahkan dosis 10 gram bubuk biji fenugreek untuk diet harian pasien diabetes melitus tipe 1, fenugrek secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah puasa, menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.

Dalam studi lain, para peneliti menggabungkan 15 gram biji fenugreek bubuk ke dalam makanan harian untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2.

Hasilnya, kombinasi fenugrek dengan makanan harian dapat mengurangi kenaikan glukosa darah pasca makan. Sementara pada studi yang terpisah menemukan bahwa, dengan mengambil 2,5 gram fenugreek dua kali sehari selama tiga bulan, kadar gula darah menjadi turun pada penderita diabetes melitus tipe 2.

Manfaat fenugreek untuk tubuh diabetes

Biji fenugreek mengandung alkaloid, termasuk trigonelina dan senyawa karpein. Biji fenigrek juga mengandung serat yang larut dalam air, yaitu hydroxyisoleucine.

Komponen serat ini berpotensi sebagai hipoglykemik ( menurunkan gula darah). Mekanisme kerja fenugrek dalam menurunkan gula darah adalah, serat fenugrek bertugas menunda pengosongan lambung, memperlambat penyerapan karbohidrat dan menghmabta transportasi glukosa.

Kandungan serat pada fenugreek juga dapat meningkatkan aktifitas sejumlah reseptor insulin dalam sel darah merah dan meningkatkan pemanfaatan glukosa, sehingga menunjukkan efek potential anti-diabetes yang baik di pancreas dan hati.

Kandungan asam amino 4-hydroxyisoleucine dalam biji fenugrek juga berperan langsung merangsang dalam sekresi insulin dan meningkatkan sensitifitas insulin. Tentu saja ini bisa membantu pasien dengan gejala diabetes tipe 2.

Cara mengobati diabetes dengan fenugreek

Fenugreek adalah tanaman obat yang dapat membantu mengobati diabetes dengan menurunkan gula darah setelah makan.

Anda dapat menggunakan fenugreek untuk membantu menurunkan gula darah setelah makan dengan menggunakan suplemen fenugrek yang biasa dijual di supermarket atau apotik.

Atau, ANda juga bisa menambahkan bubuk fenugreek ke dalam resep makanan, atau dengan diminum sebagai teh.

Cara membuat ramuan fenugreek untuk obat diabetes

Pilih biji fenugreek yang berkualitas. Beberapa orang tidak suka rasa biji fenugreek, sehingga fenugreek lebih sering dibentuk sebagai kapsul.

Namun, jika anda ingin mengolah biji fenugrek sendiri, berikut adalah cara mengolahnya

Langkah 1

Keringkan atau panggang biji fenugreek dengan menempatkan ke dalam wajan besar.

Panaskan biji fenugrek dengan pemanasan tinggi selama satu sampai dua menit, sambil diaduk. Tambahkan 1 sampai 2 sendok makan biji fenugrek panggang untuk masakan kari ayam atau tumis.

Langkah 2

Ambil  2 sendok makan biji dan daun fenugreek kering ke dalam 1 cangkir air mendidih selama 10 menit. Saring cairan dan minum teh dua kali per hari, ini bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah Anda.

Langkah 3

Ambil 4 sendok makan biji fenugreek dan daun yang telah dikeringkan. Didihkan dalam 1 gelas air selama 30 menit hingga menghasilkan tingtur. Ambil setengah sendok makan tingtur tiga kali per hari.

Dosis fenugreek untuk obat diabetes.

Dalam suatu studi menemukan bahwa dosis harian 10 gram biji fenugreek yang direndam dalam air panas mungkin dapat membantu dalam mengontrol diabetes tipe 2.

Dosis yang umum berkisar dari 5 sampai 30 gram per hari. Dosis fenugrek sangat bervariasi, tergantung pada orang dan alasan untuk digunakan. Mungkin, Anda butuh panduan dari ahli yang handal dalam kasus ini.

Efek samping dari fenugreek

Karena penelitian tentang manfaat dan efek samping fenugreek untuk diabetes masih terbatas, itu terlalu dini untuk merekomendasikan fenugreek sebagai pengobatan diabetes dalam kondisi apapun.

Jika Anda sedang mempertimbangkan ketika akan menggunakan fenugreek dalam pengobatan pengobatan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu tentang efek samping dari fenugrek untuk tubuh Anda.

Beberapa efek samping dari penggunaan fenugrek untuk pengobatan diabetes antara lain: mual dan diare .

Bagi mereka yang mengalami reaksi alergi terhadap Fenugreek, efek samping bisa termasuk pembengkakan, mengi dan mati rasa, sementara mereka yang menggunakan Fenugreek sebagai pengobatan topikal semisal salep fenugrek mungkin mengalami ruam kulit dan iritasi.

Satu hal sebagai pertimbangan, efek samping fenugreek adalah menghambat kerja obat medik, jika digunakan secara bersama.

Reaksi dari obat bisa tertunda atau terganggu karena Anda menggunakan Fenugreek.

Disarankan, jika Anda ingin menggunakan fenugreek minimal 2 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi obat diabetes tambahan dari dokter. Semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Magnesium Sitrat Bagi Tubuh Diabetes Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh penderita diabetes. Hypomagnesaemia atau kekurangan magnesium sering terlihat pada pasien diabetes sehingga mereka butuh tambahan suplementasi magnesium untuk melengkapi kebutuhan […]
  • Benarkah Makan Mentimun Bisa Menurunkan Gula Darah Setelah Makan? Siapa tak kenal mentimun hutan ? Buah warna hijau menyegarkan dengan kulit berbintil berkadar air 93% plus multivitamin dan mineral. Konon kata banyak orang, mentimun hutan bisa menurunkan kadar gula darah. Namun, berbagai penelitian […]
  • 9 Keajaiban Buah Alpukat Untuk Tubuh Diabetes Manfaat Alpukat Untuk Penderita Diabet. Ada 9 Keajaiban Manfaat Buah Alpukat Untuk Tubuh Diabetes Dan Terapi Pengobatan Diabet. Alpukat, adalah salah satu makanan buah yang ramah dan sehat untuk penderita diabet. Bahkan, American […]
  • Costus Sp – Tanaman Penghasil Insulin, Manfaat Dan Cara Menanamnya Costus igneus, atau tanaman penghasil insulin, juga disebut Fiery Costus atau Spiral Flag, adalah anggota keluarga Costaceae, asli dari daerah tropis di dunia. Di India, tanaman ini dikatakan dalam pepatah "satu daun insulin membuat […]
  • Suplemen CoQ10 Vs Diabetes Terinduksi Statin Apakah Anda mengonsumsi statin untuk menurunkan kolesterol darah? Perlu diketahui bahwa statin bisa meningkatkan risiko diabetes. Namun, peran suplementasi CoQ10 bisa menangani masalah ini. Suplemen CoQ10 bisa menurunkan resiko diabetes […]