Faktor Risiko Dan Penyebab Penyakit Multiple Sclerosis

Etiologi Multiple sclerosis

Para ilmuwan belum tahu persis terkait bagaimana seseorang mengalami multiple sclerosis (MS), ini artinya, penyakit multiple sclerosis bukan disebabkan oleh apapun yang telah Anda lakukan dan tidak jelas apakah penyakit ini bisa dicegah.

Apa yang diketahui sejauh ini menunjukkan bahwa etiologi penyakit ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Etiologi Multiple sclerosis

MS adalah kondisi autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh telah salah menyerang bagian tubuh yang sehat. Sel-sel sehat dianggap sebagai musuh yang harus diserang dan ditundukkan.

Dalam kasus MS, serangan itu menyerang selubung mielin di otak dan / atau sumsum tulang belakang. Inilah lapisan yang mengelilingi saraf Anda, melindungi saraf dan membantu sinyal listrik berpindah dari otak ke bagian tubuh lainnya.

Serangan tersebut menyebabkan selubung mielin menjadi meradang membentuk plak atau lesi yang hanya dapat dilihat pada pemindaian magnetic resonance imaging (MRI).

Plak atau lesi peradangan ini bisa mengganggu pesan yang berjalan di sepanjang saraf, memperlambat, menggagalkan, mengirim sinyal dengan cara yang salah, atau menghentikan arus sinyal sepenuhnya.

Saat peradangan hilang, lesi meninggalkan jaringan parut pada sarung myelin (sklerosis). Serangan ini, terutama jika sering dan berulang, akhirnya dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pondasi saraf.

Penyebab dan faktor risiko multiple sclerosis

Tidak jelas apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang selubung myelin.Tampaknya hal itu sebagian disebabkan oleh gen yang diwariskan dari orang tua ke anak dan sebagian disebabkan oleh faktor luar yang dapat memicu penyakit tersebut.

Beberapa faktor risiko yang selama ini dianggap sebagai penyebab multiple sclerosis meliputi:

1. Gen Anda

MS tidak diwariskan secara langsung, namun orang yang berhubungan dengan langsung dengan penderita MS, mereka lebih cenderung mengembangkannya.

Kemungkinan saudara kandung atau keturunan akan mengembangkannya penyakit MS diperkirakan sekitar 2-3%

2. Kurangnya sinar matahari dan vitamin D

MS lebih sering terjadi di negara-negara yang jauh dari khatulistiwa, yang dapat berarti bahwa mereka kurang akan sinar matahari dan tingkat vitamin D.

Kekurangan sinar matahari dan vitamin D mungkin berperan sebagai penyebab, walaupun tidak jelas apakah suplemen vitamin D dapat membantu mencegah penyakit MS.

3. Merokok

Orang yang mer0kok aktif kira-kira dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan MS dibandingkan dengan mereka yang tidak merok0k

4. Infeksi virus

Para ahli sementara menemukan bahwa infeksi virus, terutama virus Epstein-Barr (penyebab demam glandular), dapat memicu sistem kekebalan tubuh yang agresif tak terkontrol, menyebabkan penyakit MS pada beberapa orang.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami mengapa MS terjadi, apa penyebab multiple sclerosis sebenarnya, dan apakah ada yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Beberapa Tes Fisik Untuk Menegakkan Diagnosa Multiple Sclerosis Anda tidak bisa mendiagnosa penyakit multiple sclerosis (MS) sendiri. Sangat sulit untuk mengetahui apakah Anda menderita multiple sclerosis (MS) karena gejala awal penyakit ini sangat tidak jelas dan kadang serupa dengan kondisi […]
  • Dasar-Dasar Pengobatan Multiple Sclerosis Yang Perlu Diketahui Pengobatan multiple sclerosis (MS) tergantung pada gejala spesifik dan tingkat kesulitan yang dimiliki seseorang, termasuk: - mengobati kambuhan (multiple sclerosis relaps) - mengobati gejala MS tertentu - Pengobatan untuk mengurangi […]
  • 12 Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Multiple Sklerosis (MS) Yang Spesifik Multiple sclerosis (MS) dapat menyebabkan berbagai gejala dan dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun. Setiap orang dengan kondisi ini terpengaruh secara berbeda. Gejala Multiple sclerosis tidak bisa ditebak. Beberapa gejala orang […]
  • Multiple Sclerosis Multiple sclerosis (MS) adalah suatu kondisi penyakit yang mempengaruhi otak dan / atau sumsum tulang belakang, menyebabkan berbagai gejala potensial, termasuk gangguan penglihatan, kesulitan menggerakkan tangan atau kaki, dan […]
  • Harapan Hidup Pasien MS: Perawatan Pribadi, Vaksinasi, Kehamilan Dll Anda akan bisa menyesuaikan kehidupan sehari-hari Anda setelah didiagnosis dengan multiple sclerosis (MS). Dengan perawatan dan dukungan yang tepat, banyak penderita penyakit MS dapat menjalani kehidupan dan masa depan yang lebih baik, […]