Apa Itu Tes GDS – Gula Darah Sewaktu (Random) Dan Tabel Hasil

GDS adalah sebuah tes glukosa darah sewaktu dimana secara acak digunakan untuk mendiagnosis diabetes tipe 2, tidak peduli kapan terakhir Anda makan dan tanpa berpuasa lebih dulu. Namun, dokter biasanya akan menanyakan kapan terakhir kali Anda makan

Tes gula darah sewaktu ini untuk mengukur berapa kadar glukosa di dalam darah Anda. Jika kadar glukosa darah Anda 200 mg / dL atau lebih tinggi, mungkin Anda mengalami gejala diabetes, dan Anda akan memiliki gejala klasik seperti rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil di malam hari, penglihatan kabur atau kehilangan berat badan.

Kegunaan tes GDS (Gula Darah Sewaktu)

Mengapa tes GDS penting? Tes Gula Darah Sewaktu digunakan dalam rangka mendiagnosis diabetes tipe 2. Tubuh kita membutuhkan energi dari makanan yang kita makan, baik dari protein, lemak, dan karbohidrat (gula, pati, dan serat). Sebagian besar sumber karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, sumber energi instan.

Agar menjadi energi, glukosa diubah oleh aksi sejumlah bahan kimia alami yang yang disebut hormon, termasuk insulin, amylin, incretins, dan glukagon. Pada diabetes tipe 2, hormon-hormon ini tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan ini menghasilkan peningkatan glukosa darah, sebuah penyakit metabolisme yang dikenal diabetes melitus.

Tes GDS menurut ADA

Tes GDS adalah sebuah uji untuk membantu melacak ada atau tidaknya gejala diabetes dan bagaimana Anda mengelola diabetes. Nilai atau hasil sebuah tes glukosa darah acak akan bervariasi, tergantung pada kapan terakhir kali Anda makan.

Jika Anda menguji dalam satu hingga dua jam setelah mulai makan, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan kadar glukosa normal di bawah 180 mg / dL. Jika dalam keadaan perut kosong sebelum makan, kadar gula darah normal antara 80 dan 130 mg / dL.

Jika hasil uji lebih dari kriteria tersebut, atau ada perubahan toleransi glukosa, kondisi ini dikenal sebagai prediabetes, atau ada kemungkinan besar Anda menderita diabetes.

Jika Anda menderita diabetes, hasil GDS atau kadar glukosa darah akan didasarkan pada usia, berapa lama Anda memiliki kondisi, dan tes darah awal. Dokter mungkin akan menjadwalkan tes glukosa lain jika Anda positif untuk diabetes.

Jika pembacaan angka GDS terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk beberapa hari berturut-turut, mungkin sudah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Ada sejumlah faktor yang membuat pembacaan GDS menjadi tidak akurat, seperti obat-obatan atau penyakit tertentu.

Bagaimana cara tes GDS?

Cara tes GDS (gula darah sewaktu) dilakukan di luar jadwal tes normal. Tes glukosa darah acak membutuhkan pengambilan sampel darah. Ini biasanya dilakukan dengan jarum suntik, lalu dituusukkan ke jari untuk menarik setetes darah. Darah ini kemudian bawa ke strip tes untuk pembacaan tingkat glukosa.

  • Apa saja persiapan diperlukan untuk Tes GDS? Tidak diperlukan persiapan khusus sebelum melakukan tes gula darah acak. Namun, Anda perlu memberi tahu dokter tentang kondisi kesehatan sebelumnya
  • Sampel darah yang dibutuhkan: Jenis spesimen: Serum / Plasma (Sampel Darah),
  • Prosedur pengumpulan spesimen: Venipuncture – mengambil sampel dari pembuluh darah, biasanya dari lengan.

Bagaimana hasil tes GDS normal?

Hasil tes gula darah sewaktu normal dengan kriteria kadar glukosa darah di siang hari harus di bawah 125 mg / dL. Kadar glukosa darah akan berfluktuasi di siang hari tergantung pada kapan Anda makan dan apa yang anda makan. Jadi, tes GDS akan dilakukan siang hari.

Jika Anda dapat memulai tes GDS pagi hari, glukosa darah sewaktu normal harus di bawah 100 mg / dL sebelum sarapan, dan glukosa darah Anda akan naik setinggi 140 mg / dL pada sekitar 2 jam setelah makan di agak siang hari.

Tabel Uji GDS

Tabel GDS di bawah ini menunjukkan kisaran fluktuasi kadar glukosa darah untuk seseorang dengan diabetes dan seseorang tanpa diabetes.


Artikel Referensi

  1. https://medlineplus.gov/ency/article/003482.htm
  2. https://www.scdhec.gov/health/diseases-conditions/diabetes/insulin-resistance-and-pre-diabetes
  3. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/managing-your-diabetes/testing
  4. https://www.virginiamason.org/whatarenormalbloodglucoselevels
  5. https://diatribe.org/issues/68/adams-corner

Bagikan Pada Temanmu!