Cara Kerja, Manfaat Dan Efek Samping Obat Ocrelizumab

Ocrelizumab adalah obat untuk multipel sklerosis progresif primer yang diberikan secara infus intravena, dikembangkan oleh Roche (nama obat Ocrevus). Obat ocrelizumab hanya dapat diresepkan untuk orang dengan MS progresif primer, tergantung

– Sudah berapa lama pasien mengalami gejala multipel sklerosis
– Seberapa tingkat kecacatan mereka
– Tingkat inflamasi berdasar hasil pemeriksaan MRI.

Ocrelizumab telah direkomendasikan sebagai pengobatan untuk orang dengan gejala awal multipel sklerosis progresif primer (PPMS) di Inggris. Rekomendasi itu dibuat oleh European Medicines Agency (EMA).

Pada bulan Maret 2017 ocrelizumab disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS sebagai pengobatan untuk MS yang mengalami kekambuhan berulang dan MS primer progresif.

Cara kerja ocrelizumab

Ocrelizumab bekerja dengan menargetkan jenis sel kekebalan (disebut sel B) untuk membantu mengurangi respons kekebalan tubuh yang menyerang dan merusak saraf mielin dan selubungnya.

Dosis ocrelizumab

Ocrelizumab diambil sebagai infus intravena, diberikan 14 hari terpisah. Kemudian diambil setiap enam bulan sekali.

Manfaat dan khasiat Ocrelizumab

Berdasar studi teruji, Ocrelizumab mengurangi jumlah MS berulang (relaps) sekitar 75% dan menurunkan jumlah lesi aktif (yang diukur dengan MRI) sekitar 90% dibandingkan dengan plasebo selama 24 minggu.

Orang yang menggunakan obat ocrelizumab juga jarang mengalami kambuhan daripada mereka yang memakai interferon beta.

Efek samping dari ocrelizumab

Potensi efek samping ocrelizumab yang serius jarang terjadi. Ada studi jangka panjang melaporkan bahwa ocrelizumab bisa melemahnya sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi dan kanker. Dokter menyarankan pasien pengguna obat ocrelizumab untuk “tetap waspada”.

Ocrelizumab juga telah diteliti sebagai pengobatan rheumatoid arthritis dan lupus erythematosus, namun penelitian dihentikan karena jumlah infeksi yang dialami peserta.