Harapan Hidup Pasien MS: Perawatan Pribadi, Vaksinasi, Kehamilan Dll

Harapan Hidup Pasien MS: Perawatan Pribadi, Vaksinasi, Kehamilan Dll

Anda akan bisa menyesuaikan kehidupan sehari-hari Anda setelah didiagnosis dengan multiple sclerosis (MS). Dengan perawatan dan dukungan yang tepat, banyak penderita penyakit MS dapat menjalani kehidupan dan masa depan yang lebih baik, aktif dan sehat.

Perawatan pribadi

Perawatan diri merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab atas kesehatan dan kesejahteraan adalah tugas Anda sendiri, dengan dukungan dari orang-orang yang terlibat dalam kehidupan dan perawatan Anda.

Perawatan diri mencakup hal-hal yang Anda lakukan setiap hari agar tetap fit, menjaga kesehatan fisik dan mental yang baik, mencegah penyakit, menghindari cidera, kecelakaan, dan dapat menangani sendiri penyakit ringan, meski penyakit MS adalah penyakit jangka panjang.

Pastikan bahwa Anda juga bekerja sama dengan tim kesehatan yang merawat. Semakin banyak tim kesehatan tahu keluhan Anda, mereka akan semakin bisa membantu Anda.

Diet dan olahraga penderita multiple sclerosis

Tidak ada pantangan makan atau diet khusus untuk multiple sclerosis dalam rangka mencegah atau memperlambat perkembangan MS, namun diet seimbang dan sehat bisa membantu Anda mengatasi masalah spesifik seperti kelelahan dan sembelit. Hal ini juga dapat mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung.

Aktivitas fisik dan olahraga teratur penting untuk kesehatan dan fitalitas secara mum. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga memberi manfaat yang spesifik untuk penderita MS, termasuk mengurangi kelelahan, meningkatkan kekuatan, mobilitas, fungsi usus dan kandung kemih.

Stop merokok

Mer0kok dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit dan gangguan kesehatan, juga dapat meningkatkan percepatan penyakit MS bertambah parah. Jika Anda stop, ini dapat membantu memperlambat perkembangan MS Anda.

Vaksinasi

Jika Anda memiliki kecacatan yang signifikan terkait dengan MS, biasanya Anda dianjurkan untuk mendapatkan suntikan anti flu.

Namun, vaksin yang mengandung organisme hidup – seperti vaksin BCG (TB) dan satu bentuk vaksin herpes zoster – mungkin tidak sesuai jika Anda menjalani pengobatan dengan terapi modifikasi.

Kesalahan vaksinasi bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, yang berarti vaksin tidak bekerja atau justru membuat Anda lebih sakit.

Kehamilan dan bayi

Didiagnosis dengan multiple sclerosis tidak mempengaruhi kemampuan Anda untuk memiliki bayi atau anak. Namun, beberapa obat yang diresepkan untuk MS dapat mempengaruhi kesuburan pada pria dan wanita.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai sebuah keluarga, diskusikan dengan tim layanan kesehatan Anda, sebelum memulai untuk hamil.

Wanita penderita multiple sclerosis dapat memiliki kehamilan normal, melahirkan bayi yang sehat dan bisa menyusui bayinya

Memiliki bayi tidak mempengaruhi program MS jangka panjang. Kekambuhan multiple sclerosis cenderung berkurang selama kehamilan, namun lebih sering di bulan-bulan setelah melahirkan.

Anda mungkin perlu terus minum obat selama kehamilan. Namun, ada beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, jadi penting untuk mendiskusikan hal ini dengan tim layanan kesehatan Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • 12 Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Multiple Sklerosis (MS) Yang Spesifik Multiple sclerosis (MS) dapat menyebabkan berbagai gejala dan dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun. Setiap orang dengan kondisi ini terpengaruh secara berbeda. Gejala Multiple sclerosis tidak bisa ditebak. Beberapa gejala orang […]
  • Dasar-Dasar Pengobatan Multiple Sclerosis Yang Perlu Diketahui Pengobatan multiple sclerosis (MS) tergantung pada gejala spesifik dan tingkat kesulitan yang dimiliki seseorang, termasuk: - mengobati kambuhan (multiple sclerosis relaps) - mengobati gejala MS tertentu - Pengobatan untuk mengurangi […]
  • Beberapa Tes Fisik Untuk Menegakkan Diagnosa Multiple Sclerosis Anda tidak bisa mendiagnosa penyakit multiple sclerosis (MS) sendiri. Sangat sulit untuk mengetahui apakah Anda menderita multiple sclerosis (MS) karena gejala awal penyakit ini sangat tidak jelas dan kadang serupa dengan kondisi […]
  • Faktor Risiko Dan Penyebab Penyakit Multiple Sclerosis Para ilmuwan belum tahu persis terkait bagaimana seseorang mengalami multiple sclerosis (MS), ini artinya, penyakit multiple sclerosis bukan disebabkan oleh apapun yang telah Anda lakukan dan tidak jelas apakah penyakit ini bisa […]
  • Multiple Sclerosis Multiple sclerosis (MS) adalah suatu kondisi penyakit yang mempengaruhi otak dan / atau sumsum tulang belakang, menyebabkan berbagai gejala potensial, termasuk gangguan penglihatan, kesulitan menggerakkan tangan atau kaki, dan […]