Manfaat & Efek Samping Obat Cladribine Untuk MS Sering Kambuh

Manfaat & Efek Samping Obat Cladribine Untuk MS Sering Kambuh

Obat oral cladribine adalah pengobatan baru secara oral untuk mengobati multipel sklerosis berulang atau sering kambuh (MS Relaps). Tidak seperti obat oral lainnya yang dikonsumsi setiap hari, dosis cladribine diambil sebagai dua program tablet secara terpisah per satu tahun.

Rekomendasi obat Cladribine

Cladribine (Mavenclad) adalah obat MS kambuh yang disetujui oleh National Institute for Health and Care Excellence (NICE). NICE telah menyetujui cladribine untuk orang-orang yang memiliki:

– Penyakit MS yang berkembang cepat, setidaknya dua kekambuhan di tahun sebelumnya dan hasil pemindaian MRI menunjukkan lesi baru atau lesi yang lebih besar.
– Multipel sklerosis berulang yang tidak menanggapi terapi modifikasi, MS satu kali kambuh pada tahun sebelumnya dan lesi baru atau lebih besar pada hasil pemindaian MRI.

Cara kerja Cladribine

Cladribine sebenarnya adalah obat anti kanker. Di pasien MS, sel kekebalan tubuh sendiri secara keliru menyerang myelin yang melindungi serabut sel saraf. Cladribine bekerja dengan mengurangi jumlah sel imun dalam tubuh.

Cladribine membunuh beberapa jenis sel darah yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh Anda, yaitu sel darah putih (atau limfosit) yang disebut sel T dan B.

Sel ini biasanya menyerang virus dan bakteri yang masuk ke tubuh Anda. Tapi di pasien multipel sklerosis, sel T dan B menyerang myelin di sekitar saraf di otak dan sumsum tulang belakang Anda.

Cladribine menghentikan aktifitas sel-sel ini, terutama sel B, mencegah masuk ke otak dan sumsum tulang belakang sehingga tidak bisa merusak saraf di sana.

Khasiat dan manfaat obat Cladribine

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memakai dosis tinggi cladribine mengurangi tingkat kekambuhan multipel sklerosis sebesar 55% dibandingkan dengan plasebo. Bagi orang dengan dosis lebih rendah, rata-rata kekambuhan berkurang sebesar 58%.

Kecacatan akibat penyakit MS juga semakin berkurang sebesar 33% dibandingkan dengan plasebo. Selama dua tahun persidangan studi berlangsung, hampir separuh orang (46%) tidak memiliki gejala penyakit MS aktif.

Salah satu keunggulan obat cladribine adalah tidak melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dibanding beberapa obat MS lainnya. Jadi risiko terkena infeksi sangat rendah.

Efek samping obat cladribine.

Efek samping yang paling umum adalah penurunan jumlah sel darah putih (lymphopenia). Efek samping lainnya termasuk risiko sakit kepala, pilek, dan infeksi yang disebabkan oleh virus herpes.

Masalah ruam kulit seperti cacar air hanya satu per 50 orang. Anda akan divaksinasi anti infeksi cacar air sebelum mengkonsumsi cladribine.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Dasar-Dasar Pengobatan Multiple Sclerosis Yang Perlu Diketahui Pengobatan multiple sclerosis (MS) tergantung pada gejala spesifik dan tingkat kesulitan yang dimiliki seseorang, termasuk: - mengobati kambuhan (multiple sclerosis relaps) - mengobati gejala MS tertentu - Pengobatan untuk mengurangi […]
  • Jenis-jenis Obat Untuk Multiple Sclerosis Dan Efek Sampingnya Apa saja obat-obatan untuk penyakit multiple sclerosis? Jenis obat-obatan untuk mengobati gejala dan kekambuhan multiple sclerosis, beserta efek sampingnya yang wajib untuk diketahui, yaitu 1. Beta interferon Jenis beta interferon […]
  • 12 Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Multiple Sklerosis (MS) Yang Spesifik Multiple sclerosis (MS) dapat menyebabkan berbagai gejala dan dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun. Setiap orang dengan kondisi ini terpengaruh secara berbeda. Gejala Multiple sclerosis tidak bisa ditebak. Beberapa gejala orang […]
  • Multiple Sclerosis Multiple sclerosis (MS) adalah suatu kondisi penyakit yang mempengaruhi otak dan / atau sumsum tulang belakang, menyebabkan berbagai gejala potensial, termasuk gangguan penglihatan, kesulitan menggerakkan tangan atau kaki, dan […]
  • Harapan Hidup Pasien MS: Perawatan Pribadi, Vaksinasi, Kehamilan Dll Anda akan bisa menyesuaikan kehidupan sehari-hari Anda setelah didiagnosis dengan multiple sclerosis (MS). Dengan perawatan dan dukungan yang tepat, banyak penderita penyakit MS dapat menjalani kehidupan dan masa depan yang lebih baik, […]