Costus Sp – Tanaman Penghasil Insulin, Manfaat Dan Cara Menanamnya

Daun insulin
3.8
(119)

Costus igneus, atau tanaman penghasil insulin, juga disebut Fiery Costus atau Spiral Flag, adalah anggota keluarga Costaceae, asli dari daerah tropis di dunia. Di India, tanaman ini dikatakan dalam pepatah “satu daun insulin membuat diabetes menjauh”

Ciri-ciri daun insulin Costus Sp

Daun berbentuk spiral di sekitar batang, lebar bunga sampai 15 inci lebar dan berwarna oranye. Costus igneus tidak sulit untuk tumbuh, memiliki sifat tahan penyakit dan jarang terganggu oleh hama.

Banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh tanaman insulin ini, namun tidak terbatas individu diabetes, namun juga bermanfaat untuk yang lain, terutama bagi mereka yang perduli dengan kesehatan.

tanaman penghasil insulin
Costus Sp, tanaman penghasil insulin

Kandungan fitokimia dalam tanaman Insulin

Sebuah studi yang dilakukan oleh Hegde, Rao And Rao mengungkapkan bahwa tanaman insulin ini kaya akan komponen besi, protein, dan antioksidan seperti a-tokoferol, asam askorbat, steroid, β-karoten, terpenoid, dan flavonoid.

Dalam penelitian lain, dipastikan bahwa ekstrak metanol tanaman memiliki persentase tinggi phytochemical seperti karbohidrat, protein, triterpenoid, alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid.

Pada daun insulin ini, terungkap bahwa ia mengandung 21,2% serat; 5,2% ekstraktif dalam petroleum eter, 1,33% dalam aseton, 1,06% dalam sikloheksana dan 2,95% dalam etanol.

Komponen lain yang ditemukan adalah senyawa terpenoid lupeol dan steroid stigmasterol di batang tanaman. Dalam akar rimpang, senyawa bioaktif seperti quercetin dan diosgenin ditemukan.

Rimpang dan daunnya juga mengandung kalium, kalsium, kromium, mangan, tembaga, dan seng.

12 Manfaat Tanaman Insulin – Costus Sp

Tanaman insulin ini mulai menormalkan kadar gula darah hingga meningkatkan fungsi pencernaan, termasuk

1. Menyembuhkan diabetes

Tanaman ini sangat baik mengurangi kadar gula tinggi dalam darah Anda. Kandungan fruktosa dalam daun insulin mengatur kadar gula, dengan mempertahankannya pada tingkat yang diperlukan.

Konsumsi daun secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya komplikasi diabetes, seperti aliran nutrisi yang tidak terkontrol serta kegagalan organ.

2. Meningkatkan pencernaan

Berbagai komponen kompleks, vitamin, dan nutrisi yang terkandung dalam ramuan dinyatakan bekerja mirip dengan bakteri E.coli, yang memperbaiki proses pencernaan. Demikian juga, tingkat fruktosa membantu meningkatkan fungsi usus besar, memudahkan proses ekskresi.

3. Memiliki sifat antioksidan

Penelitian telah mengungkapkan bahwa tanaman insulin memiliki senyawa yang bersifat antioksidan. Khasiat antioksidan dari ramuan ini menangkal dan menghancurkan radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dan sel-sel Anda. Sifat antioksidan ini ditemukan dan terkonsentrasi dalam ekstrak metanol yang ditemukan di rimpang dan daun tanaman.

4. Mengelola diuresis

Ramuan ini memiliki kapasitas retensi natrium dan air, menjadikannya bagian integral dari peningkatan kesehatan kandung kemih dan ginjal Anda. Rimpang dan daun tanaman memiliki sifat diuretik dan mampu mengelola diuresis.

5. Memiliki sifat antibakteri

Ekstrak metanol dari tanaman melindungi tubuh Anda dari spesies gram positif seperti Bacillus megaterium, Bacillus cerus, Staphylococcus aureus dan berbagai strain gram negatif seperti Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Klebsiella pneumoniae, dan Salmonella typhimurium. Sifat antibakteri penyebab masalah dan memberikan bantuan dalam proses ekskresi.

6. Menyembuhkan penyakit liver

Tanaman insulin juga membantu memecah timbunan lemak dan racun di hati. Memecah asam lemak juga membantu meningkatkan fungsi hati. Konsumsi ramuan secara teratur adalah solusi efektif untuk menyembuhkan masalah liver Anda.

7. Meningkatkan kekebalan

Sifat antioksidan dari ramuan ini efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tanaman insulin mampu menghilangkan racun seperti radikal bebas dan membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

8. Mencegah kanker

Studi telah mengungkapkan bahwa tanaman insulin Coctus Sp memiliki sifat antiproliferatif dan antikanker. Seiring dengan sifat antioksidannya, ramuan membantu dengan menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

9. Mengurangi kadar kolesterol

Ramuan insulin kaya akan komponen yang larut dalam air, ini membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam sistem darah. Dengan memperlambat prosesnya, berarti ia mengatur penyerapan gula dan produksi insulin dalam tubuh. Penyerapan lambat menghasilkan penyerapan yang tepat dari lemak; dan karenanya menghasilkan penurunan kadar kolesterol darah. Dengan demikian, ramuan membantu tubuh Anda dari menyerah pada risiko serangan jantung, stroke, atau kanker.

10. Mengobati sakit tenggorokan

Salah satu fitur lain dari ramuan ajaib adalah sifat anti-inflamasi. Mengkonsumsi tanaman insulin ini dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dan gejala bronkitis. Tanaman insulin mengurangi peradangan dan menyembuhkan kondisi tersebut.

11. Mengurangi tekanan darah

Ramuan insulin diketahui meredakan hipertensi. Konsumsi ramuan secara teratur akan membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan menenangkan jantung.

12. Menyembuhkan asma

Seperti disebutkan sebelumnya, tanaman memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam membersihkan segala peradangan yang disebabkan oleh saluran udara. Ini membantu menyembuhkan asma dengan menenangkan otot-otot paru-paru yang mengencang pada awal serangan asma.

Dosis Tanaman Insulin

Sangat tergantung pada kondisi fisik individu, dosis tidak ditentukan secara spesifik. Namun, untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkan, dianjurkan dikonsumsi setidaknya dua daun insulin untuk dua kali sehari.

Mengkonsumsinya lebih dari dua kali tidak tidak menghasilkan efek samping, tetapi konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin meningkatkan dosis.

Anda bisa mengkonsumsinya sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur di malam hari. Tanaman insulin dapat digunakan sebagai ramuan (ekstrak daun), atau teh daun insulin untuk menikmati manfaat kesehatannya.

Cara Membuat Ekstrak Daun Insulin

  • Pilih seikat daun insulin (10-15 lembar) dan cuci di bawah air yang mengalir.
  • Potong daun menjadi potongan-potongan kecil dan keringkan di bawah sinar matahari.
  • Setelah daunnya dikeringkan, simpan di toples kedap udara.
  • Ambil secangkir air dan rebuslah.
  • Setelah direbus, tuangkan air ke dalam gelas yang berisi daun tanaman insulin kering.
  • Tunggu sampai air berubah warna menjadi cokelat.
  • Minum ekstraknya secara teratur untuk hasil maksimal.

Cara Membuat Teh Daun Insulin

Bahan

  • 5-7 daun insulin
  • 4 gelas air
  • madu secukupnya

Cara membuat

  • Cuci daun dan biarkan mengering.
  • Rebus air dalam panci.
  • Saat air mulai mendidih, tambahkan daunnya.
  • Biarkan mendidih, sampai air berkurang menjadi satu gelas.
  • Saring teh ke dalam cangkir.
  • Tambahkan madu untuk rasa.

Efek Samping Tanaman Insulin

Seperti biasa, setiap ramuan yang mengandung banyak manfaat tapi juga memiliki beberapa risiko yang menyertainya.

  • Wanita hamil dan menyusui harus menghindarinya, karena dapat mempengaruhi keseimbangan hormon.
  • Hindari mengkonsumsi daun secara langsung karena rasa dan efek yang kuat dapat menyebabkan sensasi terbakar.
  • Hindari pada orang dengan alergi terhadap Costus spp., Konstituennya, atau anggota keluarga Zingiberaceae.
  • Costus dapat menurunkan kadar gula darah. Perhatian disarankan pada penderita diabetes atau hipoglikemia, dan pada mereka yang mengonsumsi obat-obatan, herbal, atau suplemen yang memengaruhi gula darah. Kadar glukosa darah mungkin perlu dipantau oleh profesional kesehatan yang memenuhi syarat, termasuk seorang apoteker, dan penyesuaian obat mungkin diperlukan.
  • Costus dapat menyebabkan kontraksi uterus, memiliki efek pemicu aborsi, atau meningkatkan insulin.
  • Meskipun belum diteliti dengan baik pada manusia, Costus mungkin memiliki efek yang memicu aborsi atau menyebabkan kontraksi uterus.

Interaksi dengan Obat

Tanaman insulin Costus dapat menurunkan kadar gula darah. Perhatian disarankan saat menggunakan obat penurun gula darah.

  • Orang yang menggunakan obat diabetes melalui mulut atau insulin harus dimonitor secara ketat oleh profesional kesehatan yang berkualitas, termasuk seorang apoteker.
  • Penyesuaian obat mungkin diperlukan Karena Costus mengandung bahan kimia seperti estrogen, efek agen lain yang diyakini memiliki sifat seperti estrogen.
  • Costus juga dapat berinteraksi dengan agen radang sendi, kanker, peradangan, atau obat pengurang rasa sakit; agen untuk kandung kemih, ginjal, atau batu kemih; agen yang dapat menyebabkan aborsi; agen yang mempromosikan buang air kecil; agen untuk mengobati gangguan lambung atau usus; antibiotik; agen penurun kolesterol; atau oksitosin (hormon untuk kontraksi rahim saat melahirkan).
  • Costus juga dapat berinteraksi dengan antibiotik; antioksidan; herbal dan suplemen penurun kolesterol; herbal dan suplemen untuk radang sendi, kanker, peradangan, atau menghilangkan rasa sakit; herbal dan suplemen untuk kandung kemih, ginjal, atau batu kemih; herbal dan suplemen yang dapat menyebabkan aborsi; herbal dan suplemen yang mempromosikan buang air kecil; atau herbal dan suplemen untuk mengobati gangguan lambung atau usus.

Cara budidaya tanaman insulin

Berikut cara menanam tanaman insulin costus sp, pelajari lebih lanjut:

  • Pilih lokasi di sebagian matahari atau sebagian teduh. Costus igneus adalah tanaman yang menyukai air, pilih lokasi tanam dekat air. Costus paling baik ditanam di awal musim hujan.
  • Gali lubang tanam. Costus tidak membutuhkan penanaman dalam. Gali tanah sedalam 2 atau 3 inci.
  • Tambahkan pupuk organik seperti kompos atau lumut gambut untuk meningkatkan drainase. Meskipun tanaman ini mentolerir tanah masam, alkali, tanah liat, pasir atau tanah liat, Costus tumbuh paling baik di tanah kaya drainase.
  • Atur rimpang Costus igneus ke posisi tanah. Tanam rimpang sedalam 1 inci dengan beri tancapan tongkat. Jangan menanam terlalu dalam karena menyebabkan akar membusuk. Tutupi rimpang dengan tanah.
  • Beri Pupuk setiap bulan dan selama bulan-bulan musim panas.
  • Sebarkan mulsa organik seperti serpihan kayu di sekitar pangkal tanaman. Pastikan mulsa tidak menyentuh batang tanaman.
  • Costus membutuhkan 1 hingga 2 inci air setiap minggu, baik melalui curah hujan atau irigasi.
  • Oleskan sabun insektisida jika diserang kutu daun atau tungau laba-laba. Semprotkan larutan pada semua permukaan tanaman, termasuk bagian bawah daun.

Referensi

  • Bhat, V., Asuti, N., Kamat, A., Sikarwar, M. S., & Patil, M. B. (2010). Antidiabetic activity of insulin plant (Costus igneus) leaf extract in diabetic rats.Journal of Pharmacy Research,3(3), 608-611.
  • Benny, M. (2004). Insulin plant in gardens.
  • Shetty, A. J., Choudhury, D., Rejeesh, V. N., Kuruvilla, M., & Kotian, S. (2010). Effect of the insulin plant (Costus igneus) leaves on dexamethasone-induced hyperglycemia.International journal of Ayurveda research,1(2), 100.
  • Jothivel, N., Ponnusamy, S. P., Appachi, M., Singaravel, S., Rasilingam, D., Deivasigamani, K., & Thangavel, S. (2007). Anti-diabetic activity of methanol leaf extract of Costus pictus D. Don in alloxan-induced diabetic rats.Journal of Health Science,53(6), 655-663.
  • Hegde, P. K., Rao, H. A., & Rao, P. N. (2014). A review on Insulin plant (Costus igneus Nak).Pharmacognosy reviews,8(15), 67.
  • Jayasri, M. A., Gunasekaran, S., Radha, A., & Mathew, T. L. (2008). Anti-diabetic effect of Costus pictus leaves in normal and streptozotocin-induced diabetic rats.Int J Diabetes Metab,16, 117-22.
  • George, A., Thankamma, A., Devi, V. R., & Fernandez, A. (2007). Phytochemical investigation of Insulin plant (Costus pictus).Asian Journal of Chemistry,19(5), 3427.
  • hat, V., Asuti, N., Kamat, A., Sikarwar, M. S., & Patil, M. B. (2010). Antidiabetic activity of insulin plant (Costus igneus) leaf extract in diabetic rats.Journal of Pharmacy Research,3(3), 608-611.
  • Urooj, A. (2008). Hypoglycemic potential of Morus indica. L and Costus igneus. Nak.—A preliminary study.
  • Krishnan, K., Vijayalakshmi, N. R., & Helen, A. (2011). Beneficial effects of Costus igneus and dose response studies in streptozotocin induced diabetic rats.Int J Curr Pharm Res,3(3), 42-6.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.8 / 5. Vote count: 119

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Magnesium Sitrat Bagi Tubuh Diabetes Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh penderita diabetes. Hypomagnesaemia atau kekurangan magnesium sering terlihat pada pasien diabetes sehingga mereka butuh tambahan suplementasi magnesium untuk melengkapi kebutuhan […]
  • Perhatikan! Urutan Kerja Cara Menyuntik Insulin Agar Tidak Salah Suntik Mempertimbangkan tentang bagaimana cara menyuntik insulin yang benar akan menentukan keberhasilan Anda dalam merawat dan mengelola penyakit diabetes melitus. Secara teori, kesuksesan seorang diabetesi tipe 1 atau 2 dalam mengelola […]
  • Suplemen CoQ10 Vs Diabetes Terinduksi Statin Apakah Anda mengonsumsi statin untuk menurunkan kolesterol darah? Perlu diketahui bahwa statin bisa meningkatkan risiko diabetes. Namun, peran suplementasi CoQ10 bisa menangani masalah ini. Suplemen CoQ10 bisa menurunkan resiko diabetes […]
  • Memahami Apa itu Insulin Bolus Dan Insulin Basal Apa itu Insulin Bolus Dan Insulin Basal? Apa perbedaan antara insulin bolus dan basal? Bagaimana cara kerja insulin bolus dan basal pada tubuh manusia? Apa saja jenis-jenis insulin bolus dan insulin basal? Untuk memahami insulin basal […]
  • Macam-Macam Alat Suntik Insulin dan Cara Kerjanya Berbagai macam dan variasi alat untuk suntik insulin ke tubuh penderita diabetes yang tergantung insulin yang diklasifikasikan ke dalam 3 golongan yaitu pompa insulin, pena insulin dan jarum suntik konvensional. Dari ke 3 alat suntik […]