Ternyata, Cabe Rawit Bisa Turunkan Gula Darah

Cabai rawit, makanan penurun gula darah. Lombok rawit merupakan aditif makanan alami yang memberikan kontribusi signifikan terhadap rasa enak dari makanan yang kita makan. Dalam beberapa literatur budaya, rempah-rempah ini juga telah digunakan sebagai obat alternatif.

Obesitas umumnya terjadi sebagai akibat dari peningkatan asupan energi dan penurunan pengeluaran energi. Kondisi ini merupakan kontributor utama bagi pengembangan dan perkembangan gangguan metabolisme seperti resistensi insulin, hiperinsulinemia, dan diabetes tipe 2.

Menambahkan cabai atau lombok dalam makanan dapat mengurangi energi kumulatif ad libitum dan asupan makronutrien pada pria dan wanita.

Penelitian selama 3 dekade terakhir telah menunjukkan beberapa potensi efek kesehatan yang menguntungkan dari cabai, terutama mengenai kontrol metabolisme lipid, kontrol diabetes, fungsi pencernaan, dan potensi antioksidan.

Meskipun cabai rawit dikaitkan dengan beberapa manfaat, termasuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda, kemampuannya untuk menurunkan gula darah telah menunjukkan hasil yang teruji secara klinis di berbagai penelitian

Bagaimana Lombok Rawit Bisa Menurunkan Gula Darah

Sel-sel tubuh kita membutuhkan glukosa untuk membuat energi dan melakukan berbagai aktivitas metabolik tubuh. Namun, tingkat gula darah tinggi dapat merusak fungsi pembuluh darah dan menurunkan aliran darah ke organ-organ tubuh. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan kerusakan organ dan berbagai penyakit komplikasi.

Kemungkinan penyebab kadar gula darah tinggi termasuk makan terlalu banyak karbohidrat, stres, produksi insulin tidak cukup dan efek obat-obatan.

Di situs livestrong.com menulis sebuah artikel tentang penelitian pada lombok rawit terkait gula darah. Para ilmuwan di Universitas Mahidol, Thailand, meneliti efek dari cabai terhadap kadar glukosa plasma dan tingkat metabolisme pada wanita sehat.

Para ilmuwan mengamati bahwa pada kelompok yang mengonsumsi cabai memiliki penurunan kadar glukosa darah secara signifikan lebih rendah 30 menit setelah konsumsi cabe rawit dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki cabai. Temuan ini dilaporkan dalam “Journal of Medical Association of Thailand.” edisi September 2003.

Mengkonsumsi cabe rawit atau lombok, meninggalkan hasil seperti sensasi terbakar yang meningkatkan suhu tubuh. Efek ini disebabkan senyawa capsaicin, namun senyawa ini memberikan manfaat besar bagi tubuh.

Prinsip kerja capsaicin pada cabe dalam menurunkan gula darah adalah mengurangi tingkat adipositas dengan meningkatkan energi dan metabolisme lipid melalui aktivasi sistem saraf simpatik.

Konsumsi cabai secara teratur bisa meningkatkan kontrol kadar insulin setelah makan, membantu orang obesitas dan diabetes dalam mengelola tingkat gula darah mereka.

Cabai, rempah-rempah yang kaya antioksidan, telah dikaitkan dengan menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas yang merupakan salah satu penyebab diabetes, dan telah direkomendasikan untuk ditambahkan ke makanan karena manfaatnya dalam memotong lemak dan asupan energi.

Efek Samping Cabe Rawit

Meskipun banyak manfaat, Anda perlu mempelajari beberapa efek samping terkait konsumsi lombok rawit. Sejumlah temuan dari asupan tinggi cabai panas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker lambung pada orang-orang berisiko.

Beberapa efek samping lainnya dari cabai termasuk:

– Diare

Lombok memiliki jumlah tinggi serat. Oleh karena itu, orang mungkin menghadapi masalah pencernaan seperti diare.

– Hipoglikemik

Asupan lombok dalam jumlah tinggi dikaitkan dengan penurunan tingkat gula darah. Oleh karena itu, pasien diabetes harus mengontrol pemakaian ketika menambahkan lombok ke dalam makanan.

– Alergi

Jumlah tinggi capsaicin dalam cabai dikaitkan dengan alergi pada orang-orang tertentu.

– Masalah gigi

Lombok memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan masalah gigi.

– Perdarahan

Capsaicin pada lombok dapat meningkatkan iritasi di perut. dan kemungkinan pendarahan di lambung jika makan cabai berlebihan.

– Keguguran

Cabai akan meningkatkan panas dalam perut. wanita diabetes hamil mungkin akan mengalami keguguran jika mereka memakannya dalam jumlah tinggi.

– Iritasi

Panas pada lombok menyebabkan iritasi ringan di tangan jika Anda memotongnya jumlah tinggi.

Hubungi penyedia layanan kesehatan sebelum Anda mengkonsumsi cabe rawit, terutama jika Anda akan minum obat diabetes untuk menghindari penurunan gula darah tak normal (hipoglikemik)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • 15 Cara Menurunkan Gula darah Secara Alami Ingat waktu itu Anda makan terlalu banyak permen, es krim, kue ulang tahun ketika kecil (… atau mungkin itu minggu lalu)? Selama beberapa menit Anda puas, bahagia. Tapi, apa yang terjadi kemudian hari? Kita semua pernah mengalami […]
  • Cuka Apel Untuk Diabetes: Manfaat, Efek Samping Dan Tips Resepnya Manfaat cuka apel untuk diabetes tipe 2 cukup menakjubkan, bahkan bisa memiliki manfaat sekelas 3 obat diabetes, yaitu acarbose, metformin, dan nateglinida. Khasiat cuka apel bagi diabetes tipe 1 dan 2 adalah menurunkan glukosa […]
  • Suplemen CoQ10 Vs Diabetes Terinduksi Statin Apakah Anda mengonsumsi statin untuk menurunkan kolesterol darah? Perlu diketahui bahwa statin bisa meningkatkan risiko diabetes. Namun, peran suplementasi CoQ10 bisa menangani masalah ini. Suplemen CoQ10 bisa menurunkan resiko diabetes […]
  • Studi: Turunkan Gula Darah Setelah Makan Dengan Jalan Kaki 10 Menit Hanya dengan jalan sehat (JJS) selama 10 menit setelah makan adalah cara tepat dan efektif untuk menurunkan gula darah setelah makan sebanyak 12 % ketimbang jalan kaki 30 menit per hari. Kesimpulan ini diambil dari sebuah penelitian […]
  • Manfaat Magnesium Sitrat Bagi Tubuh Diabetes Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh penderita diabetes. Hypomagnesaemia atau kekurangan magnesium sering terlihat pada pasien diabetes sehingga mereka butuh tambahan suplementasi magnesium untuk melengkapi kebutuhan […]